Apa Itu Domain? Penjelasan, Fungsi, Sturktur, dan Jenisnya

Apa itu Domain?

Apa Itu Domain? Berikut Penjelasan, Fungsi, Struktur, dan Jenisnya. Domain adalah Alias dari pada sebuah alamat, seperti Web server, Mail server yang berada di dalam jaringan komputer atau jaringan internet. Domain berfungsi untuk memudahkan dalam mengakses alamat server tersebut.

Dalam jaringan komputer atau jaringan internet, alamat (Address) disimpan dalam server menggunakan IP Address (Internet Protokol). IP Address terdiri dari 4 blok angka desimal dimana angka tersebut tidak boleh melebihi nilai 255.

Sebagai contoh, website ini memiliki domain www.kupandu.net dan memiliki IP Address 103.253.212.142. Disini fungsi domain bekerja yaitu menggantikan IP Address dengan sebuah nama unik, supaya pengakses mudah dalam menginApa itu Domaingatnya.

 

Apa Itu Domain? Penjelasan, Fungsi, Sturktur, dan Jenisnya

Fungsi Domain

Seperti yang telah disebutkan di atas, domain memiliki fungsi secara umum yaitu, sebagai nama alias atau nama ganti dari pada IP Address dengan menggunakan nama unik. Adapun fungsi lain dari Domain adalah

  1. Mempermudah pengguna internet dalam mengakses atau melakukan pencarian sebuah website
  2. Sebagai identitas sebuah brand/website di internet
  3. Mempermudah Pengakses dalam mengingat sebuah website

Supaya para pengguna internet mudah dalam mengingat sebuah nama domain website, diperukan nama yang unik, singkat, dan tentunya mudah diingat, Banyak para pembuat website meriset terlebih dahulu sebelum menentukan nama domain yang dipakai.

Domain merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap website, yang dimana pengguna internet mudah menemukannya di Search Engine.

 

Struktur Domain

Domain memiliki struktur yaitu Top-Level Domain, Second-Level Domain, Third-Level Domain, dan Root-Level Domains

 

Root-Level Domain

Root-Level Domain adalah hierarki domian yang merupakan pemisah antara Top-Level Domain, Second-Level Domain, dan Third-Level Domain. Root-Level Domain dilambangkan sebagai dot atau tanda titik.

 

Top-Level Domain (TLD)

TLD atau Top Level Domain merupakan bagian dari domain yang berada paling kanan setelah tanda titik, contohnya .com .net .org, www.kupandu.net memiliki Top-Level Domain yaitu .Net. Banyak sekali pilihan dari pada TLD selain yang disebutkan sebelumnya.

 

Second-Level Domain

Second-Level Domain (SLD) berada sebelum (Sebelah Kiri) Top-Level Domain. Second-Level Domain merupakan nama website/organisasi yang sudah terdaftar pada suatu penyedia register domain. Misalnya, Facebook.com, Google.com,  Kupandu.net yang dimana Facebook, Google dan Kupandu merupakan SLD atau Second Level Domain.

Adapula Second Level Domain yang seolah-olah itu adalah Top Level Domain. Misalnya saja .co.id, ini adalah domain indonesia yang dimana .co termasuk Second Level Domain. Sebagai contoh Facebook.co.id, Facebook bukanlah Second Level Domain yang merupakan SLD adalah .co nya.

 

Third-Level Domain

Third Level Domain merupakan tingkatan ke tiga dari bagian domian, berada sebelum Top & Second Level Domain. Third Level Domain biasa juga disebut sebagai Sub-Domain. Sub-domain ini biasanya dipergunakan untuk keperluan khusus. Misalnya kupandu.net ingin membuat Store/toko, makan domain bisa ditambahkan Sub yaitu, store.kupandu.net, Store ini masuk ke dalam Third Level Domain atau Sub-Domain.

Berbeda misalnya domain itu menggunakan Second Level Domain .co.id .web.id, yang merupakan Third level domain adalah setelah .co atau .web. Misalnya Google.co.id, yang merupakan Third Level domain adalah Google.

 

Jenis-Jenis Domain

Banyak sekali berbagai macam jenis domain saat ini. Domain juga bisa dibagi menjadi 2 jenis tergantung cakupannya yaitu :

 

Generic Top Level Domain (gTLD)

gTLD merupakan jenis domain yang paling umum digunakan, sebagai contoh

  • .com yaitu domain untuk komersial
  • .net yaitu domain untuk networking
  • .biz  yaitu domain untuk Bisnis
  • .org yaitu domain untuk Organisai
  • .edu yaitu domain untuk Pendidikan
  • .gov yaitu domain untuk Pemerintahan

 

Contry Code Top Level Domain (ccTLD)

ccTLD merupakan jenis domain yang mencakup sebuah negara, sebagai contoh

  • .id yaitu domain untuk negara indonesia
  • .my yaitu domain untuk negara Malaysia
  • .uk yaitu domain untuk negara Inggris
  • .us yaitu domain untuk negara Ameika
  • .jp yaitu domain untuk negara Jepang
  • .kr yaitu domain untuk negara Korea

 

Baca Juga : Apa itu Hosting? Berikut Penjelasan dan Jenisnya

Demikianlah Penjelasan, Fungsi, Sturktur, dan Jenis dari pada domain, semoga artikel yang diberikan dapat dimengerti dan bermanfaat. Terima kasih!

Leave a Reply