Apa Itu Root? Inilah Kelemahan Dan Kelebihan

Pernahkah Anda mendengar istilah root? Isilah ini memang terdengar asing di telinga masyarakat awam. Jadi sebenarnya apa itu root? Root adalah sebuah proses yang memberikan kebebasan pada pengguna Android untuk dapat mengakses sistem secara penuh. Dari segi definisi memang terlihat “menggiurkan” karena berarti Anda bisa bebas mengakses apapun dari sistem Android.

Tetapi sebenarnya proses root memiliki risiko yang cukup tinggi. Karena itu proses root biasanya dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam sistem operasi pada smartphone, khususnya Android. Untuk mengetahui lebih detail mengenai proses root beserta kelemahan dan kelebihannya, mari pelajari dulu penjelasan berikut.

 

Pengertian Root

Dalam Bahasa Indonesia, root berarti akar. Maksudnya adalah Anda bisa mengambil kendali dari sistem operasi Android hingga ke akarnya. Android sendiri memiliki basis Linux yang notabene adalah open source, maka Anda bisa memodifikasi sistem Android dengan bebas tanpa batasan apapun. Meskipun bebas dan tanpa batas, Anda tetap harus melewati beberapa tahapan tertentu.

Aksi dianggap beresiko buruk, sehingga beberapa produsen smartphone telah mengunci sistem Android dengan Lock Bootloader. Produsen samartphone yang telah menerapkan Lock Bootloader diantaranya adalah ASUS, Sony, HTC, serta beberapa perangkat dari Google. Anda boleh mengakses seluruh fitur, dengan catatan Anda bisa membuka Lock Bootloader dengan cara root.

 

Kelemahan Root

Tidak hanya menjawab pertanyaan apa itu root, di sini juga akan dijelaskan tentang kelemahan proses root. Kelemahan yang pertama adalah berpotensi merusak perangkat. Dengan membuka Lock Bootloader, artinya Anda telah menghilangkan “penjaga pintu gerbang” utama. Hal ini berpotensi mengundang virus-virus untuk menjangkit sistem dan perangkat smartphone Anda.

Apabila sistem Android dan perangkat sudah terjangkit virus, maka akan sulit untuk “disembuhkan” karena sudah tidak ada lagi “penjaganya”. Bahkan tidak hanya 1 virus, perangkat Anda bisa saja terjangkit oleh ribuan virus yang akan masuk dengan mudah. Selain itu fitur garansi pada perangkat smartphone Anda juga akan hilang secara otomatis, jelas ini akan merugikan Anda.

Kelemahan selanjutnya adalah, akan timbul berbagai masalah pada saat update sistem operasi Android. Anda tidak bisa memperbarui aplikasi secara OTA (Over The Air), proses perbaruan aplikasi akan ditolak karena sistem bawaan telah terhapus akibat proses root.

 

Kelebihan Root

Meski memiliki risiko dan kelemahan, proses root juga memiliki kelebihan dalam prosesnya. Kelebihan yang pertama, Anda bisa menghapus aplikasi bawaan. Biasanya aplikasi bawaan ini telah menempati kapasitas internal dan RAM dengan ukuran tertentu. Dengan melakukan root, Anda bisa memangkas kapasitas memori internal dan RAM agar tidak cepat penuh dan lebih stabil.

Selanjutnya Anda bisa memodifikasi ROM pada sistem operasi Android. Misalnya, smartphone Anda berada pada level Kitkatt, dengan root Anda bisa meningkatkan levelnya menuju Lollipop. Dengan memiliki level ROM yang lebih tinggi, maka performa perangkat smartphone juga bisa lebih baik. Selain menghemat RAM, dan modifikasi ROM, dengan root Anda juga bisa menghemat daya baterai.

Terakhir, Anda masih memiliki kesempatan untuk un-root. Jika dirasa tidak dapat memaksimalkan kelebihan dari proses root, maka Anda bisa mengembalikan kondisi sistem menjadi semula dengan proses un-root. Maka Anda dapat kembali menikmati fitur-fitur dalam Android secara aman tanpa adanya risiko ancaman virus dari luar.

 

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Smartphone Yang Harus Diketahui

 

Demikian penjelasan penting mengenai apa itu root serta kelemahan dan kelebihannya. Yakinkan dulu kemampuan Anda sebelum melakukan proses root. Namun, sebaiknya proses root jangan dilakukan karena konsekuensi terbesar adalah perangkat Anda mengalami kerusakan permanen.

Leave a Reply