Apa Perbedaan Internet Dan Intranet? Simak Pembahasan Berikut

Setiap orang sudah mengetahui internet. Namun tidak semua orang mengetahui intranet. Biasanya kala Anda di kantor, sekolah, kampus atau sebuah organisasi Anda akan sering menujumpai bahwa tempat tersebut memiliki intranet. Tekadang sebagai orang awam teknologi Anda merasakan perbedaan internet dan intranet. Namun sebenarnya keduanya punya perbedaan besar.

Hal yang paling awal mungkin Anda sadari bahwa halaman-halaman yang Anda akses saat di kantor, sekolah atau kampus dengan intranet tidak dapat diakses saat di luar dari wilayah jangkauan tersebut. Masih banyak sebenarnya perbedaannya antara internet dan intranet. Daripada penasaran yuk simak pembahasannya berikut ini.

 

Perbedaan Internet Dan Intranet

Istilahnya hampir mirip namun berbeda. Hanya berbeda satu huruf saja artinya sudah jauh bebeda. Internet terdiri dari kata “inter” dan net”. “Inter” artinya “antar” dan “net” artinya “jaringan”. Sedangkan intranet terdiri dari kata “intra” yag berarti “di dalam”, dan “net” artinya “jaringan”. Jadi secara sederhana artinya yang satu “antar jaringan” dan satunya lagi “di dalam jaringan”.

Internet itu jaringan keterhubungan antara satu perangkat dengan perangkat lain dengan skala yang sangat luas. Jadi dengan internet bisa terhubung suatu perangkat seperti komputer atau HP dengan perangkat lainnya walaupun terpisah jarak yang sangat jauh.

Sedangkan intranet itu jaringan keterhubungan antar perangkat yang hanya terbatas di suatu lokal tempat saja. Hubungan antar komputer menggunakan LAN merupakan intranet. Contoh terdapat intranet misalnya di kantor, rumah sakit, sekolah, perguruan tinggi, kantorr sebuah organisasi, dll.

Meskipun ada beberapa hal prinsip yang sama diantara keduanya. Keduanya sebuah jaringan yang pasti dihubungkan dengan protokol internet (yaitu TCP/IP, IP Address, atau lainnya), server dan client. Namun ada perbedaan dari keduanya.

Baca Juga : Pengertian Internet, Manfaat Dan Perkembangannya

 

Perbedaan Server

Server di intenet disimpan dalam server yang berada di dalam penguasaan pemilik intranet tersebut. Misal server intranet sebuah kantor berada dalam penguasaan pihak kantor itu sendiri sehingga keamanannya dapat lebih dijaga.

Berbeda dengan internet, seringkali server dari internet berada di perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa hosting. Sehingga data sifatnya tidak lebih aman untuk informasi privat.

 

Perbedaan Jenis Datanya

Jenis data yang disimpan di internet bisa dibilang semua jenis data. Teks, gambar, video, applikasi, dll. Namun berbeda dengan intranet. Pengelola intranet bisa mengatur data apa saja yang diizinkan untuk disimpan dalam servernya.

 

Jangkauan

Sudah tentu perbedaan internet dan intranet yang paling kentara adalah jangkauannya. Data-data di internet dapat diakses oleh siapapun diseluruh dunia. Kapanpun 24 jam. Tentu selama server hostingnya masih menyala.

Sedangkan data-data di intranet hanya sejauh lingkup kantor, kampus atau organisasi itu berada. Biasanya setiap ligkup memiliki kebijakan tertentu kapan jam aktif dan tidaknya bisa diakses sebuah intranet.

 

Pengguna atau Usernya

Pengguna internet adalah masyarakat umum secara global. Siapapun bisa masuk ke dalam jaringan internet. Sedangkan dalam jaringan intranet tidak semua orang dapat masuk. Yang dapat masuk ke jaringan internet adalah mereka-mereka yang diizinkan masuk.

Atau kalau bahasa teknisnya komputer client dari internet bisa komputer atau perangkat manapun yang ingin dikoneksikan. Sedangkan pada intranet tidak semua perangkat dapat masuk sebagai client. Hanya perangkat-perangkat yang sudah diizinkan oleh pengelola yang boleh masuk dalam jaringan intranet.

Baca Juga :Kelebihan Dan Kekurangan Internet Yang Wajib Diketahui

 

Meski memiliki nama yang mirip, cukup jauh bukan perbedaan internet dan intranet ini? Setelah mengetahui lebih jauh tentang keduanya, kini Anda pengguna internet juga bisa menggunakan intranet. Tentu saja tetap menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Leave a Reply