Cara Bermain Mode Survival di Minecraft, Dijamin Seru!

Cara Bermain Mode Survival di Minecraft – Minecraft adalah game kalsik yang saat ini sudah berumur lebih dari 11 tahun. Game open world ini walaupun terbilang game jadul tetapi masih banyak dimainkan oleh berbagai kalangan dari anak kecil hingga orang dewasa.

Hingga sekarang Mojang yaitu pengembang game minecraft ini selalu memperbarui dan menambahkan fitur-fitur kedalam game nya setiap satu tahun sekali.

Minecraft masih menjadi game favorit dan tidak ketinggalan zaman, karena banyak sekali mini game yang bisa anda kreatifitaskan sendiri dalam gamenya. Jangan dibilang game kotak-kotak ini hanya permainan menyusun dan membuat bangunan, tetapi terdapat permainan bertahan hidup yaitu mode survival.

mungkin anda sebagai orang yang awam atau baru memainkan game minecraft ini sedikit bingung bahkan takut untuk memulai pada mode survival.

Tenang, pada kesempatan kali ini, akan diberikan panduan bagaimana Cara Bermain Mode Survival di Minecraft. Panduan ini berguna di game minecraft platform manapun, smartphone, laptop, ataupun tablet anda. berikut ini panduannnya :

Baca Juga : Cara Instal dan Main Minecraft di Laptop Gratis Terbaru

 

Selalu Memulai dengan mencari sumber daya

Jika anda ingin berhasil melewati hari pertama di mode survival minecraft, yang harus anda lakukan pertama kali adalah mencari sumber daya sebanyak – banyaknya.

Mulai dari kayu, membuat perkakas, mencari makanan, sampai mencari mineral untuk membantu anda bertahan hidup. ikuti tips – tips mencari sumber daya berikut ini.

 

Menebang pohon sebanyak-banyaknya

Kayu adalah item paling penting di mode survival ini, dengan adanya kayu anda bisa membuat berbagai macam alat dan perkakas untuk membantu anda mencari sumber daya lain seperti batu, mineral, dan makanan.

Tentunya pada awal-awal permainan anda hanya dibekali dengan tangan kosong, tapi jangan khawatir dengan tangan kosong saja anda masih bisa mengambil kayu pada pohon terdekat.

Jika ingin cepat mendapatkan kayu ikuti cara berikut:

1. Cari pohon terdekat, klik kiri dan tekan pada batang pohon yang ingin anda ambil. Cukup ambil 3 batang saja.

Cara Bermain Mode Survival di Minecraft

2. Lalu anda buka crafting dengan cara menekan tombol keyboard “E” untuk mengubah batang kayu (log) menjadi kayu papan (Planks), dengan cara klik pada batang kayu lalu pindahkan kedalam kotak crafting seperti gambar dibawah.

Selanjutnya anda harus membuat crafting table, cfrafting table ini memiliki fungsi sebagai alat pembuat perkakas-perkakas yang nanti akan kita pakai selanjutnya.

Susun kayu papan menjadi 4 kotak untuk membuat Crafting Table, lalu klik kanan pada tempat yang ingin anda taruh Crafting table yang barusan anda buat

Cara Bermain Mode Survival di Minecraft

3. Selanjutnya membuat perkakas yaitu Beliung (Pickaxe), Beliung ini berfungsi untuk mencari batu. Cara buatnya gampang, klik kanan pada Crafting Table yang tadi anda taruh.

Buat stik kayu dengan menaruh kayu pada kotak-kotak crafting 2 baris kebawah, untuk 2 papan kayu akan menghasilkan 4 stik kayu.

Setelah membuat stik kayu, anda sudah siap untuk membuat beliung. Klik kanan kembali pada crafting table, susun papan kayu 3 kolom diatas dan susun stik 2 baris kebawah, maka beliung (pickaxe) akan terbentuk.

4. Jika anda sudah mempunyai beliung, maka sekarang anda bisa mencari batu untuk membuat kampak (Axe) supaya lebih cepat dalam menebang batang pohon.

Pertama, cari batu didekat sekitar anda. sama seperti menebang batang pohon sebelumnya, anda hanya tinggal klik kiri pada mouse dan tahan hingga batu terambil.

Kumpulkan beberapa batu, minimal 3 buah untuk membuat kampak.

Untuk membuat kampak (Axe), anda susun batu dan stik kayu hingga membentuk seperti gambar di bawah ini, maka anda sudah berhasil membuat kampak untuk menebang pohon.

5. Sekarang anda akan lebih cepat dalam menebang batang pohon. Cari sebanyak-banyaknya batang pohon karena sangat diperlukan untuk berikutnya.

Mencari Sumber Makanan dari Hewan

Makanan adalah item yang paling penting untuk anda miliki di dalam mode survival ini, karena anda bisa mati kelaparan jika tidak makan.

Untuk mencari makanan tergolong susah susah gampang, karena anda harus menemukan hewan atau buah yang bisa anda ambil dagingnya lalu dimasak kemudian dimakan.

pada beberapa tempat terdapat macam-macam hewan yang bisa anda bunuh dan ambil dagingnya, seperti Domba, Sapi, Babi, ataupun Ayam.

Jika anda menemukan hewan – hewan tersebut, bunuh dengan menggunakan kampak yang sebelumnya sudah anda buat. Karena dengan kampak anda bisa lebih cepat membunuh dan mendapatkan daging.

Cara Bermain Mode Survival di Minecraft

Cari sebanyak-banyaknya hewan dan kumpulan dagingnya untuk stok anda nanti jika sewaktu – waktu kelaparan. Ingat daging ini masih mentah, bisa saja anda makan langsung tetapi akibatnya nanti anda akan keracunan.

Sebelumnya anda sudah mengumpulkan banyak daging untuk dimasak, sekarang anda harus membuat Tungku untuk alat masak daging tersebut. Begini caranya

1. Klik kanan pada Crafting Table, susun batu menjadi kotak, kosongkan bagian tengahnya. Jika tungku sudah dibuat, taruh di tempat yang anda inginkan.

Cara Bermain Mode Survival di Minecraft

2. Jika anda sudah menaruh tungku, klik kanan pada tungku. Untuk memasak daging diperlukan bahan bakar, anda bisa memakai batang pohon yang sebelumnya sudah anda kumpulkan.

Taruh batang pohon pada kotak bagian bawah, lalu masukan daging pada kotak bagian atas.

Tunggu hingga daging matang, lalu anda bisa mengambilnya.

Cara Bermain Mode Survival di Minecraft

3. Daging yang anda masak sudah bisa langsung dimakan, yaitu dengan tahan klik kanan. Tunggu hingga proses makan selesai, dan pada bar atau indikasi makanan sudah penuh.

4. Lakukan hal serupa pada daging – daging yang sudah anda kumpulkan sebelumnya.

 

Membuat Tempat Tinggal

Dalam Cara Bermain Mode Survival di Minecraft, yang paling ditakutkan adalah malam hari. Dimana para musuh-musuh mulai bermunculan pada malam hari seperti zombie, skeleton, creeper, spider, dan musuh lainnya.

Maka dari itu anda memerlukan tempat untuk berlindung, yaitu tempat tinggal sementara untuk menjauhi anda dari para musuh yang bisa saja datang tiba – tiba dari belakang dan membunuh anda.

Untuk membuat tempat perlindungan sementara supaya anda aman melewati malam hari pertama yaitu dengan cara menggali tanah dan membuat tempat tinggal.

Cari tempat yang menurut anda aman dari musuh, gali tanah kebawah dengan menggunakan Beliung yang sebelumnya sudah dibuat.

Setelah menggali, buat kotak 3×3 supaya anda bergerak leluasa. taruh Crafting Table dan tungku pada sudut tempat yang anda inginkan.

Dalam tempat tersebut masih dalam keadaan gelap dan butuh penerangan, dalam minecraft terdapat penerangan sederhana berupa obor. Anda bisa membuat obor dengan bahan-bahan yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pertama anda memerlukan mineral yaitu arang untuk membuat obor, bakar batang pohon untuk menghasilkan arang.

Klik kanan pada tungku, lalu bakar batang pohon menggunakan batang pohon. Tunggu beberapa saat, hingga batang pohon menjadi arang. Buatlah beberapa arang

2. Setelah arang jadi, anda bisa membuat obor dengan cara klik kanan pada crafting table, kemudian taruh stik dan arang dalam satu barisan. Jadilah obor yang bisa anda gunakan untuk penerangan

3. Taruh obor yang sudah anda buat pada tempat – tempat yang memerlukan penerangan.

Cara Bermain Mode Survival di Minecraft

Menambang Mineral

Pada saat anda menunggu malam berlalu dalam tempat tinggal sementara, disarankan anda melakukan hal lain yaitu menambang dan menggali untuk mencari mineral penting seperti batu bara.

Batu bara ini berfungsi sebagai bahan bakar dan membuat obor. Batu bara bisa membakar item hingga 8 buah menggunakan 1 batu bara.

1. Sebelum melakukan penggalian, anda perlu membuat beliung dari batu untuk mempercepat dalam mengahancurkan bebatuan.

Buat beliung seperti cara sebelumnya, bedanya disini tidak menggunakan kayu melainkan menggunakan batu.

2. Jika sudah membuat beliung batu, anda sudah siap untuk menambang dan menggali kedalam tanah.

Untuk mencari batu bara anda cukup menggali kebawah tanah. Jangan langsung menggali kebawah, karena anda bisa saja terjatuh kedalam lahar panas dan membuat anda mati.

Galilah dan buat seperti tangga turun satu kebawah, buat tangga hingga sekiranya sudah cukup dalam.

3. Kemudian anda gali secara lurus dan mulai mencari batu bara. Untuk menemukan batu bara tidak memerlukan kedalaman yang jauh, cukup beberapa blok kebawah.

Jangan lupa untuk menaruh obor dibeberapa tempat untuk menerangi sekitar.

Ciri – ciri blok batu bara yaitu batu yang terdapat pola hitam disekitarnya.

4. Cari batu bara sebanyak – banyaknya untuk stok anda si kemudian hari.

 

Membuat Tempat Tidur

Jika anda sudah menambang untuk melewati malam pertama, pada pagi hari anda disarankan mencari domba untuk mengambil Wol dan membuat kasur.

Kasur ini memiliki fungsi untuk tidur pada malam hari, dan melewati malam hari secara instan.

Pada pagi hari, masih terdapat beberapa musuh yang berkeliaran. Seperti contohnya creeper yang bisa meledakan diri dan membunuh anda.

1. Pada saat keluar dari tempat tinggal sementara, hati – hatilah. Cari disekeliling tempat untuk menemukan domba.

2. Untuk mempercepat dalam membunuh hewan, buatlah sebilah pedang. Caranya, klik kanan pada crafting table, susun 1 stik dibawah dan 2 batu diatasnya. Lakukan seperti gambar di bawah

Cara Bermain Mode Survival di Minecraft

3. Cari domba minimal 3 ekor, karena untuk membuat kasur memerlukan 3 Wol. Bunuhlah domba dengan warna yang sama.

4. Jika sudah membunuh 3 ekor domba, anda sudah bisa membuat kasur. susun 3 kolom wol diatas dan 3 kolom papan kayu dibawah.

5. Letakan kasur di dalam tempat tinggal sementara. Jika sudah malam hari klik kanan pada kasur, dan anda akan tidur dan melewati malam hari.

Cara Bermain Mode Survival di Minecraft

 

Membuat Rumah

Sekarang anda sudah tidak perlu takut untuk melewati malam hari, karena sudah terdapat kasur dan anda bisa tidur untuk langsung menuju pagi hari.

Saat ini anda hanya memiliki tempat tinggal sementara. Yang anda perlukan setelahnya hanyalah membuat rumah sederhana yang bisa anda tinggali.

Buatlah rumah skreatif anda, jika sudah memiliki rumah, yang anda perlukan yaitu mencari sumber daya sebanyak-banyaknya.

 

Baca Juga :

Kesimpulan

Game minecraft tidak hanyak berupa game kotak – kotak saja, terdapat mode bertahan hidup yang bisa anda mainkan.

Dari mulai mencari sumber daya, mencari makanan, melawan musuh, dan membuat tempat tinggal. Dijamin seru dan membantu untuk menghilangkan kebosanan di rumah.

Nah, itulah Cara Bermain Mode Survival di Minecraft yang bisa anda ikuti. Dengan cara di atas anda bisa melewati hari pertama yang menurut sebagian orang sulit untuk melewatinya.

Banyak musuh, dan juga kelaparan membuat beberapa pemain langsung mati dan membuat cepat bosan untuk memainkannya.

Leave a Reply