Cara Download Video Youtube di HP Android dan Komputer

Cara Download Video Youtube – Situs web penyedia video streaming banyak tersebar saat ini, tetapi tidak bisa mengalahkan popularitas dari YouTube. Para pengguna internet saat ini di smartphone maupun di perangkat komputer memilih layanan YouTube sebagai sarana menonton atau membagikan video secara gratis.

Secara online anda bisa mencari video apa saja yang anda inginkan di YouTube. Berita, tutorial, fakta, dan sebagainya. Tapi untuk memutar video tersebut anda harus menggunakan data internet yang cukup besar.

Bagaimana jika anda ingin menonton video yang sama berulang-ulang. Dengan anda menonton video secara berulang maka pemakaian internet juga mengikuti waktu lamanya video yang Anda tonton tersebut. Maka dari itu ini merupakan cara yang tidak efektif.

Untuk mengatasi pemakaian internet yang besar, anda cukup melakukan pengunduhan terhadap video yang sering Anda tonton tersebut. Ini juga berlaku jika anda ingin sesekali menonton video favorit anda tanpa menggunakan data internet sama sekali.

Pengunduhan atau download video di YouTube memiliki berbagai cara, beda perangkat beda pula cara downloadnya. Berikut ini adalah cara download video YouTube di smartphone dan komputer.

 

Cara Download Video YouTube di HP Android

Cara Download Video Youtube

 

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk download video YouTube. Anda bisa menggunakan aplikasi ataupun website pihak ketiga. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendownload video YouTube di HP Android.

 

Menggunakan aplikasi YouTube

YouTube memiliki aplikasi yang bisa download dan install di play store. Didalam aplikasi tersebut memiliki banyak fitur yang bisa digunakan. Anda bisa mengupload dan download video secara gratis.

Untuk fitur downloadnya anda bisa langsung menuju video yang diinginkan dan langsung tekan tombol download.

Tetapi biasanya ada beberapa video YouTube yang tidak bisa didownload. Beberapa Channel YouTube membatasi video yang diuploadnya supaya tidak bisa diunduh. Ini karena video mengandung hak cipta yang tidak bisa sembarang digunakan.

Berikut ini tahap untuk cara download video YouTube di HP Android anda.

1. Sebelumnya anda harus memiliki aplikasi YouTube yang sudah terpasang kedalam hp android anda. Jika belum, anda bisa instal melalui play store dan cari aplikasi YouTube.

2. Buka aplikasi YouTube yang sudah terpasang.

3. Cari pada kolom pencarian video yang ingin anda download.

4. Pada bagian bawah video disamping tombol bagikan, terdapat tombol download.

Cara Download Video Youtube

 

5. Tekan tombol download tersebut, maka video akan otomatis terunduh dengan sendirinya. Tunggu beberapa saat hingga video selesai download. Tergantung kepada kecepatan internet yang anda miliki.

6. Video yang sudah didownload tadi akan disimpan di aplikasi YouTube. Tepat nya pada menu Koleksi yang ada di beranda bagian bawah. Anda bisa melihatnya pada Hasil download.

Cara Download Video Youtube

 

Dengan cara diatas, anda bisa memutar video yang sudah anda download tadi secara offline tidak memerlukan data internet.  Tetapi cara ini memiliki kekurangan, yaitu video yang terunduh tidak tersimpan pada file hp anda melainkan di aplikasinya. Dengan begitu video tidak bisa di transfer ke perangkat lain. Jika anda menghapus aplikasinya, otomatis video yang sudah ada akan ikut terhapus juga.

 

Menggunakan Aplikasi YouTube GO

 

Aplikasi yang memang dikhususkan untuk anda yang suka menghemat kuota internet. Memiliki fitur download video dengan kualitas rendah, dan tidak memakan kapasitas penyimpanan di HP Android anda. Memilki cara hampir sama seperti diatas, berikut ini adalah tahapannya.

1. Pertama Anda harus memiliki aplikasi YouTube GO.

2. Buka aplikasi lalu cari video yang ingin anda download.

3. Pada bagian Thumbnail bawah akan ada tombol untuk download. Di videonya juga terdapat deskripsi ukuran data yang akan anda download.

Cara Download Video Youtube

 

4. Tekan tombol download untuk memulai mengunduh video. Maka video akan otomatis tersimpan kedalam aplikasi.

Cara Download Video Youtube

 

Ada beberapa kelebihan dari YouTube GO ini, yaitu memiliki tampilan sederhana yang mudah dipahami. Kualitas video bisa anda putar hingga kualitas yang paling kecil. Dengan kaualitas yang kecil tersebut pemakaian data internet juga sedikit. Anda bisa mendownload video tanpa memutarnya, langsung didepan tampilan thumbnail.

 

Menggunakan Website Savefrom.net

 

Situs pihak ketiga bernama savefrom ini dapat anda gunakan untuk mendownload sebuah video dari youtube. Tidak hanya untuk video youtube, savefrom bisa mendownload video dari platform lain seperti instagram, vimeo, twitter, facebook, dan sebagainya.

Anda bisa download video youtube di savefrom dengan mengikuti tahap-tahap berikut dibawah ini:

1. Pilih video youtube yang ingin anda download. Anda bisa mencari di aplikasi youtube atau dengan search di browser Youtube.com.

2. Salin link video dengan cara mengklik lama pada area gambar video dan pilih salin atau copy link. untuk anda yang ingin pilih video di aplikasi, klik Bagikan pada bagian bawah video, lalu pilih salin link atau copy link.

Cara Download Video Youtube

 

3. Buka website savefrom.net pada browser anda. Pastekan link video yang sebelumnya anda sudah salin pada kolom Masukan URL. lalu klik pada tombol bentuk panah kanan.

4. Tunggu proses sebentar. Akan ada tampilan video yang sudah siap didownload. Anda bisa memilih kualitas dan format video yang diinginkan sebelum mendownload.

Cara Download Video Youtube

 

5. Jika sudah siap mendownload, tekan tombol Unduh. Maka, video otomatis akan terunduh.

6. Tunggu beberapa saat hingga proses download video sudah selesai.

Adapun cara alternatif lain untuk menggunakan savefrom ini. Anda bisa langsung mendownload video tanpa harus masuk kedalam website savefrom.

Ikuti cara diatas dari poin 1 dan poin 2. pastekan link video pada browser hp anda. tambahkan “ss” pada link video youtube tersebut pada bagian sebelum url youtube. sebagai contoh

Link video youtube asli yang ingin anda download

https://www.youtube.com/watch?v=juuB3c0CrD8

Masukan “ss” pada URL dan tekan enter

https://www.ssyoutube.com/watch?v=juuB3c0CrD8

Secara otomatis anda akan dibawa kepada tampilan savefrom dan langsung menampilkan video yang sudah siap di download, Ikuti kembali langkah poin 5 dan 6.

 

Cara Unduh Video YouTube di Komputer

Cara Download Video Youtube

 

Selain di Hp android, anda juga bisa download youtube melalui komputer. Memiliki cara yang hampir sama seperti download video youtube di hp android. Aplikasi yang digunakan berupa software khusus untuk komputer. Adapaun website-website pihak ketiga yang bisa anda gunakan untuk mempermudah proses mengunduh video youtube.

Berikut ini adalah cara download video youtube di perangkat komputer:

 

Menggunakan Software Downloader

 

Anda bisa menggunakan software downloader untuk mendownload video di youtube. Dengan software downloader ini anda bisa langsung mendownload secara langsung dengan mudah. Anda juga bisa memilih kualitas video yang ingin didownload dari yang kualitas paling rendah, hingga kualitas paling tinggi.

Ada beberapa software downloader yang bisa anda gunakan. Software-software di bawah ini adalah software yang sering dipakai oleh para pengguna komputer untuk membantu dalam mengunduh video di youtube. berikut ini beberapa software yang bisa anda gunakan :

 

Menggunakan Software download IDM (internet Download Manager)

Cara Download Video Youtube

 

IDM atau internet Download Manager merupakan software downloader yang paling terkenal dan banyak dipakai oleh para pengguna komputer. Memiliki kelebihan untuk kecepatan download yang stabil dan juga cepat. IDM memiliki banyak fitur salah satunya adalah bisa digunakan untuk download video di youtube. berikut caranya:

1. Telebih dahulu anda harus mempunyai software IDM. Anda bisa download di situs resminya IDM.

2. Buka browser anda, disarankan menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.

3. Pilih menu ekstensi pada Chrome, dengan cara pilih setting pada 3 titik bilah kanan atas. Cari dan tekan Ekstensi.

Cara Download Video Youtube

 

4. Jika anda menggunakan Mozilla Firefox, buka menu 3 garis pada bagian kanan atas browser. Pilih Add Ons atau pengayaan.

Cara Download Video Youtube

 

5. Pastikan Ekstensi dan Add Ons IDM sudah terpasang, jika belum anda tinggal tekan pada switch untuk mengaktifkannya.

Cara Download Video Youtube

 

6. Buka Youtube dan pilih video yang ingin di download. Putar video tersebut, maka otomatis akan muncul tombol Download video ini.

Cara Download Video Youtube

 

7. Tekan tombol download tersebut dan otomatis video akan terunduh menggunakan software IDM

Dengan adanya software downloader seperti IDM, anda dengan mudah mengunduh apapun di internet video, gambar, dokumen, dan lainnya. Tapi dengan catatan, anda sebagai pengguna mematuhi kebijakan yang diberikan software downloader tersebut.

Untuk software IDM sendiri, anda akan diberikan waktu trial atau percobaan untuk 1 bulan. Setelah 1 bulan, anda harus membayar dan membeli lisensi supaya bisa digunakan selamanya.

 

Menggunakan Software YTD Video Downloader

Cara Download Video Youtube

 

Salah satu video youtuber downloader yang sering dipakai dan memiliki banyak pengguna. Tentunya sudah tidak diragukan lagi fitur download yang ada, anda cukup masukan URL video youtube yang ingin di download kemudian pilih kualitas video, otomatis video langsung terunduh.

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan YTD Video Downloader untuk download video di youtube.

1. Sebelumnya anda harus menginstal software YTD Video Downloader, anda bisa download disini.

2. Instal pada komputer anda, lalu buka softwarenya.

3. Salin link atau URL video youtube yang ingin anda download.

4. Akan otomatis terpaste pada software ketika anda membukanya. Jika tidak, anda bisa manual mempaste Link atau URL tersebut dengan menekan tombol Paste URL.

Cara Download Video Youtube

 

5. Pada Download Quality anda pilih kualitas video yang diinginkan.

Cara Download Video Youtube

 

6. Anda bisa memilih tempat untuk menyimpan video yang nantinya akan didownload pada bagian Save to.

7. Jika sudah, anda tekan tombol download. Tunggu hingga proses download video selsai.

8. Video akan tersimpan otomatis pada folder yang sudah anda pilih sebelumnya.

Mudah bukan, anda hanya memerlukan beberapa langkah untuk mendownload video youtube dengan menggunakan software YTD Video Downloader ini.

 

Menggunakan Software Free Youtube Downloader

 

Sama seperti software-software diatas, Free Youtube Downloader adalah salah satu software yang bisa anda gunakan untuk mendownload video youtube. Untuk penggunaanya pun hampir sama, berikut ini cara download video youtube menggunakan Free Youtube Downloader :

1. Terlebih dahulu anda instal software Free Youtube Downloader, anda bisa download di situs resminya disini.

2. Setelah melakaukan penginstalan, buka software tersebut.

Cara Download Video Youtube

 

3. Buka video youtube yang ingin anda download, salin link atau url video.

4. Pastekan pada tampilan software. Biasanya pada saat anda menyalin url video software akan mendeteksinya dan langsung dipastekan pada kolom url.

Cara Download Video Youtube

 

5. Pilih kualitas dan format video yang diinginkan. Anda juga bisa mendownload video dengan Mp3.

Cara Download Video Youtube

 

6. Lalu klik download pada pilihan format tadi. Tunggu proses download selesai.

Cara Download Video Youtube

 

7. Video yang sudah selesai didownload akan tersimpan pada folder video – Free Youtube Downloader. Anda bisa langsung menekan My videos files untuk memuncul folder tersebut.

Dengan tampilan yang sederhana dan user-friendly, software Free Youtube Downloader ini mudah digunakan untuk pemula sekalipun.

 

Menggunakan Ekstensi atau Add Ons Pada Browser

 

Sebuah browser pasti akan memberikan fitur-fitur yang bisa membantu anda mempermudah untuk menjelajahi internet. Salah sataunya adalah Ekstensi atau Add Ons. Dengan adanya Ekstensi atau Add Ons ini anda bisa menggunakan banyak aplikasi tambahan seperti screenshot, perubah tampilan browser, dan downloader.

Anda bisa menggunakan Ekstensi atau Add Ons untuk mendownload video yang ada di youtube. Ada beberapa Ekstensi atau Add Ons yang ada di browser. Misalnya untuk Chrome ada Video Downloader professional bisa langsung install disini. Adapun untuk Mozilla Firefox add ons Easy Youtube Video Downloader bisa langsung anda instal disini.

Berikut ini cara downoad video dengan menggunakan Ekstensi atau Add Ons yang ada pada browser anda :

  1. Sebelumnya anda sudah menginstal Ekstensi atau Add Ons yang sudah disebutkan di atas pada browser anda.
  2. Aktifkan Ekstensi atau Add Ons tersebut supaya bisa digunakan.
  3. Buka youtube dan pilih video yang dinginkan.
  4. Anda bisa mengklik pada icon ekstensi di chrome yang berada di bagian kanan atas. pilih kualitas yang diinginkan, dan download.
  5. Untuk yang Easy Youtube Video Downloader, anda bisa mendownload dengan cara pilih Download As pada bagian bawah video youtube. Pilih kualitas video yang ingin didownload. Otomatis video akan terunduh.

Selain Ekstensi dan Add ons diatas, sebenarnya masih banyak yang bisa anda gunakan untuk mendownload video di youtube. Hanya saja 2 Ekstensi dan add ons diatas merupakan yang paling disarankan dan juga sudah memiliki banyak penggunanya.

 

Menggunakan Website Youtube Downloader

 

Anda bisa menggunakan website-webiste pihak ketiga untuk mendownload video di youtube. Banyak website yang bisa anda gunakan, seperti

  1. Saveform.net
  2. Onlinevideoconverter.com
  3. Y2mate.io
  4. Sconverter.com
  5. Odownloader.com
  6. Youtubeconverter.io
  7. Dan masih banyak lagi.

Untuk website-website diatas memiliki cara yang hampir sama untuk langkah mendownload videonya. Yaitu dengan cara :

1. Pilih dan Buka salah satu website diatas yang anda ingin gunakan. Contoh menggunakan Sconverter.com

Cara Download Video Youtube

 

2. Salin Url video youtube yang ingin anda donwload.

3. Pastekan Url yang sudah disalin tersebut pada kolom url kosong yang ada pada tampilan website. Kemudian tekan enter.

Cara Download Video Youtube

 

4. Video akan muncul dan anda bisa memilih kualitas dan format yang diinginkan. Jika sudah, tekan download untuk memulai mengunduh video anda.

 

Merubah dan Menambahkan “ss”, “pp”, dan “10” pada URL Video

 

Selain cara-cara diatas, terdapat cara alternatif lain untuk anda mendownload video di youtube. Anda hanya cukup menambahkan “ss”, “pp”, “10” pada url video yang ingin didownload.

Sebenarnya fitur ini adalah dari website pihak ketiga seperti Savefrom.net dan Youtubeconverter.io. Dengan anda menambahkan tambahan url tersebut, anda akan dibawa langsung ke webiste diatas.

Untuk cara menambahkan cukup mudah, anda cukup tambahkan “ss”, “pp”, dan “10” pada url yang ingin anda download, contohnya seperti berikut ini

https://www.ssyoutube.com/watch?v=p8W50vjoL_s

https://www.youtubepp.com/watch?v=p8W50vjoL_s

Untuk yang “10”, anda hapus “be” dan masukan angka 10

https://www.youtu10.com/watch?v=p8W50vjoL_s

Maka Url tersebut akan otomatis terbuka website untuk anda download videonya. Pilih kualitas dan format video yang ingin anda download, dan tekan download.

 

Baca Juga : Cara Download Video Instagram Dengan Mudah

 

Itulah beberapa cara download video youtube di HP Android dan Komputer yang bisa anda gunakan. Masing-masing cara memiliki kemudahan dan kesulitannya masing-masing. Dengan banyaknya cara tersebut, anda bisa merubah cara jika salah satu cara tidak bisa digunakan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda!

Leave a Reply