3 Cara Instal Driver Laptop dengan Mudah

Cara Instal Driver Laptop – Driver adalah software khusus yang memiliki kegunaan yaitu sebagai penghubung atau komunikasi sistem antara komputer dan hardware. Driver memiliki peranan penting untuk menunjang operasi laptop/komputer. Jika driver ini tidak ada, maka perangkat-perangkat keras penunjang seperti Keyboard, Mouse, Printer, USB port, dan yang lainnya tidak akan berfungsi.

Dalam Laptop/komputer sudah terdapat Driver-driver bawaan yang sudah terpasang untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikannya. Driver biasanya memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung bawaan laptop. Misalnya laptop Anda Asus, maka driver yang terpasang adalah buatan orisinil dari Asus. Driver buatan Asus ini, tidak akan bisa Anda gunakan atau Instal pada merk laptop yang berbeda seperti Acer, HP, Lenovo, Samsung, dan merk laptop yang lainnya.

Umumnya Driver pada masing-masing merk laptop akan disediakan oleh perusahaan pembuat laptop tersebut dengan cara mendownload driver pada website resimnya. Tentu saja gratis, karena driver adalah komponen penunjang penting dari Laptop/komputer.

Apakah Driver bisa rusak atau menghilang? Banyak sebab-sebab dari kerusakan maupun kehilangan driver. Driver rusak bisa saja Anda secara tidak sengaja menghapus salah satu komponen driver dan mengakibatkan driver tersebut tidak berjalan dengan normal. Biasanya driver-driver khusus seperti Audio, VGA, LAN akan menghilang ketika Anda melakukan Instal Ulang OS pada laptop.

Dengan adanya masalah terhapus atau rusaknya driver tersebut, Anda mau tidak mau harus melakukan penginstalan driver kembali supaya laptop bisa berjalan normal seperti sedia kala. Berikut ini terdapat beberapa cara instal driver laptop dengan mudah.

 

Cara Instal Driver Laptop Secara Manual

Seperti sebelumnya yang sudah dijelaskan, bahwa setiap perusahaan pembuat laptop, pasti akan menyediakan driver laptop yang bisa anda download pada website resminya. Untuk penginstalan secara manual ini Anda bisa cari driver di website resminya dengan cara memasukan model atau serial number yang tertera pada laptop anda. berikut ini cara instal driver secara manual.

1. Anda buka website resmi merk laptop anda. Anda bisa cari di Search Google dengan mengetikan “Driver Acer”, “Driver Asus”, tergantung merk laptop Anda. Otomatis akan ada link website resmi yang langsung masuk pada tampilan download driver.

2. Biasanya didalam website tersebut terdapat kolom untuk mencari driver berdasarkan Model Name, SNID atau Serial Number

3. Masukan salah satu opsi diatas. Untuk melihatnya, Anda  bisa lihat pada stiker name plate laptop yang biasanya berada di belakang laptop.

Cara Instal Driver Laptop

 

4. Sebagai Contoh, saya mencari driver untuk laptop acer, maka saya harus buka website resmi Acer. Saya masukan serial number laptop pada kolom pencarian driver. Lihat pada contoh gambar berikut ini :

Cara Instal Driver Laptop

Jika Anda sudah mengetikan Serial Number seperti contoh tersebut maka tekan enter atau klik tombol cari.

 

5. Cari Driver yang ingin Anda Install lalu tekanlah download untuk memulai mengunduh Driver yang anda inginkan. Misalnya disini saya ingin mendownload driver Wireless LAN, maka saya akan cari driver wireless dan tekan tombol download.

Cara Instal Driver Laptop

 

6. File driver yang baru saja Anda download biasanya berformat .exe, .msi, .zip, atau .rar

Format .zip .rar
Jika Driver berformat .Zip atau .Rar, Anda harus mengekstrak file compressed tersebut. Buka lokasi file yang sebelumnya Anda ekstrak. Carilah file data yang berformat .Exe, .Msi, atau berbentuk instalan .cmd. Klik pada file tersebut dan mulai melakukan proses penginstalan

Format .exe .msi
Jika Driver berformat .exe, .msi, maka Anda bisa langsung membuka dan melakukan proses penginstalan seperti install software biasa.

 

Cara Install Driver Laptop dengan Device Manager

Kerusakan pada Driver biasanya sering terjadi, dengan rusaknya driver tersebut mempengaruhi fungsi daripada laptop itu sendiri. Adapula kasus lain yaitu Driver menjadi corrupt, bisa diakibatkan komponen-komponen driver yang missing atau hilang. Bisa juga adanya virus pada laptop Anda yang mengakibatkan Driver menjadi Corrupt.

Berikut ini adalah cara mengatasinya, yaitu dengan menginstal driver di Device Manager atau lebih tepatnya mencari atau mengupadate suatu driver melalui online maupun offline.

1. Langkah pertama Anda harus membuka Device Manager terlebih dahulu. Dengan cara menekan shortcut Windows+X pada Windows 10, bisa juga Anda membukanya dengan cara mencari Device Manager pada kotak search windows.

 

2. Didalam jendela Device Manager ini, terdapat driver-driver yang ada dilaptop Anda. Cari driver yang ingin Anda perbaiki. Driver yang mengalami kerusakan akan ada tanda warning pada salah satu list driver di Device Manager tersebut.

3. Klik kanan pada driver yang bermasalah, pilih dan klik Update Driver. Akan muncul jendela baru. disini terdapat 2 pilihan yaitu

Search Automatically for Update Driver Software
Pilihlah jika memang Anda ingin mengupdate atau mendownload driver secara online. Nanti dalam jendela berikutnya Driver akan otomatis didownload dan merupakan versi yang paling terbaru. Untuk melakukan proses ini, Laptop atau Komputer Anda harus ada jaringan internetnya

Browse My Computer for Driver
Ini merupakan pilihan jika dilaptop Anda sudah terdapat driver yang sebelumnya Anda download di internet. Dalam pilihan ini merujuk pada instal driver secara manual diatas. Jika Anda sudah mendownload driver maka anda bisa melakukan penginstalan melalui device manager dengan memilih Browse for my computer for driver

 

4. Untuk mempermudah penginstalan, Anda disarankan pilih dan klik Search Automatically for Update Driver Software. Setelah Anda klik, maka driver akan dicari secara otomatis oleh sistem. Penginstalan juga akan dilakaukan secara otomatis ketika driver sudah selesai diunduh. Anda hanya cukup menunggu hingga proses selesai. Jika sudah selesai klik tombol close.

 

5. Untuk proses terakhir yaitu, Anda harus merestart laptop agar dalam penginstalan drivernya menjadi lebih optimal. Jika sudah melakukan restart, maka driver yang sudah anda instal semestinya akan bekerja.

 

Cara Install Driver Laptop dengan DriverPack Solution

DriverPack Solution adalah software khusus untuk penginstalan driver secara otomatis yang bisa dipakai di OS Windows XP sampai Windows 10. Memiliki banyak kelebihan-kelebihan dalam mempermudah Anda untuk menginstal driver. DriverPack Solution akan langsung menganalisa Laptop atau komputer anda pada saat software dibuka.

Driver-driver yang terinstal pada laptop akan terdeteksi oleh software ini. Secara otomatis pula software Driverpack akan mendeteksi driver apa yang belum terinstal dan driver-driver yang sudah lawas. Disini Anda bisa memilih driver mana saja yang ingin diinstall dan diupdate.

Disamping dari kelebihan-kelebihan diatas, DriverPack Solution memiliki kekurangan yaitu, kapasitas software offline yang besar. Dikarenakan didalam software offline DriverPack ini terdapat banyak driver dan utility yang dibutuhkan untuk laptop atau komputer. Versi terbaru dari DriverPack akan Semakin besar kapasitasnya.

 

Cara menggunakan DriverPack Solution

Jadi, bagaimana cara penggunaan software DriverPack Solution ini? Berikut ini adalah panduan untuk menggunakan dan install drivernya.

1. Pertama Anda tentu harus mempunyai software DriverPack Solution. Jika belum punya Anda bisa download di website resminya DriverPack. untuk versi dari driver pack yang disediakan oleh website resminya adalah software online, yang dimana untuk penginstalan drivernya menggunakan internet.

2. Buka software DriverPack dengan menggunakan Run As Administrator. Centang pada Start in Expert Mode.  Tunggu hingga proses diagnosis laptop selesai.

Cara Instal Driver Laptop

 

3. Jika diagnosis laptop atau komputer Anda sudah selesai, akan muncul jendela baru yang berisikan driver-driver dan software yang bisa Anda install. Centang pada Driver dan software yang ingin Anda install. lalu jika sudah yakin dengan pilihannya, Anda bisa langsung klik tombol Install all.

 

Jika Anda ingin penginstalan software dibarengi dengan driver, anda cukup memilih software yang ingin diinstall pada menu di sebelah kiri. Centang software yang dinginkan. lalu pilih kembali menu driver, kemudian klik Install all.

 

4. Tunggu proses penginstalan Driver dan software sampai selesai. Karena DriverPack merupakan versi online, maka kecepatan penginstalan tergantung dengan kecepatan internetnya. Semakin cepat internet maka semakin pula proses penginstalan tersebut.

 

5. Jika proses penginstalan sudah selesai, maka akan muncul jendela perintah untuk Reboot laptop atau komputer Anda. Klik pada tombol reboot, dan secara otomatis laptop anda akan melakukan proses restart.

 

6. Setelah proses reboot, maka laptop atau komputer Anda sudah berhasil memasang Driver dan juga software yang sebelumnya Anda pilih. Anda bisa cek pada Device Manager untuk melihat apakah driver sudah terpasang dengan benar. Anda bisa cek juga software baru yang terinstal pada shortcut dekstop atau pada menu start windows.

 

DriverPack Solution Versi Offline

Sebenarnya Anda bisa melakukan penginstalan driver melalui software DriverPack Solution ini secara offline. Anda hanya cukup mendownload DriverPack Solution versi Offline-nya di software yang sebelumnya anda download di website resmi tadi. Dengan cara pilih menu DriverPack Offline dan klik tombol Download.

 

Dengan mendownload DriverPack Solution versi offline, Anda bisa menggunakan software kapan saja tanpa dibatasi tidak adanya internet dan juga gangguan koneksi pada saat penginstalan. Tetapi kelemahannya adalah untuk Kapasitasnya yang besar diatas 10 Gb membuat Hardisk penuh dan juga memakan kuota internet untuk mendownloadnya.

 

Baca Juga : 6 Software Edit Video Terbaik Gratis Untuk Pemula

 

Nah, itulah 3 cara instal driver laptop dengan mudah. Diharapkan untuk Anda membaca panduan diatas secara teliti dan juga hati-hati. Untuk kerusakan dan kejadian hal lain pada Laptop atau komputer Anda, bukanlah tanggung jawab kami. Semoga panduan ini bisa memberikan manfaat bagi Anda dan para pembaca lainnya.

Leave a Reply