Cara Instal Driver Printer Epson L310 Tanpa CD, Mudah!

Saat ini banyak sekali merek printer yang sudah ada di pasaran. Salah satunya adalah merek Epson. Mungkin anda sebagai orang awam pun sudah tau printer merek epson.

Salah satu model atau type printer Epson yang banyak digunakan adalah L310. Selain harganya yang murah, kualitas cetak yang bagus dan juga ketahanan pemakaiannya tergolong awet.

Epson L310 ini cocok untuk kerja kantoran, kegiatan sekolah, perkuliahan, maupun digunakan untuk bisnis percetakan.

Sebelum menggunakan atau mengoperasikan printer L310, yang harus anda lakukan adalah menginstal driver printer pada laptop ataupun komputer anda. Karena jika tidak ada driver, printer tidak akan bisa dihubungkan dengan komputer dan tidak bisa melakukan pencetakan.

 

Cara Instal Driver Printer Epson L310 Tanpa CD

Biasanya, untuk melakukan penginstalan driver printer Epson L310 ini melalui CD bawaan yang anda dapatkan saat pertama kali membelinya. Tetapi kebanyakan laptop zaman sekarang, sudah jarang sekali terdapat CD ROM Drive nya.

Untuk penggunaan CD pun sudah jarang sekali ditemukan saat ini, karena terdapat penyimpanan alternatif yang lebih kecil fisiknya dan kapasitas yang cukup besar. Misalnya saja Flashdisk yang bisa anda bawa kemana – mana.

Maka dari itu pada panduan kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara instal driver printer Epson L310 tanpa CD? Ikuti langkah – langkah berikut dengan seksama.

 

Cara Download Driver Epson L310

Sebelum melakukan instalasi, tentunya anda harus memiliki driver epson L310 pada laptop atau komputer anda. Epson sudah menyediakan driver di website resminya, anda bisa search di google atau langsung cari di web Epson. Jika masih bingung ikutin cara downloadnya di bawah ini :

1. Anda bisa search di google dengan kata kunci “Driver Epson L310” atau bisa kunjungi langsung website resmi epson DisiniĀ untuk mendownload drivernya.

2. Saat membuaka websitenya, secara otomatis sistem operasi komputer atau laptop yang anda gunakan terdeteksi. Karena driver yang anda download harus sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

3. Pada menu download di bagian bawah, tekan tanda plus (+) pada “Driver“. Di sini karena sistem operasi yang terdeteksi adalah windows 10 64 bit, maka anda klik “Download” pada Printer Driver For Win 64-bit.

Cara Instal Driver Printer Epson L310 Tanpa CD 1

4. Setelah klik download anda akan menuju pada jendela baru, dan diberikan informasi mengenai printer Epson L310, seperti bahasa, versi, OS yang bisa digunakan, dan ukuran file driver yang akan anda download. Klik “Accept” untuk melanjutkan proses download driver.

Cara Instal Driver Printer Epson L310 Tanpa CD 2

5. Driver akan terdownload, Tunggu hingga proses download driver selesai.

 

Cara Instalasi Driver Epson L310

Setelah anda berhasil melakukan download driver epson, sekarang yang perlu anda lakukan adalah menginstal driver tersebut. Cara Instal Driver Epson L310 Tanpa CD ini tergolong mudah dan bisa anda ikuti langkah-langkah berikut

1. Sebelum melakukan penginstalan, pertama yang harus anda lakukan adalah mencolokan USB connector printer pada port USB di komputer atau laptop anda.

Cara Instal Driver Printer Epson L310 Tanpa CD 3

2. Nyalakan printer Epson L310 yang ingin anda hubungkan. Biasanya terdapat notifikasi pada komputer anda, jika USB sudah terkoneksi atau terhubung dengan baik.

3. Selanjutnya buka file driver epson L310 yang tadi sudah anda download, biasanya terdapat pada folder Download di komputer atau laptop anda.

4. Klik kanan pada file driver, lalu pilih “Run As Administrator”. Akan muncul jendela baru, kemudian klik Yes untuk melanjutkan instalasi.

5. Tunggu beberapa saat hingga proses ektstraksi berhasil.

6. Pada jendela berikutnya, centang pada “Set as Default Printer” jika anda ingin printer epson L310 ini sebagai printer utama anda. Jika hanya sekedar pilihan dan anda memiliki beberapa printer, tidak usah dicentang. Jika sudah, klik “OK” untuk melanjutkan.

7. Kemudian pilih bahasa yang diinginkan, disarankan untuk menggunakan bahasa indonesia, supaya mudah dipahami. Klik “OK” jika sudah memilih bahasa.

8. Selanjutnya anda diberikan beberapa perjanjian, anda bisa baca terlebih dahulu. Jika sudah, pilih “Setuju”, lalu klik “OK”.

Cara Instal Driver Printer Epson L310 Tanpa CD 4

9. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi berhasil. Jika sudah berhasil akan ada pemberitahuan, bahawa penginstalan driver sudah sukses dan berhasil.

10. Proses instalasi sudah selesai, sekarang printer dan komputer sudah terhubung. Anda sudah bisa melakukan pencetakan dokumen.

 

Cara Mencetak Dokumen

Anda sudah berhasil mengikuti langkah – langkah cara instal printer Epson L310 Tanpa CD di atas. Sekarang anda sudah bisa melakukan pencetakan dokumen yang ingin dicetak. Mungkin sebagian orang awam akan menanyakan bagaimana cara mencetak dokumen dengan menggunakan printer epson L310? dalam artikel ini juga akan dijelaskan cara cetaknya. Berikut ini langkah – langkahnya :

1. Dipastikan untuk printer sudah terhubung dengan komputer atau laptop anda.

2. Masukan kertas dengan ukuran yang diinginkan pada sheet kertas bagian belakang.

3. Buka dokumen yang ingin anda cetak, berupa word, excel, pdf, powerpoint, dan dokumen lainnya.

4. Biasanya menu print terdapat pada menu file kemudian “Print”. Untuk lebih mudahnya, anda klik pada keyboard Ctrl+P untuk print, dengan menekan tombol shortcut tersebut anda akan langsung menuju jendela area print.

5. Pada tampilan area print anda bisa lihat dokumen yang akan dicetak dan berapa jumlah halaman yang akan tercetak. Jika ingin memulai print Klik Icon “Print” pada bagian kiri atas.

6. Anda juga bisa hanya mencetak salah satu atau beberapa halaman saja, dengan ubah pada “Print All Page” menjadi “Custom Print”. Isi pada kolom “Pages”, untuk memilih halaman mana saja yang mau dicetak, gunakan tanda koma (,). Misalnya anda ingin cetak halaman 1 & 3 saja, maka ketik 1,3 pada kolom pages. Jika anda ingin mencetak rentang halaman, gunakan tanda strip (-), misal dari halaman 6 sampai dengan halaman 10, maka ketik 6-10.

7. Ketika anda mencetak untuk pertama kalinya di Epson L310, akan muncul jendela informasi. Jendela ini menampilkan penawaran update, promosi. Centang pada “Jangan tampilkan pesan ini lagi” untuk mencegah jendela ini muncul nantinya. Klik “Setuju” jika anda ingin penawaran tersebut, klik “Tolak” untuk menolak penawaran.

8. Setelah itu printer akan melakukan proses pencetakan dokumen. Akan muncul notifikasi progres cetak pada bagian kanan bawah layar. Jangan klik “X”, cukup diminimize (-) saja. Karena jika diclose akan memberhentikan proses mencetak.

9. Jika proses cetak sudah selesai, notifikasi tadi akan menghilang dengan sendirinya.

Cara Instal Driver Printer Epson L310 Tanpa CD 5

Baca Juga :

Kesimpulan

Printer bisa bekerja dan terhubung dengan komputer atau laptop yaitu harus adanya driver yang bekerja dan menghubungkan dengan sistem operasi. Driver biasanya bisa disediakan oleh para pembuat, entah itu berupa CD ataupun bisa akses dan download melalui web online.

Tujuan dari panduan Cara Instal Driver Printer Epson L310 Tanpa CD ini adalah untuk membantu para pengguna awam. Walaupun saat pertama membeli printer Epson L310 ini, terdapat buku manual yang bisa anda ikuti. Tetapi, dalam buku manual tersebut tidak dijelaskan secara terperinci. Dengan adanya panduan ini, bisa memudahkan dalam mengoperasikan printer tanpa kendala.

Itulah cara instal printer epson L310 pada laptop, semoga dapat bermanfaat dan juga memudahkan anda.

Leave a Reply