Cara Instal dan Main Minecraft di Laptop Gratis Terbaru

Cara instal minecraft di laptop – Apakah anda tahu game minecraft? game ini merupakan permainan klasik yang paling digandrungi oleh para anak muda maupun orang dewasa. pernah menjadi game nomor satu di dunia dalam beberapa waktu, sudah tidak dipungkiri lagi bahwa game ini banyak dimainkan pada semua kalangan. Walaupun permainan ini terlihat simpel hanya kotak-kotak, tapi anda bisa membuat kreasi dan imajinasi tak terbatas. Bahkan minecraft bisa mengisi kekosongan anda dengan memainkan survival mode atau hardcore mode nya, dijamin seru dan tidak membosankan.

terdapat beberapa platform untuk memainkan game minecraft ini, adapun versi smartphone atau minecraft PE, minecraft Bedrock, dan juga minecraft java edition yang biasa dimainkan untuk user laptop. kali ini akan dijelaskan bagaimana cara instal game minecraft pada laptop atau pc? dan akan dijelaskan juga cara untuk memulai permainannya.

 

Cara Instal Minecraft Java Edition di Laptop

minecraft untuk pc atau laptop terdapat 2 versi yaitu bedrock edition dan java edition. perbedaannya, Minecraft Bedrock Edition dibuat menggunakan bahasa C++, sedangkan Java Edition dibuat menggunakan Java. pada kesempatan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menginstal minecraft versi java edition di laptop. berikut ini adalah caranya :

 

Download Launcher Minecraft

1. langkah pertama yaitu kunjungi website Tlauncher. Tlauncher adalah salah satu dari berbagai minecraft launcher yang ada di internet, dalam tutorial ini kami merekomendasikan Tlauncher karena fungsi dan berbagai fitur yang sangat berguna untuk membantu anda seperti mods, skin, texturepack dan yang lainnya.

2. pada tampilan awal website, klik pada Download TL. terdapat beberapa pilihan platform OS yang bisa anda pilih. pilih icon windows jika laptop anda menggunakan sistem operasi windows.

Cara instal minecraft di pc

3. Setelah klik salah satu icon, aplikasi akan terunduh. Tunggu proses unduh atau download aplikasi Tlauncher selesai.

4. Jika proses unduh sudah selesai, buka aplikasi untuk melakukan instalasi.

 

Baca Juga : Cara Bermain Mode Survival di Minecraft, Dijamin Seru!

 

Melakukan Instalasi Tlauncher

1. Setelah anda mendownload Tlauncher, buka aplikasinya, biasanya terdapat pada folder download di laptop anda. tekan dua kali pada aplikasi, kemudian tekan Yes.

2. Selanjutnya akan muncul jendela instalasi, tekan Continue untuk melanjutkan

3. Akan muncul jendela berikutnya yaitu License Agreement, Pilih pada “I Accept the terms of the license agreement”, kemudian tekan Continue untuk melanjutkan, tekan Continue kembali untuk melanjutkan

4. Jangan centang “A Clean Instalation” jika anda baru pertama kali melakukan instalasi Tlauncher, langsung saja tekan Continue untuk melanjutkan, maka proses instalasi akan dimulai.

5. Langkah terakhir, jika di laptop anda belum terinstal JAVA, akan terdapat pilihan untuk melakukan instalasi JAVA. Karena untuk menjalankan aplikasi Tlauncher, laptop anda harus terinstal JAVA. Centang pada “Donwload and Install Java“, jangan lupa untuk tidak mematikan jaringan internet. Tekan Continue untuk melakukan download dan juga instalasi java.

6. Akan muncul jendela informasi, tekan Install untuk melanjutkan proses instalasi Java pada laptop anda.

7. Tunggu hingga proses download dan instalasi Java selesai.

7. Proses intalasi Tlauncher dan juga Java sudah selesai.

 

Download Game Minecraft di Aplikasi TLauncher

1. Pertama, buka aplikasi TLauncher yang sudah anda instal sebelumnya. Dipastikan untuk jaringan internet hidup. Tunggu beberapa saat, TLauncher akan melakukan loading saat baru pertama kali dibuka.

2. Setelah beberapa saat, akan muncul jendela aplikasi TLauncher. Masukin nama anda pada kolom username, sebagai contoh diisi dengan Kupandu. Pada kolom Version, pilih versi yang paling terbaru “Latest Release“, disini untuk yang paling terbaru yaitu versi 1.17.1. Kemudian tekan tombol “Install” untuk memulai download game minecraft versi terbaru.

Sebagai catatan, jika anda ingin minecraft selalu update ke cersi yang paling terbaru, centang pada “Force Update“, ini berarti TLauncher akan secara otomatis memperbarui versi minecraft keluaran terbaru.

Cara instal minecraft di laptop

3. Tunggu hingga proses download selesai 100%, cepat lambatnya proses download ini tergantung dari kecepatan internet yang anda pakai.

4. Jika proses Download sudah selesai, tekan tombol “Enter The Game“, tunggu beberapa saat hingga intro game dimulai.

5. Game Minecraft yang anda download tadi sudah bisa dimainkan.

Cara instal minecraft di komputer

 

Pada saat baru memulai permainan, tampilan jendela masih berukuran kecil dan tidak full memenuhi layar laptop anda. Jika ingin diubah ukuran jendela permainannya menjadi full screen ikuti cara berikut

1. Pilih dan tekan pada menu “Options

2. Kemudian tekan “Video Setting

3. Ubah pada “Fullscreen : OFF” menjadi “Fullscreen : ON” dengan cara menekan tombolnya.

4. Sekarang tampilan permainannya sudah menjadi Fullscreen, memenuhi jendela laptop anda.

 

Baca Juga :

 

Cara Mulai Memainkan Game Minecraft

Pada jendela awal, anda akan disuruh pilih untuk jenis permainan apa yang akan anda mainkan yaitu Single Player, Multi Player, dan Minecraft Realm. Untuk memainkan game ini secara offline, anda pilih yang Single Player.

untuk membuat dunia baru, anda harus ikuti cara berikut ini

1. Buat nama Dunia baru anda, isikan pada “World Name”, ubah “New World” menjadi nama dunia yang anda inginkan. Sebagai contoh disini akan diberi nama “Kupandu

Cara instal minecraft

2. Terdapat 3 game mode yang bisa anda mainkan, yaitu Creative, Survival, dan Hardcore. Berikut ini perbedaan dari ketiganya

Creative, Dalam mode ini anda memiliki semua sumber daya dan semua item yang ada. anda juga tidak bisa mati dalam mode ini, dan untuk poin dalam game diberikan secara tak terhingga. Uniknya dalam mode creative ini, anda mempunyai kemampuan untuk terbang, dan musuh-musuh seperti zombie tidak bisa menyerang anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan kreatifitas dan imajinasi pembuatan berbagai macam bentuk dalam mode creative ini.

Survival, mode survival ini mengharuskan anda melakukan permainan bertahan hidup dengan sumber daya yang harus anda cari sendiri, seperti makan, barang-barang, dan juga tempat tinggal. Pada mode ini juga anda harus melawan musuh pada malam hari, seperti zombie, skeleton, dan musuh-musuh lainnya. Anda bisa kehabisan nyawa ketika anda lapar dan diserang oleh para musuh. Jika anda mati dalam game mode ini, barang-barang yang sudah anda dapatkan bisa hilang, dan kembali respawn atau hidup kembali di tempat saat anda pertama kali masuk dalam game.

Hardcore, pada mode ini hampir sama seperti mode survival, hanya saja jika anda mati tidak bisa respawn atau kembali dalam game. karena hanya akan diberikan 1 kali nyawa untuk bertahan hidup.

Nah, setelah anda mengetahui perbedaan mode-mode yang ada. sekarang anda bisa menentukan pilihan mode mana yang ingin anda mainkan. bisa dipilih dengan menakan tombol game mode.

3. Jika sudah membuat nama dunia baru dan memilih game mode, kemudian anda bisa tekan “Create New World”, tunggu beberapa saat hinggal loading selesai.

4. Enjoy!, anda sudah bisa memainkan game minecraft ini di laptop anda.

Cara instal minecraft di laptop anda

 

Kesimpulan

Nah, itulah panduan Cara instal minecraft di laptop, mudah bukan. Mungkin ada berbagai macam cara untuk melakuakan instalasi minecraft ini. karena terdapat beberapa launcher-launcher yang tersebar di internet. kami merekomendasikan menggunakan TLauncher karena sifatnya yang gratis dan mudah untuk proses instalasinya.

Anda juga bisa melakukan beberapa tambahan seperti skin, texture pack, dan berbagai macam mods yang bisa anda unduh di internet. dengan fleksibilitas yang diberikan oleh game minecraft ini, kamu bisa berkreatifitas secara tak terbatas, sehingga untuk memiankannya tidak ada kata bosan. Sekian panduan cara instal minecraft di laptop dengan gratis dan juga mudah, jangan lupa share dan juga beritahu kepada teman-teman anda.

Leave a Reply