Cara Lacak Smartphone Hilang Menggunakan Google Find My Device

Pada jaman serba canggih seperti sekarang, memiliki smartphone sudah seperti sebuah kewajiban untuk membantu berbagai kebutuhan manusia. Namun bagaimana jadinya jika smartphone kesayangan hilang dari genggaman? Jangan terburu buru panik, karena anda masih memiliki harapan dengan mengandalkan aplikasi Google Find My Device. Bagaimana cara lacak smartphone hilang menggunkannya Google Find My Device ? Simak ulasan berikut.

 

Tutorial Cara Lacak Smartphone Yang Hilang

1. Memastikan Aplikasi Telah Aktif

Menemukan smartphone yang hilang tidaklah sulit seperti yang diperkirakan. Dengan mengandalkan aplikasi canggih ini, dijamin anda akan mendapatkan informasi dimana lokasi smartphone terkini. Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki dua perangkat sekaligus, silahkan meminta bantuan dari kerabat maupun keluarga terdekat untuk mengunduh aplikasi canggih satu ini yaitu Google Find My Device dan mulai misi pencarianya.

Aplikasi canggih ini memang membantu anda untuk menemukan smartphone yang hilang, asalkan jika memenuhi beberapa syarat tertentu sebagai persiapannya. Syarat tersebut mengharuskan smartphone dalam kondisi aktif, layanan GPS aktif, login ke dalam akun Google, terhubung dengan mobil data maupun jaringan WiFi, terlihat di Google Play, dan yang terpenting adalah adalah aktifnya layanan Google Find My Device.

Apabila semua syarat tersebut telah terpenuhi, barulah aplikasi dapat melacak keberadaan smartphone yang hilang tersebut. Pada tahap ini, dimohon untuk mengingat kembali apakah fitur aplikasi satu ini telah diaktifkan atau belum. Sebab misi pencaraian akan berakhir sia sia jika memang smartphone belum mengaktifkannya.

Bagaimana jika anda tidak bisa mengingatnya dengan baik ? Tak perlu gusar, lantaran anda bisa mengeceknya lewat fitur setting yang ada pada smartphone. Sesudah masuk ke setting, silahkan pilih opsi security untuk menemukan opsi Find My Device.

Jika memang smartphone tidak dilengkapi dengan fitur tersebut, anda masih bisa mencoba mengeceknya lewat Security Location ataupun di Google dan masuk ke menu security.

Ketika sudah menemukannya, pastikan jika toggle telah aktif dan siap digunakan sebagai salah satu syarat pencarian. Sesudahnya, barulah login ke akun Google pada smartphone yang hilang. Apabila memiliki lebih dari satu smartphone dan menggunakan satu akun Google, maka pilihlah smartphone yang hilang pada daftar di bagian atas.

Baca Juga : 9 Aplikasi Android Terbaik 2020 Yang Wajib Install Di Smartphone

 

2. Temukan Lokasi Smartphone Berada

Setelah semua persiapan telah siap, langkah selanjutnya untuk melacak hp yang hilang adalah menunggu notifikasi, beberapa saat kemudian smartphone yang hilang akan mendapatkan notifikasi. Pada Google Find My Device terlihat sebuah peta yang menunjukkan dimana posisi smartphone saat itu juga.

Sayangnya lokasi yang ditunjukkan hanyalah perkiraan, sehingga kemungkinan akurasinya cukup kecil. Sedangkan smartphone yang tidak dapat ditemukan, nantinya akan mendapatkan informasi dimana lokasi terakhir berada.

 

3. Mengamankan Smartphone

Saat smartphone berhasil dilacak, segera lakukan tindakan lanjutan untuk mengetahui dimana posisi pastinya. Untuk bisa melakukannya, silahkan pilih opsi Play Sound agar smartphone mengeluarkan suara dengan volume yang cukup kencang.

Suara tersebut akan terus berbunyi selama 5 menit lamanya, meski smartphone dalam kondisi getar ataupun diam. Jika memang tida terlalu dari jangkauan anda, tentunya suara nyaring tersebut dapat terdengar.

Jangan merayakannya telalu dini, karena anda perlu mengamankan data yang tersimpan di dalamnya. Proses pengamanan bisa dilakukan dengan klik Enable Lock & Erase pada situs Google Find My Device lalu pilih opsi Lock ataupun Erase.

Jika opsi ini dipilih, maka smartphone akan terkunci otomatis. Namun anda masih bisa menambahkan pesan ataupun nomer telephone yang bisa dihubungi, untuk memudahkan orang lain mengembalikannya.

Baca Juga : 

 

Itulah cara lacak smartphone hilang dengan menggunakan aplikasi Google Find My Device. Sebagai salah satu alat yang begitu menyatu dengan kehidupan sehari hari, akan terasa menyakitkan jika secara mendadak smartphone tidak dapat ditemukan kembali. Bukan hanya kehilangan alat canggih semata, sebab tak jarang smartphone dijadikan tempat penyimpanan berbagai data penting yang tidak boleh diketahui orang lain. Daripada pasrah dan panik, tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini untuk memulai pelacakan.

Leave a Reply