Cara Membuat Foto 4×6 di Photoshop Background Merah dan Biru

Pas foto merupakan salah satu syarat penting untuk membuat beberapa dokumen dan surat, seperti membuat SIM, KTP, SKCK, berkas lamaran pekerjaan pun memerlukan pas foto. Terdapat 2 background warna untuk pasfoto yaitu, merah dan biru.

Terdapat 3 ukuran pas foto yang sesuai standar untuk persyaratan, ada ukuran 2×3, 3×4, dan juga 4×6. Nah, ukuran – ukuran pas foto ini yang biasa ditanyakan ketika ingin membuat dokumen.

Untuk membuat pas foto ini anda bisa memanfaatkan aplikasi editing foto seperti picsart, coreldraw, photoshop dan aplikasi edit foto yang lainnya. Anda bisa membuat menggunakan Handphone, laptop, ataupun komputer.

Dalam artikel panduan kali ini akan diberikan bagaimana cara buat foto 4×6 di photoshop, Perhatikan dan simak langkah – langkah membuatnya di bawah ini.

 

Cara membuat foto 4×6 di photoshop

Photoshop adalah salah satu aplikasi atau software editing foto yang paling banyak digunakan saat ini. Dari segi fungsi yang banyak, dan juga fitur-fitur yang mempuni, membuat banyak orang nyaman menggunakan photoshop untuk mengedit foto.

Dari sekian banyak fungsi yang ada, pada aplikasi photoshop anda juga bisa membuat pas foto dengan berbagai ukuran, 2×3, 3×4, dan 4×6. Untuk pengaturan warna backgroundnya pun banyak, tapi warna merah dan biru adalah standar digunakan untuk pas foto.

lalu bagaimana cara buat pas foto di photoshop? mudah saja, di bawah ini akan diberikan cara buat pas foto ukuran 4×6 di photoshop. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

 

Lakukan Penginstalan Photoshop

Sebelum melanjutkan kelangkah pertama, pada laptop atau komputer anda harus sudah terinstal aplikasi photoshop. Anda bisa mendownloadnya langsung melalu website adobe atau website downloader lainnya. Jika laptop atau komputer anda sudah terinstal aplikasi photoshop, anda bisa mengukti langkah – langkah berikut

 

Membuat Dokumen Baru di Photoshop

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah dokumen baru pada photoshop dengan ukuran 4×6 centimeter, berikut caranya :

1. Buka aplikasi photoshop pada laptop atau komputer anda. Tunggu beberapa saat hingga jendela aplikasi terbuka.

2. Buat Dokumen baru, dengan menekan tombol “Create New…”, atau anda bisa pilih di menu File kemudian pilih “New”. Jika ingin mempermudah dan cepat, anda bisa tekan tombol kombinasi keyboard yaitu “Ctrl+N”.

Cara Membuat Foto 4x6 di Photoshop 

3. Selanjutnya, pada Jendela “New Document”, Beri nama Dokumen. Buat ukuran Dokumen yang ingin dibuat yaitu Width 4 Centimeter, dan Height 6 Centimeter. Masukan angka pada Resolusi yaitu 300 pixels/inch.

4. Pada Color Mode, pilih RGB Color, untuk parameternya 8 bit.

5. Ubah warna background menjadi merah, dengan cara tekan pada kotak berwarna putih, kemudian ubah warna menjadi merah. Ini akan membuat background pada dokumen yang akan kita buat menjadi warna merah. Jika ingin pas foto dengan background biru, hanya ubah saja warna tadi menjadi biru.

Cara Membuat Foto 4x6 di Photoshop

6. Jika semua sudah terisi dengan benar, maka selanjutnya tekan tombol Creat atau bisa langsung tekan tombol Enter pada keyboard, untuk membuat Dokumen.

7. Lembaran Dokumen berhasil dibuat dengan ukuran lebar 4 centimeter dan tinggi 6 centimeter. Nah, jika anda ingin membuat pas foto 2×3 atau 3×4, hanya ubah saja pada parameter ukuran Dokumen, diganti dengan ukuran yang ingin dibuat.

Cara Membuat Foto 4x6 di Photoshop

Baca Juga : Cara Zoom di Photoshop Dengan Cepat Untuk Pemula

Menghilangkan Background Foto

Sebelum memasukan foto kedalam dokumen yang sebelumnya anda buat, hilangkan dahulu background foto yang akan anda buat pas foto. Supaya mudah dalam membuat background berwarna. Dalam photoshop sebenarnya anda bisa menghilangkan background secara manual dengan menggunakan pen tool, tetapi terdapat cara yang lebih mudah yaitu sebagai berikut :

1. Buka website penghapus background foto, dalam panduan ini akan menggunakan website Remove.bg karena prosesnya yang sangat mudah.

2. Setelah website Remove.bg terbuka, tekan tombol “Upload Image”.

3. Pilih foto yang ingin dihilangkan backgroundnya, lalu tekan “Open”.

4. Tunggu beberapa saat, Jika background foto sudah berhasil terhapus, kemudian tekan “Download”, untuk mengunduh foto kedalam folder komputer atau laptop anda.

Cara Membuat Foto 4x6 di Photoshop

5. Sekarang foto anda sudah memiliki background transparan.

 

Memasukan Foto Pada Lembar Dokumen

Setelah anda menghapus background pada foto, foto sudah siap dimasukan pada dokumen baru yang sebelumnya sudah anda buat.

1. Pilih foto yang sudah anda hapus background sebelumnya.

2. Drag dan drop foto kedalam dokumen yang sebelumnya sudah anda buat. Anda juga bisa memasukan foto dengan cara pilih menu File – Place Embedded, kemudian cari foto lalu tekan “Place” atau tekan Enter pada keyboard.

3. Selanjutnya, jika foto sudah ada, Resize foto dengan cara tarik salah satu titik pada sisi kotak foto, hingga foto proposional dengan ukuran dokumen.

Cara Membuat Foto 4x6 di Photoshop

4. Tekan icon centang yang ada pada toolbar atas, jika foto sudah pas dengan ukuran dokumen.

5. Pasfoto 4×6 yang anda buat sudah jadi.

 

Menyimpan Foto kedalam folder

Tahap terakhir yang harus anda lakukan adalah menyimpan pas foto 4×6 yang sudah anda buat kedalam folder yang diinginkan. Sebagai catatan, foto yang tersimpan sesuai dengan ukuran asli yang anda buat yaitu 4×6 centimeter.

1. Langkah pertama anda pilih menu File – Save pada bagian pojok atas kiri, Anda juga bisa menggunakan tombol kombinasi keyboard Ctrl+S untuk mempermudah.

2. Kemudian akan terbuka jendela baru, pilih folder dimana foto akan disimpan.

3. Pada “File Name”, Berikan nama foto yang anda inginkan.

4. Pada “Save as Type”, anda ubah format menjadi PNG atau JPEG, sesuai keinginan.

5. Jika sudah, lalu tekan tombol save, untuk menyimpan foto atau bisa langsung tekan enter pada keyboard.

Cara Membuat Foto 4x6 di Photoshop

6. Jika anda menyimpan foto dengan format JPEG, setelah menekan save, akan keluar Option atau pilihan. Anda bisa memilih kualitas foto yang akan disimpan. Untuk standarnya bisa anda lihat pada gambar di bawah. Jika sudah tekan tombol “OK”. Maka foto akan tersimpan.

7. Jika anda menyimpan foto dengan format PNG, setelah menekan save, akan keluar Option atau pilihan. Pada File Size, anda pilih yang Large file size (Fastest saving), jika sudah tekan tombol “OK”. Maka foto akan tersimpan.

 

Baca Juga : 

 

Kesimpulan

Pada aplikasi photoshop, anda bisa mengedit foto dengan ukuran yang diinginkan. Memang bagi orang awam, aplikasi photoshop ini sedikit sulit untuk dipahami karena banyaknya fitur-fitur yang menbingungkan. Tetapi jika anda sering menggunakan dan mengikuti panduan-panduan seperti di atas, pasti akan terbiasa.

Panduan cara membuat foto 4×6 di photoshop ini untuk mempermudah anda dalam membuat pas foto sendiri, karena biasanya jika menggunakan jasa orang lain akan dikenakan tarif pengeditan. Dengan adanya panduan ini, anda bisa membantu yang lain dan bahkan bisa menghasilkan uang dari jasa pembuatan pas foto ini.

Sekian panduan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Terimakasih.

Leave a Reply