Cara Membuat HP Menjadi Modem 100% Berhasil

Cara Membuat HP Menjadi Modem – Sebelum banyaknya pengguna HP android seperti sekarang ini, Komputer atau laptop menjadi pilihan utama untuk menjelajahi dunia internet, bersosialisasi di medsos, dan aktifitas online lainnya. Saat ini untuk penggunaan internet sudah cukup mudah dengan adanya smartphone canggih.

Jika dibandingkan dengan smartphone, penggunaan internet pada komputer atau laptop masih tergolong ribet. Untuk penginstalan dan penggunaan internetnya pun memerlukan hardware lain seperti kabel lan, router, ataupun modem. Tentu saja memerlukan biaya untuk penyediaan hardware nya dan tentu saja kuota internetnya.

Dengan adanya HP android, para pengguna komputer atau laptop lebih cenderung menggunakan gadget pintar ini karena kemudahan pemakaiannya.

 

Cara Membuat HP Menjadi Modem

Nah, untuk mencegah hal-hal ribet dalam penggunaan internet di komputer tersebut terdapat cara mudahnya. Sebagai pengganti router ataupun modem, HP android juga bisa membuat komputer anda terhubung internet secara cepat dan mudah, ini membuat penggunaan internet secara instan untuk komputer anda. Berikut ini adalah cara hp menjadi modem.

 

Menggunakan Tethering USB (Kabel data)

Pada saat anda pertama kali instal ulang sebuah komputer, biasanya driver-driver yang terinstal tidaklah lengkap. Ini membuat komputer anda tidak bisa menggunakan internet melalui hotspot ataupun wi-fi, karena untuk driver network belum ada.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah tersebut, anda cukup menyediakan sebuah modem dan simcard beserta kuota internetnya. Tapi untuk pemakaian modem masih tergolong ribet, karena untuk melakukan koneksi internetnya anda harus menginstal dahulu software modemnya, dan menyediakan simcard.

Adapun cara yang lebih mudah dan praktis dengan menggunakan bantuan fitur yang ada di Hp android, yaitu Tethering USB. ini memungkin anda membuat HP android seolah-olah menjadi seperti modem. untuk alat yang dibutuhkannya pun hanya HP anda dan sebuah kabel usb atau kable data.

Berikut ini cara membuat HP android anda seolah-olah menjadi seperti modem :

1. masuakan Kabel data kedalam port USB Hp dan port USB komputer. Pastikan HP sudah terdeteksi oleh komputer anda.

2. Pergi ke pengaturan yang ada hi HP andoid anda. Cari pada menu lainnya atau other, maka akan ada tombol untuk mengaktifkan Tethering USB. Jika tidak ditemukan tempat dimana Tethering USB ini, anda cukup lakukan pencarian pada kolom cari dan ketik Tethering USB.

Cara Membuat HP Menjadi Modem

 

3. Aktifkan Tethering USB dengan cara menekan tombol aktif

4. Komputer akan secara otomatis membaca HP anda dan menjadikannya sebagai parangkat penyedia internet.

 

Menggunakan Hotspot Portable

Cara yang paling mudah untuk membuat komputer anda langsung terhubung internet adalah menggunakan hotspot portable. Fitur ini tersedia untuk semua merk dan jenis smartphone. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan hotspot portable di komputer anda

1. Aktifkan Hotspot Portable di smartphone anda, ada beberapa cara untuk mengaktifkannya.

2. Anda bisa aktifkan secara langsung dimenu notifikasi bagian atas, biasanya terdapat pintasan atau tombol dengan nama Hotspot. Tekan tombol hotspot. maka hotspot di HP android anda sudah siap digunakan.

Cara Membuat HP Menjadi Modem

 

3. Adapun cara lain jika cara kedua tidak bisa atau tidak ada tombol hotspot. Buka menu setting atau pengaturan. Pilih pada menu Hotspot Portable. Akan muncul tampilan pengaturan hotspot. Aktifkan Hotspot dengan cara tekan switch on off.

 

4. Anda bisa merubah nama hotspot di hp andorid sesuai dengan keinginan

5. Disini anda juga bisa mengatur keamanan untuk hotspot yang akan anda bagikan, seperti Password keamanan supaya hotspot tidak sembarang digunakan. Anda juga bisa mengatur limit hotspotnya, berupa limit penggunanya atau limit kuota yang dipakai.

6. Pada komputer yang ingin diaktifkan hotspotnya, buka pada bagian network atau wi-fi. Cari nama akun hotspot yang sudah anda aktifkan sebelumnya di Hp android.

7. Tekan Connect untuk memulai pemakaian internet. Masukan password jika hotspot yang dibagikan sudah diatur keamanannya.

8. Komputer anda sudah siap digunakan untuk menjelajahi internet dengan cepat dan tanpa ribet kabel ataupun rusaknya hardware.

 

Menggunakan Tethering Bluetooth

Untuk Tethering Bluetooth ini hampir sama seperti kita menyalakan Hotspot, bedanya hanya menggunakan fitur bluetooth. Selain untuk mengirimkan sebuah data, Bluetooth juga bisa dimanfaatkan sebagai penghubung internet antara Hp android anda dengan komputer.

Tetapi untuk opsi ini hanya bisa dilakukan jika komputer yang anda miliki sudah ada fitur Bluetooth nya. Berikut ini caranya mengakifkan Tethering Bluetooth :

1. Buka setting atau pengaturan Hp Android anda, kemudian pilih Hotspot & Tethering atau bisa dengan memilih menu lainnya. Akan muncul tampilan Tethering. Biasanya ditampilan tersebut terdapat Tethering USB dan Tethering Bluetooth.

Cara Membuat HP Menjadi Modem

 

2. Aktifkan Tethering Bluetooth dengan cara menekan tombol aktif.

3. Sebelumnya Bluetooth pada Hp android dan komputer anda sudah terhubung atau sudah di pair.

3. Untuk mengkoneksikan ke komputer, anda perlu masuk ke menu Device and Printers. Dengan cara buka pengaturan pada komputer dan cari Device and Printers. Bisa juga anda menggunakan kolom pencarian.

4. Pada tampilan Device and Printers, akan muncul device nama bluetooth Hp android anda. tekan satu kali pada device tersebut.

Cara Membuat HP Menjadi Modem

 

5. Pada menu bagian atas tekan Connect Using dan pilih Access Point. Maka otomatis internet akan terhubung antara HP dan komputer anda.

 

Baca Juga : Cara Download Video Instagram Dengan Mudah

 

Nah, itulah panduan bagaiamana cara membuat HP menjadi modem. Gunakanlah fitur-fitur Smartphone yang ada. Dengan fitur tersebut anda sebagai pengguna diberikan kemudahan untuk menggunakannya. Semoga bermanfaat

Leave a Reply