Cara Mempercepat Koneksi Wifi Jadi Kebut 100%

Cara mempercepat koneksi wifi – Kebutuhan akan mendapatkan informasi cepat, membuat anda harus terus update dengan perkembangan dunia. Namun bagaimana jadinya bila, koneksi wifi yang lambat menghambatmu berselancar bebas di dunia maya ?  Kondisi ini tentu saja menjengkelkan, terutama ketika dalam kondisi genting. Sebelum mengeluhkan kondisi tersebut, anda harus mengetahui penyebab terjadinya koneksi buruk pada wifi anda. Berikut ini adalah cara untuk mempercepat koneksi wifi.

 

Penentuan Masalah Koneksi Wifi

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Melihat koneksi wifi yang tak kunjung stabil dan cenderung melambat, sungguh menjengkelkan ketika anda dituntut untuk mengerjakan tugas sekaligus. Ada berbagai alasan, mengapa wifi yang digunakan melambat dari yang seharusnya. Adanya masalah pada router wifi maupun internetnya sendiri, bisa menjadi faktor penyebab koneksi terus melambat dan menghilang dari jangkauan.

Tidak mudah untuk menentukan adanya masalah tepat, ketika ingin mengatasinya. Namun bukan tidak mungkin, untuk memperbaiki wifi lambat dengan usaha sendiri. Namun perbaikan tersebut tidak boleh sembarang dilakukan, agar tidak ada kesalahan dalam perbaikannya. Ada baiknya simak ulasan berikut, sebagai langkah identifikasi dan penyelesaian masalah wifi melambat.

 

Langkah Identifikasi Masalah

Sebelum memperbaiki wifi lambat, anda perlu mengidentifikasi terlebih dahulu sumber permasalahan. Tanpa mengetahui sumber masalah, anda tidak bisa mengambil langkah perbaikan begitu saja. Untuk mengetahui penyebabnya, silahkan menggunakan kabel ethernet. Kabel tersebut pada umumnya telah disertakan bersamaan dengan router. Kemungkinan besar  anda tidak perlu membelinya, sehingga tidak perlu mnegeluarkan dana lebih.

Kabel ethernet ternyata mampu memperbaiki kecepatan koneksi wifi yang tersendat. Sebab kabel tersebut berfungsi menghubungkan router menuju PC, tanpa adanya ketergantungan dengan sinyal wifi saat itu. Apabila koneksi mulai membaik ketika menggunakan kabel ethernet, ada kemungkinan wifi yang mengalami kerusakan. Sedangkan bila jaringan koneksi masih lambat, kemungkinan disebabkan oleh internet ataupun keduanya.

 

Baca Juga : Pengertian Modem, Fungsi, dan Jenisnya

 

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Yang Buruk

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Perlu diingat bahwa, adanya masalah pada jaringan koneksi wifi bisa terjadi dari faktor internal dan eksternal. Jika dilihat dari sisi masalah eksternal, mungkin saja terdapat gangguan yang menyebabkan sinyal terhenti untuk sampai pada perangkat anda. Akibat gangguan tersebut, jaringan tidak mampu menggapai koneksi dengan benar yang mengakibatkan koneksi menjadi lamban.

 

Letakkan Router dengan benar

Faktor penyebabnya bisa saja terjadi karena dinding, benda tertentu, ataupun perangkat elektronik lain. Jika memang kondisi ekternal yang tidak memadai, anda harus mengurangi gangguan tersebut. Disarankan untuk meletakkan router lebih tinggi, agar distribusi sinyal meluas dan tepat. Anda juga pasti pernah melihat router yang terpasang di langit langit hunian, untuk memperbaiki kecepatan koneksi wifi.

Perlunya memastikan tidak ada peralatan listrik di sekitar router seperti kulkas, speaker nirkabel, microwave, pengontrol konsol nirkabel, hingga sistem pemanas elektronik. Semua perangkat elektronik tersebut, seringkali menjadi sumber masalah eksteral wifi melambat. Oleh karenanya, pastikan pemasangan router telah dipikirkan dengan baik agar bekerja maksimal.

Setelah menemukan tempat sempurna untuk meletakkan router, kini saatnya menemukan peta panas pada sinyal wifi. Untuk bisa melakukannya, gunakan aplikasi pihak ketiga yang mampu melakukan hal tersebut. Aplikasi tersebut, biasanya akan memberitahukan sinyal distribusi yang ada di dalam hunian anda. Bahkan dengan kecanggihannya, aplikasi tersebut bisa memberitahukan beberapa titik gangguan dan berbagai tempat dengan sinyal terbaik.

 

Atur Saluran Jaringan

Di setiap area tertentu, sinyal wifi ternyata didistribusikan melalui saluran yang berbeda. Tanpa disadari, semua router yang ada di sekitar anda didistribusikan melalui saluran ini pula. Ketika saluran yang digunakan telah penuh koneksi, tentu saja koneksi jaringan menjadi terganggu. Untuk memperbaiki kecepatan koneksi wifi kembali, silahkan pindah menuju saluran lain yang dirasa tidak terlalu ramai.

 

Ubah Router ke Mode Hemat Daya Listrik

Dari beberapa jenis router yang dijajakan, ternyata terpasang opsi fitur bawaan yang berfungsi untuk menghemat daya listrik. Ketika mode ini sedang aktif, maka daya listrik yang diserapnya tidak terlalu banyak seperti biasanya. Namun tahukan anda bila kondisi tersebut juga mempengaruhi kekuatan sinyal wifi ? Yang disayangkan dari kondisi ini, beberapa router ternyata menggunakan mode hemat daya secara default.

Ketika router memiliki default konfigurasi, anda perlu menonaktifkannya sendiri ketika ingin mengganti modenya. Cara mengubah konfigurasi tersebut cukup mudah, yaitu dengan memeriksa bagian pengaturan router terlebih dahulu. Disana terdapat opsi yang serupa dengan eco mode , low power mode, dan transmission power. Dari pengaturan tersebut, anda bisa non aktifkan, dan setel kembali hingga 100%.

 

Restart Modem Router

Ada cara yang terdengar konyol, namun bisa dicoba ketika koneksi wifi mulai tidak stabil. Sebenarnya cara ini telah banyak digunakan oleh orang awam, untuk memperbaiki kecepatan koneksi wifi. Melakukan restart, sebagi cara mendapatkan awal baru sederhana untuk mengembalikan kekuatan koneksi wifi. Matikan router dan modem, lalu tunggulah hingga 30 detik sebelum dinyalakan kembali.

 

Baca Juga : Cara Jitu Mempercepat Download Di Google Chrome

 

Jaringan koneksi buruk, merupakan mimpi buruk yang tidak bisa dihindari bagi pemilik wifi. Berbagai upaya pun dilakukan, agar kekuatan koneksi kembali seperti dahulu. Langkah pertama yang perlu dilakukan, yaitu mengetahui sumber masalah dari buruknya koneksi wifi. Setelah mengetahui penyebabnya, barulah mencari langkah perbaikan tepat, agar wifi bisa tersambungkan kembali ke perangkat anda.

Leave a Reply