Cara Menggunakan Pengelola Memori RAM bawaan Android

Cara Menggunakan Pengelola RAM – Apakah ponsel Anda tampak lebih lambat dari sebelumnya? Situasi ini cenderung memburuk seiring waktu. Namun ada solusi untuk mengatasi masalah ini. Hari ini kita akan melihat cara mengaktifkan pengelola RAM yang terpasang di Android.

Apa Kegunaan Memori RAM pada Smartphone?

Smartphone, seperti kebanyakan perangkat elektronik, memiliki dua jenis memori: RAM dan memori internal. RAM juga disebut memori akses acak, adalah memori volatile yang menawarkan waktu akses sangat cepat dan kecepatan transfer data.

Namun, karena volatilitasnya, ia segera kehilangan semua data yang dicatat segera setelah tidak lagi dipasok dengan listrik. Inilah sebabnya, RAM hanya digunakan untuk penyimpanan data sementara. Ini memungkinkan prosesor untuk lebih cepat mengelola data dari menjalankan aplikasi.

Namun, seiring berjalannya waktu, kadang-kadang memori RAM menjadi benar-benar kelebihan beban, yang mengakibatkan perlambatan total perangkat. Aplikasi kemudian memuat lebih lambat dan menu membutuhkan waktu lebih lama untuk muncul.

Jadi bagaimana Anda menjelaskan fenomena seperti itu? Pembaruan aplikasi dan sistem operasi Android memberi pengguna sejumlah fitur baru dan peningkatan teknis.

Sebagai pengembang aplikasi dan game secara bertahap mereka memperkaya produk dengan antarmuka grafis yang lebih halus. Di sisi lain, versi-versi baru ini membutuhkan lebih banyak sumber daya sistem dan membebani memori RAM smartphone kita.

 

Aktifkan Pengelola RAM Tersembunyi di Android

Jika kinerja ponsel Android Anda tampaknya menurun drastis, Anda harus melihat pada memori RAM. Yang terakhir memainkan peran penting dalam berfungsinya ponsel Anda.

Oleh karena itu perlu untuk memeriksa kapasitasnya dan jika perlu membebaskan sedikit memori dengan menutup beberapa aplikasi. Sayangnya Google telah memutuskan untuk menghapus alat kontrol konsumsi RAM yang muncul dengan Android Marshmallow.

Namun, jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat bahwa pengelola RAM yang dibangun di Android belum dihapus, tetapi hanya disembunyikan di pengaturan sistem lanjutan Google. Untuk mengaktifkannya, Anda harus mulai membuka kunci opsi pengembang.

  1. Buka pengaturan Android
  2. Klik pada bagian Tentang telepon
  3. Temukan baris yang disebut Build number
  4. Klik tujuh kali untuk mengaktifkan opsi pengembang

 

Baca Juga : Apa Itu Root? Inilah Kelemahan Dan Kelebihan

 

Hentikan Aplikasi Rakus Pemakan Memori RAM

Sekarang setelah opsi tersembunyi Android tidak dikunci, kita akan melihat cara meluncurkan pengelola RAM di perangkat Anda. Anda kemudian dapat mengontrol konsumsi berbagai aplikasi yang diinstal pada Android Anda

  1. Kembali ke halaman beranda pengaturan Android
  2. Klik pada bagian Sistem
  3. Ketuk tautan Preferensi Tingkat Lanjut, lalu ketuk Opsi Pengembang
  4. Klik pada tombol Memory

Tabel akan memberi Anda jumlah RAM yang tersedia dalam tiga jam terakhir. Dengan mengklik memori yang digunakan oleh aplikasi, Anda akan dapat mengetahui jumlah RAM yang digunakan oleh berbagai aplikasi Android yang diinstal pada ponsel Anda.

Terserah Anda untuk menemukan aplikasi yang menggunakan sumber daya sistem paling banyak. Kemudian tanyakan pada diri Anda pertanyaan tersebut. Apakah saya benar-benar membutuhkan aplikasi ini? Kemudian hapus instalan aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan.

Perhatikan bahwa jika Anda memiliki lebih dari 30% RAM yang tersedia, kelambatan ponsel Anda tidak dapat berasal dari RAM saja. Sehingga Anda juga harus mencari sumber masalah di program yang lain. Oleh karena itu bisa simak cara mempercepat ponsel Android yang lambat.

Nah demikianlah mengenai cara mengelola memori RAM pada smartphone Android Anda yang bisa dilakukan agar kinerja pada smartphone Android tidak mudah lambat dan membuat kinerja ponsel tidak stabil sehingga menghambat aktivitas Anda di dalam media sosial ataupun lainya.

Leave a Reply