9 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Yang Wajib Pemula Tahu

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, bukanlah tidak mungkin mendapatkan uang dari internet. Untuk mendapatkannya, kamu hanya dituntut untuk terus kreatif dan tentunya peka dengan perkembangan teknologi saat ini. Salah satu platform yang bisa menghasilkan pundi pundi uang jika dimanfaatkan adalah blog. Untuk mengetahui lebih jauh, mari simak cara menghasilkan uang dari blog dalam ulasan berikut.

 

Langkah Mudah Untuk Mendulang Uang dari Blog

1. Menentukan Platform Blog

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Untuk bisa mendapatkan uang dari blog, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya dengan membuat blognya terlebih dahulu. Sayangnya platform blog ini sangatlah banyak pilihan sehingga kamu harus menentukan yang paling tepat.

Platform mulai dari Blogspot, Magneto, WordPress hingga yang lainnya ada beberapa jenis yang akrab digunakan. Sebenarnya untuk Platform Blog ini dibedakan menjadi dua, dan berbeda di fiturnya.

Platform yang pertama merupakan blog publishing services, dimana platform ini untuk mempublikasikan konten konten. Bisa didapatkan secara gratis dan tak perlu menyewa server. Sangat cocok untuk pemula, contohnya seperti Tumbrl.com dan lainnya.

Sementara untuk platform selanjutnya yakni Content Management System yang membutuhkan server dan terbilang lebih mahal. Namun tetap memberikan berbagai fitur yang salah satunya WordPress.org.

 

2. Menentukan Topik dan Juga Target Pembaca

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Cara menghasilkan uang dari blog tentunya tidak bisa didapatkan secara instant. Masih ada beberapa tahap yang harus kamu lakukan, salah satunya adalah menentukan target pembaca kamu. Semakin banyak pembaca, maka kesempatan untuk mendapatkan banyak keuntungan semakin lebar.

Alangkah baiknya jika menentukan topiknya sesuai dengan kemampuan kamu. Selain itu juga bisa mencari tahu artikel seperti apa yang sedang digandrungi.

Baca Juga: Mengenal dan Cara Daftar Google Adsense Pasti Diterima

 

3. Membuat Konten Yang Menarik

Setelah kamu sudah memutuskan untuk topik yang akan kamu ambil, maka kamu sudah harus bersiap untuk membuat konten yang menarik. Mungkin kamu akan menemukan banyak blog yang membahas konten yang serupa.

Namun kamu harus memiliki kemampuan agar bisa mengolah konten menjadi lebih menarik. Konten juga sebaiknya bisa bermanfaat bagi para pembacanya. Hendaknya juga jelas sehingga ada informasi dan solusi bagi pembaca.

 

4. Melakukan Riset Keyword

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Jika kamu ingin setiap konten kamu mendapatkan kunjungan yang berlipat. Maka dalam pembuatan konten, kamu harus mencoba cara menghasilkan uang dari blog satu ini. Dalam setiap artikel ada yang dinamakan dengan kata kunci atau juga disebut keyword.

Keyword ini diambil berdasarkan kata kata yang sering diketikkan oleh pengguna Google. Jika pencariannya semakin banyak, maka semakin besar blog kamu akan dikunjungi oleh pembaca.

Namun keyword yang telalu banyak muncul umumnya akan sedikit sulit untuk segi optimasinya. Untuk itu bagi para pemula sebaiknya menggunakan keyword yang terbilang ringan. Kamu bisa menggunakan beberapa platform yang memang digunakan untuk menilai keyword.

Selain itu juga bisa menggunakan google, kamu bisa memasukkan beberapa kata kunci dan kemudian melihat keyword turunan yang telah disarankan oleh Google.

Baca Juga: Naikkan Trafic, Yuk Intip Cara Riset Keyword Untuk Blog Kamu Disini

 

5. Mempelajari Teknik SEO

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Ketika kamu sudah memahami yang namanya keyword, maka kamu juga harus mempelajari yang namanya SEO atau Search Engine Optimization. Dengan menggunakan teknik SEO ini nantinya artikel pada blog kamu bisa menduduki pada pencarian paling tinggi.

Jika semakin artikel kamu selalu masih dipencarian teratas maka kemungkinan dikunjungi akan semakin lebar. Untuk itulah mengapa kamu perlu mengetahui dan mempelajari SEO.

 

6. Mempromosikan Blog

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Kamu harus tahu jika cara menghasilkan uang dari blog ini bisa diraih jika pengunjung dari blog kamu banyak. Sehingga kamu butuh dan perlu untuk mempromosikan blog yang kamu miliki. Karena memiliki konten berkualitas, belajar SEO dan lainnya tidak akan cukup jika tidak ada pengunjung pada blog kamu. Meskipun sebenarnya SEO akan sangat membantu, tetapi kamu butuh untuk melakukan promosi lainnya agar blog kamu dikenal.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial agar orang orang yang memang sesuai dengan target kamu bisa mengetahui keberadaan blog ini. Mengirim ke Facebook, Instagram, Twitter hingga Forum tentunya bisa kamu lakukan. Guna menghindari bounce rate tinggi, kamu usahakan share pada group atau forum yang memiliki ketertarikan atau minat yang sama dengan yang kamu buat.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Memilih Hosting Yang Tepat Bagi Pemula

 

7. Menjaga Kepercayaan

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Menjaga kepercayaan pembaca dari blog kamu ini bisa kamu lakukan dengan sering mengupdate konten yang kamu miliki. Jangan sampai ketika sudah banyak pembaca di salah satu konten, kamu tidak lagi mengupdatenya.

Jika begitu akan sulit untuk kamu bisa mendapatkan keuntungan dari membuat blog ini. Meskipun selalu update bukan berarti kamu boleh menurunkan kualitas dari konten yang nantinya kamu buat.

 

8. Membeli Domain Hosting

Selanjutnya cara menghasilkan uang dari blog juga bisa kamu lakukan dengan meningkatkan performa dari blog kamu. Salah satunya dengan membeli domain hosting yang memiliki banyak manfaat untuk blog kamu.

Domain sendiri merupakan nama unik agar mudah untuk mengingat alamatnya. Sementara hosting merupakan penyimpanan file serta data website. Jika keduanya dimiliki maka kamu bisa meningkatkan performa agar mudah untuk diakses.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Domain Blog Untuk Blogger, Kamu Wajib Tahu

 

9. Memilih Cara Monetasi

Langkah yang penting selanjutnya adalah dengan memilih cara monetasi yang paling tepat. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk monetasi blog kamu. Salah satu cara yang paling banyak digunakan adalah dengan memasang iklan.

Memasang iklan ini bisa dilakukan dengan mendaftar program Advertising Network atau juga bisa dengan direct advestising atau menawarkan secara langsung pada blog yang kamu miliki.

Advestising Network ini yang paling banyak digunakan adalah google adsense. Dimana penghasilannya akan dihitung setiap kali ada yang mengklik iklan yang ada di blog kamu. Untuk pembayaran ini biasa disebut dengan Pay Per Click. Namun layanan ini tentunya akan bisa dinikmati untuk kamu yang sudah mendaftar pada layanan yang bersangkutan. Sementara untuk monetasi yang lainnya bisa dengan konten placement, affiliasi, jual produk atau jasa.

Konten placement merupakan cara menghasilkan uang dari blog, dimana dalam artikel tersebut kamu membahas suatu layanan atau produk. Dan tujuannya tentunya untuk menjual produk atau jasa agar bisa mencapai pasar yang lebih besar.

Sementara untuk affialisi bekerja dengan merekomendasikan jasa maupun produk pada pengunjung blog kamu. Dalam hal ini kamu bisa melihat Tokopedia, Lazada, Agoda dan lain sebagainya.

Dan jika pengunjung dari blog kamu trafficnya selalu naik, kamu juga bisa melakukan monetasi dengan menjual berbagai produk maupun jasa. Dengan menggunakan teknik softselling nantinya kamu juga bisa meraih keuntungan dengan cara satu ini. Begitu juga dengan jasa yang bisa kamu tawarkan. Penggunaan softselling akan membuat pembaca akan lebih nyaman dan bisa mendapatkan informasi.

Baca Juga: Cara Jitu Daftar Adsense dengan Blog Seadanya

 

Untuk bisa mendapatkan keuntungan dari blog tentunya tidaklah mudah. Kamu harus mencobanya satu per satu dan juga harus tetap gigih. Selalu peka dan mencari informasi serta ilmu baru akan membantu kamu menjadi blogger yang sukses. Mungkin di awal kegiatan blog kamu juga belum langsung bisa menghasilkan cuan. Namun perlahan dengan terus fokus dan gigih pasti akan menuju pada kesuksesan.

Leave a Reply