Tips Jitu Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Selain digunakan menuangkan segala ide dan kreativitas, saat ini blog sudah menjadi wadah untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan banyaknya pengunjung yang mampir ke blog anda. Jika anda baru membuat blog dan bingung bagaimana caranya agar blog ramai pengunjung, anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak berbagai tips dan trik yang bisa anda terapkan untuk menunjang kualitas blog anda. Yuk cari tahu Cara Meningkatkan Pengunjung Blog berikut!

 

Tips dan Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

1. Blogwalking

Ini adalah cara meningkatkan traffic yang sederhana dan sering diterapkan oleh para blogger. Pengertian blogwalking adalah mengunjungi blog-blog lain dengan memberikan komentar pada konten didalam blog tersebut. Berikan komentar menggunakan kalimat yang benar agar komentar anda tidak direport sebagai spam oleh pemilik blog. Bukan hanya meningkatkan pengunjung, tetapi dengan blogwalking anda juga akan mendapatkan pengetahuan dan informasi baru.

Keuntungan lain yang akan anda dapatkan adalah bertambahnya relasi, memunculkan inspirasi baru, membangun dan meningkatkan perkembangan blog dalam search engine dan mendapatkan hal yang dibutuhkan oleh pengunjung seperti keywords, konten, hingga optimasi blog. Kunjungilah blog-blog yang telah sukses dan pelajari bagaimana blog itu meraih kesuksesan.

 

2. Buat Artikel Bermanfaat

Sebagian besar orang yang membuka internet bertujuan untuk mencari informasi. Jika blog anda menyajikan artikel yang berkualitas dan berbobot, maka jangan kaget jika tiba-tiba blog anda ramai pengunjung dan banyak menuai komentar. Tetapi perlu anda ketahui juga, bahwa artikel yang bagus berisi kata kunci atau keyword yang sering dicari oleh orang lain. Ketika anda membuat artikel, pastikan artikel anda memililki niche yang jelas dan bukan campur-campur.

Agar  artikel anda SEO friendly, anda memerlukan artikel panjang yang berjumlah 500 hingga 1000 kata. Cara meningkatkan traffic juga bisa dilakukan dengan membuat artikel yang mendetail agar pengunjung puas dengan informasi yang anda sajikan. Jika anda tidak sempat untuk membuat artikel dan tidak begitu paham dengan teknisnya, maka tidak ada salahnya jika anda membeli artikel pada jasa penulisan artikel.

 

3. Berikan sentuhan desain yang menarik

Desain pada blog yang bagus dan menarik bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di blog anda. Kurangi widget yang tidak terlalu penting agar pengunjung tidak terganggu ketika sedang mengakses blog anda. Untuk tulisan, gunakan font yang jelas agar mudah dibaca sehingga pengunjung tidak merasa jenuh dan malas membaca konten yang telah anda buat.

Jangan khawatir jika anda belum menguasai desain website, saat ini sudah banyak template yang dijual secara online bahkan gratis. Anda bisa memilih tema yang sesuai dengan selera anda. Tema blog yang bagus adalah tema minimalis yang bersih dan lebih menonjolkan konten. Cara meningkatkan traffic salah satunya adalah memilih tema blog dengan desain yang ramah ketika diakses melalui smartphone, karena kebanyakan orang saat ini menggunakan  smartphone untuk mengakses internet.

 

Baca Juga : Cara Membuat HP Menjadi Modem

 

4. Optimasi SEO

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Ini adalah cara yang ampuh untuk mendatangkan pengunjung kedalam blog anda. Optimasi SEO (Search Engine Optimization) berfungsi untuk menempatkan situs pada posisi teratas didalam mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Ketika seseorang mencari informasi di Google, kemungkinan besar ia akan mengklik link teratas yang terletak pada hasil pencarian. Dengan begitu jumlah traffic blog akan  meningkat dan bisa menghasilkan pundi pundi rupiah.

Ketika anda ingin memulai cara meningkatkan traffic dengan optimasi SEO, anda memerlukan bantuan plugin seperti SEO by Yoast atau All in One SEO jika anda menggunakan wordpress. Selain itu anda juga perlu mempelajari lebih dalam tentang SEO seperti pemilihan URL yang mudah terbaca dengan SEO. Dengan bantuan optimasi SEO, blog milik anda mampu bersaing dengan blog-blog lain dihalaman pertama mesin pencari Google.

Ada beberapa referensi plugin SEO yang bagus dan cocok untuk gunakan untuk mengoptimasi blog anda. diantaranya adalah W3 Total Cache, Google XML Sitemaps, Broken Link chehcker, dan Redirection. Plugin W3 Total Cache bisa meningkatkan kecepatan loading blog atau website, Google XML Sitemaps dapat membantu mesin pencari untuk mengindex website, dan Broken Link Checker berguna untuk melakukan peninjauan  link  yang ada pada website anda.

 

5. Bagikan Postingan Anda Ke Sosial Media

Saat ini sosial media sudah banyak digunakan dan ini merupakan peluang emas bagi anda untuk mendatangkan pengunjung ke blog. Bagikan setiap konten yang ada di blog ke sosial media untuk menjangkau visitor yang lebih tinggi. Pastikan anda membagikan konten berkualitas di sosial media, agar teman-teman online anda penasaran dan mengklik link konten yang dishare di sosmed. Anda juga bisa menambahkan widget sosial media sebagai cara meningkatkan traffic pada blog.

 

Baca Juga : Template Blogspot Untuk Adsense

 

Inilah beberapa cara yang bisa gunakan untuk meningkatkan visitor pada website atau blog anda. Diperlukan usaha ekstra dan kesabaran yang lebih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika anda mengalami kegagalan dalam proses optimasi blog, maka jangan menyerah begitu saja tetapi tetap lakukan koreksi pada bagian lain seperti keyword, konten, dan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply