Naikkan Trafic, Yuk Intip Cara Riset Keyword Untuk Blog Kamu Disini

Agar kamu bisa mendapatkan konten yang menarik dan bisa muncul di peringkat paling tinggi pada mesin pencarian, maka sangat perlu untuk melakukan riset keyword. Riset kata kunci ini untuk menentukan kata kunci apa yang cocok digunakan pada blog kamu. Sebab nantinya akan mempengaruhi performa dari blog kamu saat di hasil pencarian nanti. Untuk itu kamu perlu untuk menyimak cara riset keyword untuk blog dalam ulasan berikut.

 

Langkah Mudah Untuk Melakukan Riset Kata Kunci

Banyak Membaca dan Berinteraksi Dengan Orang Lain

Jika kamu ingin mendapatkan apa yang saat ini sedang trend saat ini, maka kamu bisa sering membaca dan juga mengobrol dengan orang lain. Dengan begitu kamu menjadi tahu kebutuhan yang saat ini sedang banyak dicari. Kamu juga bisa memberikan tanggapan bukan hanya dengan menjadi pendengar yang baik. Cara yang terbilang simple ini akan memudahkan kamu untuk mengetahui kira kira apa yang akan mereka cari di mesin pencarian.

 

Menentukan Kata Kunci Berdasarkan Tipe Konten

Apabila kamu sedang riset kata kunci, maka sebaiknya kamu mengenali karakteristik dari blog yang kamu miliki. Kemudian kamu bisa menarik serta menentukan prioritas. Sebab ketika kamu nantinya menggunakan pencarian dengan alat riset kata kunci, kamu akan menemukan berbagai informasi mulai dari volume, tingkat kesulitan hingga tujuannya. Meskipun sering diabaikan namun cara riset keyword satu ini terbilang ampuh.

 

Melakukan Pencarian Volume

Untuk mendapatkan keyword yang cukup kuat, sebaiknya kamu memilih 3 hingga 5 kata. Dan bisa dengan cara mencari volumenya pada tools keyword yang bisa dengan mudah ditemukan. Jadi pencarian volume ini akan membantu untuk mencari seberapa banyak kata kunci ini di cari pada mesin pencarian. Umumnya akan menampilkan dalam kurun waktu satu bulan belakangan. Misalnya pada volume muncul 100 maka kata kunci di cari 100 kali di Google selama satu bulan ini.

 

Mempertimbangkan Saran Kata Kunci

Tak jarang saat sedang mencari keyword yang pas, kamu tidak menemukan volume yang diinginkan. Kamu bisa mencari alternatif lain dengan memperhatikan keyword suggestion yang diajukan oleh mesin pencarian. Pada umumnya saran ini akan mengarah pada kata kunci yang panjang atau juga disebut long tail keyword. Memanfaatkan suggestion keyword merupakan cara riset keyword sederhana yang juga sangat membantu kamu nantinya.

 

Memanfaatkan Mesin Pencari Keyword

Langkah untuk mencari kata kunci yang paling baik juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan Mesin Pencari Keyword. Ada banyak sekali mesin atau platform yang akan sangat membantu kamu. Dengan website khusus ini kamu bisa mengecek seberapa banyak volume pada kata kunci yang kamu masukkan. Tidak hanya itu terkadang mereka juga memberikan saran sekaligus rujukan kata kunci yang bersangkutan. Tentunya tanpa bolak balik ke Google terlebih dahulu.

Beberapa Mesin Pencari Keyword yang bisa kamu gunakan adalah ubersuggest, Google Trends, Keyword Tool dan lain sebagainya. Sebagian juga ada yang menyediakan fitur berbayar dengan segala kelebihan yang dimilikinya. Penggunaan mesin mesin ini juga terbilang mudah. Kamu hanya perlu memasukkan keyword dan kemudian mengganti pada bahasanya. Barulah tunggu hasilnya sebagai cara riset keyword yang terakhir.

Baca Juga: 

 

Keyword atau kata kunci memang memiliki peranan yang sangat penting. Sehingga kamu tidak bisa asal asalan untuk mencarinya. Dibutuhkan riset sebelum nantinya kamu membuat konten yang sesuai dengan keyword tersebut. Namun semua langkah langkah ini juga untuk membantu agar performa blog kamu tidak mengalami penurunan. Dan tentunya bisa masuk di peringkat pencarian yang tinggi.

Leave a Reply