Cara Zoom di Photoshop Dengan Cepat dan Mudah Untuk Pemula

Salah satu software atau aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah adobe photoshop. Dengan fitur-fitur yang banyak dan kompleks, menjadikan adobe photoshop software editing foto terbaik dan banyak digunakan oleh para desainer, fotografer, dan foto editor. Tidak usah diragukan lagi ketenaran dari photoshop ini, orang awam pun pasti mengenalnya.

Banyak editor foto pemula memakai photoshop ini sebagai software andalan untuk mengasah bakat editingnya, karena dari tutorialnya yang banyak tersebar di internet, Banyaknya fitur-fitur mempuni dan juga kemudahan dalam penggunaannya.

 

Cara Mudah Zoom di Photoshop

Photoshop memiliki banyak fitur – fitur yang mungkin saja orang awam banyak yang belum mengetahui fungsi-fungsi dari fitur tersebut, salah satunya adalah cara zoom gambar di photoshop. Nah, dalam artikel panduan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara cepat zoom di photoshop.

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk zoom gambar atau foto di photoshop, cara – cara ini bisa anda aplikasikan dan anda juga bisa memilih manakah cara yang mudah di gunakan. Berikut beberapa caranya, ikuti langkah – langkahnya dan simak dengan baik.

 

Zoom In (Memperbesar Tampilan gambar)

Pertama yaitu Zoom in, ini berfungsi untuk memperbesar tampilan dokumen, gambar, atau foto, yang bisa membantu anda dalam proses editing. Dengan besarnya tampilan, mempermudah anda dan hasil foto yang diedit pun akan lebih detail. Ikuti bagaimana cara zoom in berikut ini:

1. Dengan cara manual, yaitu pilih salah satu menu pada Menu Bar. Pilih dan tekan menu View kemudian pilih Zoom In. Lakukan proses ini terus menerus hingga tampilan sesuai yang anda inginkan.

Cara Zoom di Photoshop

2. Dengan menggunakan kombinasi keyboard atau shortcut. Anda bisa tekan Ctrl+(+) untuk melakukan Zoom In, tekan tombol shortcut ini berkali – kali sehingga tampilan foto sesuai dengan keinginan.

3. Menggunakan Zoom Tool, pada tool bar bagian kiri layar anda pilih icon Kaca pembesar atau anda bisa tekan tombol Z pada keyboard. Pada tool bar bagian atas, anda pilih icon kaca pembesar dengan tanda (+) di dalamnya. Arahkan kurson mouse pada foto atau gambar, tekan kiri pada mouse. Tekan berkali-kali sehingga tampilan sesuai dengan keinginan anda.

 

Zoom Out (Memperkecil Tampilan gambar)

Jika anda ingin melihat foto atau gambar secara jauh, anda bisa melakukannya dengan cara Zoom out. Zoom out ini berfungsi untuk memperkecil tampilan foto atau gambar sehingga anda bisa melihat secara keseluruhan. Zoom out ini pun dilakuakan jika pada tampilan gambar sudah dilakukan Zoom in. Simak bagaimana cara zoom out berikut ini:

1. Menggunakan cara manual, Pilih dan tekan View pada menu bar dibagian atas, kemudian pilih dan tekan Zoom Out. Untuk terus memperkecil gambar, anda tekan beberapa kali pada menu Zoom out, sehingga tampilan gambar mengecil sesuai yang anda inginkan.

2. Menggunakan cara singkat, atau shortcut pada keyboard. Caranya mudah, anda tekan tombol Ctrl+(-) pada keyboard, maka gambar atau foto akan mengecil. Tekan tombol shortcut tadi hingga menyesuaikan dengan keinginan.

3. Sama seperti Zoom in, Zoom out juga bisa menggunakan Zoom Tool, tekan tombol Z pada keyboard untuk mempersingkat. Pada bagian atas tool bar, anda pilih icon kaca pembesar dengan tanda (-) di dalamnya. Lalu, arahkan pada foto atau gambar, tekan kiri pada mouse. Tekan berkali – kali sehingga tampilan sesuai dengan keinginan anda.

Cara Zoom di Photoshop

 

Fit on Screen (Menyesuaikan Tampilan dengan Layar)

cara zoom foto di photoshop berikutnya yaitu anda bisa menyesuaikannya gambar dengan tampilan layar. Jadi dengan cara zoom fit to screen ini anda akan bisa langsung membuat tampilan foto atau gambar ke tampilan semula atau tampilan standar. Berikut ini adalaha caranya :

1. Secara manual Anda bisa pilih menu View pada bagian atas, kemudian bisa langsung pilih Fit on Screen.

2. Anda juga bisa lakukan dengan menggunakan Zoom tool pada tool bar bagian kiri. Tekan Z pada keyboard untuk mempersingkat, kemudai tekan Fit Screen pada baris tool bar bagian atas.

Cara Zoom di Photoshop

3. Cara singkatnya Anda bisa melakukan dengan tombol shortcut atau kombinasi keyboard Ctrl+0 (nol) untuk Fit on Screen tampilan gambar

 

Fill to Screen (Memenuhi Tampilan Layar)

Zoom Fill to Screen ini akan membuat tampilan gambar atau foto memenuhi layar. Anda bisa lakukannya dengan menggunakan Zoom Tool, tekan tombol Z pada keyboard untuk langsung memilih menu Zoom Tool. Selanjutnya pada tool bar bagian atas anda tekan Fill Screen, tampilan pun akan diperbesar sehingga memenuhi layar.

 

Zoom Secara Sementara

Anda juga bisa lakukan Zoom secara sementara, yang dimana zoom ini dipakai jika diperlukan saja secara sebentar. Caranya mudah, anda tekan Hand tool atau bisa langsung tekan H pada keyboard. Tahan tombol H, kemudian tekan kiri pada mouse untuk melakukan zoom sementara ini. Jika sudah lepas, untuk menghentikan zoom.

Terdapat dua kondisi, jika pada tampilan gambar anda besar, dengan kombinasi tadi tampilan gambar akan mengecil sesuai dengan tampilan standar. Jika pada tampilan gambar anda kecil, maka gambar akan membesar sesuai tampilan standar.

 

Zoom in & Zoom Out Secara Bebas

Mungkin ini adalah cara yang paling mudah dan cepat dibandingkan dengan cara – cara lainnya di atas. Dengan cara ini anda bisa mengecilkan dan memperbesar gambar secara bebas tanpa melakukan proses yang panjang.

Anda bisa melakukannya dengan cara tekan kombinasi tombol ALT pada keyboard, kemudian scroll atas pada mouse untuk melakukan Zoom in (Memperbesar) atau scroll bawah pada mouse untuk melakukan Zoom Out, mudah sekali bukan. Menggunakan cara ini anda bisa memperbesar atau memperkecil tampilan gambar dengan ukuran maksimal.

 

Zoom Hanya Pada Salah Satu Tempat

Cara zoom lainnya yang bisa anda lakukan adalah memperbesar atau memperkecil tampilan pada salah satu tempat saja. Misalnya anda ingin mempebesar hanya pada bagian kiri gambar saja atau pada bagian kanan saja.

Caranya anda pilih Zoom Tool atau bisa tekan tombol Z pada keyboard. Jika sudah pada menu zoom tool, arahkan dan pilih bagian yang ingin di perbesar. Tekan kiri dan tahan pada mouse, kemudian geser mouse untuk membuat area zoom. Jika berhasil, maka bagian yang tadi anda pilih, akan memperbesar hanya pada bagian itu saja.

Cara Zoom di Photoshop

 

Baca Juga :

 

Kesimpulan

Nah, itulah bagaimana cara zoom di photoshop. Dari sekian banyaknya cara anda bisa memilih salah satu yang menurut anda mudah dan efektif. Secara manual atapun cepat, bisa dilakukan tergantung kenikmatan dan keefektifan menurut anda.

Zoom ini berfungsi untuk memperbudah dan mempercepat proses dalam pengeditan gambar ataupun foto. Dengan tampilan yang besar membantu anda membuat hal-hal kecil dan detail pada gambar, atau tampilan yang kecil, membuat anda bisa melihat sejauh mana progses foto yang sedang diedit.

Semoga artikel panduan kali ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda, Sekian terimakasih.

Leave a Reply