Dampak Positif dan Negatif Internet Yang Wajib Anda Tahu

Di era digital ini, internet sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Hampir semua orang di dunia ini menggunakan internet untuk embantu aktifitasnya sehari-hari. Meski dapat membantu meringankan pekerjaan sehari-hari, ada dampak positif dan negatif internet.

Tak bisa dipungkiri bahwa penggunaan internet sudah mencapai berbagai sektor kehidupan. Mulai dari permasalahan ekonomi, pendidikan, politik hingga social budaya. Lalu, apa sajakah dampak positif dan negatif dari penggunaan internet? Yuk simak info berikut ini.

 

Dampak Positif Internet

Sebelum membahas dampak negatif dari internet, ada baiknya membahas dampak positif dari penggunaan internet. Internet hadir dengan segala keahlian guna memudahkan aktifitas sehari-hari. Dengan sikap bijak saat menggunakannya, internet akan banyak memberikan dampak positif kepada penggunanya, berikut dampak positif dari internet.

 

1. Sebagai Media Bertransaksi dan Bisnis

Salah satu dampak positif penggunaan internet di era digital ini adalah sebagai media  untuk melakukan transaksi dan bisnis. Jika dulu belanja hanya bisa dilakukan secara offline, kini internet bisa membantu anda melakukan aktifitas belanja dengan lebih mudah dan cepat.

Hanya dengan menggunakan smartphone dan internet, anda sudah bisa berbelanja tanpa harus repot keluar rumah. Sebagai pembeli, tentu fasilitas ini memberikan kemudahan saat ingin berbelanja tapi malas keluar rumah.

Selain pembeli, penjual juga diuntungkan dengan keberadaan internet dan marketplace. Jika biasanya penjual perlu mengeluarkan uang lebih untuk menyewa tempat, dengan adanya internet penjual tidak perlu lagi menyewa tempat untuk menjual barang dagangannya.

Duduk manis dirumah, download dan buka aplikasi marketplace, daftar sebagai penjual, promosikan barang dan tunggu para pembeli berdatangan.

 

2. Sebagai Sumber Informasi dan Pengetahuan

Dengan menggunakan internet, anda bisa dengan mudah mencari berbagai informasi dan pengetahuan melalui kegiatan browsing. Banyak informasi penting dari berbagai belahan dunia tersaji di internet dan bisa anda akses kapanpun.

Sebagai pelajar, kemudahan untuk belajar dan mencari referensi pelajaran ditawarkan oleh internet. Melalui internet, pelajar bisa mencari berbagai informasi dan materi pelajaran yang penting dan tidak ada di buku.

 

3. Dapat Dijadikan Media Berkomunikasi

Internet bisa digunakan sebagai media berkomunikasi dengan pengguna internet lain di seluruh dunia. Salah satu cara berkomunikasi dengan pengguna lain adalah dengan menggunakan media social seperti twitter, instagram, facebook dan social media lainnya.

 

Dampak Negatif Internet

Memiliki banyak dampak positif, tentu internet juga memiliki dampak-dampak negatif. Dampak negatif ini timbul apabila pengguna tidak bisa menggunakan internet dengan bijak. Untuk melengkapi informasi mengenai dampak positif dan negatif internet, berikut dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan internet.

 

1. Rawan Penipuan

Saat ini, banyak tangan-tangan jahil yang menggunakan internet demi kepentingan pribadi dan menipu banyak orang. Penipuan di internet bisa berupa penyebaran berita hoax, pemalsuan dokumen, informasi palsu dan masih banyak lagi.

Entah hal-hal diatas dilakukan secara sengaja atau tidak, yang jelas menipu orang lain demi kepentingan pribadi bukanlah hal yang baik. Oleh karena itu sebagai pengguna internet, berhati-hatilah dalam menggunakannya.

 

2. Sisi Kejahatan dan Kekejaman

Internet menyajikan banyak informasi penting dari berbagai situs. Namun, tidak semua situs d internet menampilkan informasi kebaikan. Banyak situs-situs di internet yang justru menampilkan berbagai sisi kejahatan dan kekejaman yang dapat membahayakan pengguna lain.

 

3. Konten Dewasa

Bukan hal yang aneh lagi jika internet dikaitkan dengan konten dewasa baik dalam bentuk informasi tertulis, gambar maupun video. dengan fasilitas internet, pengguna bisa mengakses berbagai konten dewasa yang tidak patut untuk dipertontonkan. Terlebih lagi jika penggunanya masih dibawah umur.

 

Baca Juga : Kenali Dampak Positif Smartphone

 

Demikianlah dampak positif dan negatif internet. Sebagai pengguna internet, manfaatkanlah internet sebaik dan sebijak mungkin. Gunakan untuk mencari informasi-informasi bermanfaat dan jangan menggunakan internet untuk hal yang buruk.

Leave a Reply