Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Ini Wajib Diketahui

Pada dasarnya manusia adalah mahluk cerdas. Kecerdasannya membuat manusia menciptakan berbagai teknologi maju. Namun sebagai hasil kreasi manusia teknologi tidak sempurna. Ada dampak positif dan negatif teknologi yang sebaiknya diketahui oleh manusia.

 

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi

Awal perkembangannya yaitu saat rainessance, orang-orang sangat optimis teknologi akan berdampak postif dalam kehidupan manusia. Namun seiring berjalannya waktu ada sisi negatif yang juga muncul yang harus dihadapi manusia. Berikut ini adalah daftar dampak keberadaan teknologi yang wajib diketahui.

 

Dampak Positif Teknologi

Dampak positif adanya teknologi sejauh ini tentu sudah sangat banyak dirasakan. Untuk lebih jelasnya, simak penjabaran di bawah ini.

1. Meningkatkan Produktifitas dan Efisiensi

Sebagai contoh terkait produksi pakaian. Sebelum dikembangkannya mesin uap, untuk memproduksi pakaian manusia harus menjahitnya menggunakan tenaga manusia yang menghabiskan banyak waktu dan biaya. Saat ini dengan mesin pabrik produksi pakaian keperluan tenaga manusia berkurang drasitis dengan hasil yang jauh lebih banyak dan waktu lebih singkat.

2. Menawarkan Banyak Kemudahan

Teknologi menawarkan banyak kemudahan di banyak Bidang. Misalnya dalam komunikasi, ditemukannya internet benar-benar dapat menghubungkan belahan bumi satu dengan lainnya dengan sangat mudah hanya hitungan detik. Masa sebelum adanya internet dan telepon hal ini sangat sulit dilakukan. Komunikasi jarak jauh mengandalkan surat menyurat yang lebih lama.

3. Meningkatkan Harapan Hidup Manusia

Dahulu sebelum berbagai penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan ditemukan, manusia sangat terancam dengan berbagai macam penyakit mematikan. Namun berkat teknologi banyak ditemukannya obat untuk penyakit-penyakit tersebut. Misalnya saja cacar, difteri, tetanus, difteri adalah penyakit yang hampir punah padahal dahulu sangat mematikan.

4. Kemajuan Peradaban

Semakin maju sebuah teknologi maka peradaban seringkali juga menjadi lebih tinggi. Praktek-praktek primitif dan tahayul seperti penumbalan, jimat dan sihir tergerus dengan hadirnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Masyarakat cenderung lari kepada pengungkapan fakta dengan ilmu pengetahuan yang dibantu dengan teknologi daripada kepada hal-hal mistis semacam itu.

 

Dampak Negatif Teknologi

Dalam hal ini, dampak posting dan negatif teknologi memang tidak bisa dipisahkan. Dampak negatifnya ternyata juga sangat variatif.

1. Berpotensi Kerusakan Alam

Meningkatnya produktifitas manusia mengolah hasil alam ternyata berdampak negatif terhadap banyaknya sumber daya alam yang tereksploitasi berlebihan hingga menimbulkan kerusakan alam. Hal yang paling terasa hingga saat ini adalah adanya kerusakan alam yang mendunia akibat penggundulan hutan di mana-mana dan kerusakan ozon hingga terjadi perubahan iklim.

2. Kepunahan Hewan

Perubahan keadaan alam pada poin di atas tentu menyulitkan mahluk yang hidup di dalamnya. Seringkali yang tidak bertahan adalah hewan yang habitat alaminya semakin lama semakin sempit. Badak, harimau, kasuari adalah beberapa contoh hewan yang terancam punah.

3. Daya Destruktif Perang

Pernahkah membayangkan seandainya tidak ditemukan bom nuklir. Nuklir adalah salah satu penemuan yang dikembangkan ilmu pengetahuan dan teknomogi modern. Nuklir yang pertama kali dimanfaatkan sebagai senjata perang, menjadikan perang antar manusia di bumi menjadi sangat desktruktif hingga pada taraf yang sangat menakutkan.

4. Perusakan Kebudayaan Lokal

Perkembangan teknologi juga sangat terasa menghancurkan banyak kebudayaan-kebudayaan tradisional di sebuah daerah. Sebagai contoh adalah terkait dengan hiburan. Saat masa sebelum adanya televisi, masyarakat mendapatkan hiburan dari tarian, nyanyian, dan seni peran yang ada di sekitar wilayah mereka. Akibat masuk televisi peranan seni tradisional tergant dengan budaya luar.

 

Baca Juga : Dampak Positif dan Negatif Internet Yang Wajib Anda Tahu

 

Penjabaran di atas menjelaskan dampak positif dan negatif teknologi yang saat ini dirasakan oleh manusia di bumi. Pada dasarnya teknologi dapat dikembangkan memberi dampak yang positif apabila kita para pencipta dan penggunanya menggunakannya untuk tujuan yang positif. Sebab dengan begitu sebenarnya dampak negatif teknologi dapat dikurangi.

Leave a Reply