Emulator Android Terbaik Paling Banyak Diminati

Perkembangan teknologi nyatanya kian memudahkan pengguna untuk melakukan sesuatu. Misalnya, aplikasi atau game Android yang dulunya hanya bisa berjalan di handphone, kini juga bisa dijalankan di laptop atau PC. Hal tersebut harus dibantu dengan sebuah program khusus yang bernama emulator.  Jika penasaran, berikut rekomendasi emulator android terbaik yang banyak diminati!

 

Pengertian Emulator Android

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan emulator Android? Emulator merupakan program yang didesain agar pengguna bisa menjalankan sistem operasi lain di komputernya. Jadi, yang dimaksud dengan emulator android yakni sebuah program yang memungkinkan Anda untuk menjalankan sistem operasi Android di komputer Anda saat ini.

Emulator Android tak hanya terdiri dari satu atau dua macam saja. Tentu semuanya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih dan menggunakan jenis emulator sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk bermain game Android hingga menggunakan aplikasi chatting.

 

Rekomendasi Emulator Android Terbaik

Sebelum memilih jenis emulator, ada baiknya Anda mengetahui dulu jenis dan kelebihan dari masing-masing emulator Android tersebut. Berikut beberapa rekomendasinya.

 

1. AMIDuOS

AMIDuOS merupakan emulator Android yang bisa digunakan untuk segala jenis kebutuhan, mulai game hingga developer. Emulator android yang satu ini menyediakan fitur serta dukungan lengkap bagi developer dan user Android. Selama 30 hari semenjak diunduh, emulator ini bisa Anda nikmati secara gratis. Setelahnya, Anda bisa memilih Android versi Jelly Bean (US$10)/ Lollipop (US$15).

 

2. Android Studio

Anda yang bekerja sebagai developer, sangat direkomendasikan untuk menggunakan emulator Android Studio ini. Emulator ini sudah mengantongi lisensi dari Google, sehingga sangat disarankan apabila Anda akan menguji sebuah game atau aplikasi.

Namun perlu diingat, emulator ini tidak disarankan untuk digunakan jika Anda hanya ingin bermain game atau media sosial saja. Pasalnya untuk menjalankan emulator ini, Anda butuh kemampuan coding sekelas programer. Sayang disayangkan bukan jika hanya menggunakannya untuk bermain game saja?

 

3. Andy

Salah satu rekomendasi emulator Android terbaik yakni Andy. Kenapa Andy masuk dalam daftar rekomedasi? Salah satu alasannya karena Anda bisa menggunakan semua fiturnya secara gratis sepenuhnya. Andy akan memberikan keleluasaan bagi Anda yang ingin mengeksplorasi berbagai fitur Android di komputer atau PC, mulai dari game, aplikasi hingga instalasi akses root.

Tak hanya di sistem operasi windows saja, Andy juga bisa Anda gunakan di operasi MacOS. Selain gratis, emulator Android ini juga sangat fleksible. Sangat menarik bukan?

 

4. GameLoop

Ada berita menarik bagi pecinta game PUBG Mobile. Tak hanya bisa memainkannya di handphone, sekarang Anda juga bisa memainkan game tersebut di PC kesayangan. GameLoop sendiri merupakan update-an terbaru dari Tencent Gaming Buddy.

Tak hanya PUBG Mobile, ada beberapa game lain yang juga didukung oleh emulator yang satu ini, misalnya Honkai Impact, Arena of Valor dan beberapa lainnya. Dari tampilannya, emulator ini memang terkesan khusus untuk bermain game saja.

 

5. BlueStacks 4

Banyak pengguna yang sudah menjajal kemampuan emulator yang satu ini. Bluestacks bisa digunakan secara lancar dengan PC ber-RAM minimal 2GB. Sebagai informasi, Bluestacks  4 ini ternyata juga sudah mendapat dukungan penuh dari Bluestack Gaming Platforms sehingga memberikan performa lebih cepat dan lebih baik dalam menunjang pengalaman bermain game Anda.

 

Baca Juga : 5 Game Android Offline Terbaik Saat Ini

 

Itulah 5 rekomendasi emulator Android terbaik yang bisa Anda jajal agar pengalaman berselancar atau bermain game di PC lebih nyaman dilakukan. Selamat mencoba!

Leave a Reply