Karakteristik Software Untuk Komputer Yang Perlu Anda Tahu

Software merupakan salah satu perangkat penting yang terdapat pada sebuah komputer anda. Untuk itu, anda pun perlu mengetahui secara lebih jelas mengenai perangkat lunak satu ini. Pada ulasan kali ini, akan dibahas mengenai karakteristik software terbaik yang wajib untuk anda ketahui. Hal ini tentu saja sangat diperlukan bagi anda untuk dapat mengetahui bagaimana perangkat lunak yang terdapat dalam sistem komputer anda. Berikut simak ulasannya.

 

Karakteristik Perangkat Lunak Atau Software Yang Perlu Untuk Anda Ketahui

1. Berdasarkan Perbedaan Dengan Hardware

Untuk karakteristik dari software yang dilihat dari perbedaannya dengan perangkat keras atau hardware yang pertama adalah pada perangkat lunak sendiri mempunyai keunikan dimana software tersebut tidak diporoduksi secara massal. Hal ini tentu saja berbeda dengan perangkat keras atau hardware yang diproduksi dalam jumlah banyak. Selain itu, perangkat lunak atau software pun tidak mengenal istilah usang.

Hal ini dikarenakan software terbaik tidak akan mudah untuk usang. Hal ini tentu saja berbeda dengan perangkat keras atau hardware yang ternyata lebih mudah untuk usang jika digunakan dalam periode waktu yang lama.

Serta poin yang ketiga adalah beberapa perangkat lunak tersebut ada yang dikembangkan melalui cara custom. Sedangkan untuk pengembangannya sendiri melalui Componet Based Assembly yang digunakan pada perangkat keras.

 

2. Karakteristik Berdasarkan Fungsinya

Selain itu, berdasarkan fungsinya software dibedakan menjadi 8 jenis. Pertama adalah terkait dengan efficiency atau efisiensinya, dimana memiliki arti yakni tentang kemampuan dari software tersebut dalam mengguanakan sumber daya sistem dengan cara yang efisien dan efektif ketika digunakan.

Selain itu, juga bisa dilihat dari segi functionality atau fungsinya sendiri yang mengacu pada tingkat kinerja dari software pada tujuan yang telah ditetapkan.

Untuk karakteristik software terbaik berdasarkan fungsinya yang ketiga adalah reliability. Dimana kemampuan dari software untuk menyedikan fungsi seperti yang diinginkan ataupun di dalam kondisi tertentu. Selain itu ada pula usability, dimana berhubungan dengan kemampuan dari software untuk sejauh mana dapat dipakai dengan mudah dan baik.

Ada pula integrity, yang berarti berhubungan dengan kemampuan dari software untuk mengakses data yang mencurigakan atau tidak resmi.

Selain itu ada pula karakteristik yakni maintainability, dimana perangkat lunak sebaiknya memiliki kemudahan untuk melakukan modifikasi. Seperti untuk memperbaiki kesalahan, memperluas fungsi dari software itu sendiri dan juga untuk memperbaiki kinerja.

Robustness yakni berfungsi jika perangkat mempunyai data yang tidak valid maka dapat dilihat sejauh mana software tersebut dapat bekerja.

Sedangkan yang terakhir adalah portability, dimana memiliki arti bahwa mengacu pada kemudahan dari software developer atau pengembangan dari perangkat lunak itu sendiri. Dapat diartikan yakni kemampuan dari sebuah software untuk bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya perubahan yang terjadi di dalammnya, baik dalam bentuk hardware maupun dalam bentuk softwarenya.

 

Baca Juga : Simak! Begini Cara Mempercepat Windows 10

 

3. Karakteristik Berdasarkan Sifatnya

karakteristik software

Selain itu, karakteristik software terbaik juga dapat dibedakan berdasarkan sifatnya. Pertama yakni software engineering yang merupakan langkah yang dapat digunakan untuk membuat software. Disini nantinya, akan bisa menghasilkan suatu produksi yang terkesan cukup unik dikarenakan tidak mempunyai seri produksi.

Selain itu, pada software umumnya dapat diperbaiki sesuai dengan kebutuhan si penggunanya, sedangkan untuk barang dari pabrik memiliki sifat yang permanen ketika diproduksi.

Selain itu, karakteristik lainnya adalah memiliki sifat invisible atau tidak terlihat. Tak hanya itu saja, software pun juga mempunyai sifat fleksibel dimana dapat dikembangkan ataupun dimodifikasi jika masih ditemukan kekurangan. Sedangkan yang terakhir adalah pada umumnya, software mampu dihubungkan dengan sistem komputer anda.

 

4. Karakteristik Berdasarkan Buku Dari Ian Sommerville

Karakteristik mengenai software terbaik yang diambil berdasarkan buku karangan Ian Sommerville yang berjudul software engineering adalah terdapat empat poin yang bisa diambil. Pertama adalah usability, dimana penggunaan dari perangkat lunak ini harus lah sesuai dengan yang telah direncanakan. Selain itu, ada pula karakteristik lain yang disebutkan oleh Ian Sommerville yang disebutkan di dalam bukunya, yakni efisiensi.

Efisiensi sendiri mempunyai arti yakni haruslah mempunyai sifat yang efisien dalam hal penyimpanan. Untuk yang ketiga yakni dependability, dimana perangkat lunak atau software haruslah memiliki sifat yang dapat dipercaya.

Sedangkan yang terakhir, adalah maintanability yang berarti dapat dirawat. Dimana software tersebut haruslah mampu untuk memenuhi perubahan dari kebutuhan penggunanya tersebut. Sehingga dapat menunjang hal yang dibutuhkan oleh pengguna.

 

Baca Juga : Berbagai Macam-Macam Software Dan Fungsinya

 

Dengan mengetahui karakteristik dari perangkat lunak tersebut, maka anda pun juga mampu untuk lebih memahami bagaimana sifat dan kinerja dari perangkat lunak itu sendiri. Software merupakan salah satu komponen yang penting dan harus anda perhatikan ketika anda akan membeli laptop. Untuk itu, ketika anda akan mebeli laptop atau komputer pastikan anda mengetahui terlebih dahulu apa saja karakteristik dan pahami betul tentang software yang nantinya akan anda beli.

Leave a Reply