Kelebihan Dan Kekurangan Client Server, Cara Kerja dan Fungsinya

Bagi Anda yang bergerak di bidang IT, tentu tidak asing dengan kata client dan server. Sayangnya masih banyak orang awam yang tidak memahami arti keduanya, meski pada kenyataannya sangat dekat dengan kehidupan manusia sehari hari. Untuk itulah pentingnya memahami arti beserta dengan kelebihan dan kekurangan client server. Berikut ulasannya.

 

Memahami Apa Itu Client Server

Kelebihan Dan Kekurangan Client Server

1. Server

Server merupakan sebuah sistem komputer yang memberikan pelayanan bagi para klien yang ada pada sistem jaringan komputer. Server sendiri menggunakan sistem operasi jaringan dengan tujuan untuk mengontrol, sekaligus memonitor akses beserta dengan sumber daya yang tersedia di dalamnya.

Server didukung dengan perangkat keras yang dilengkapi dengan prosesor dan memori RAM berkapasitas besar agar bekerja dengan maksimal. Namun server juga bisa mengoperasikan perangkat lunak administratif, dengan cara mengontrol serta memantau setiap akses pada jaringan komputer dengan sumber daya yang dimilikinya.

Dengan kata lain, server siap memberikan akses kepada anggota workstation ketika terhubung dengan jaringan komputer. Misalnya ketika Anda berperan sebagai server, otomatis Anda bisa mengetahui segala hal yang dilakukan oleh client secara mendetail. Tentu saja ini termasuk salah satu kelebihan dan kekurangan client server.

 

2. Client

Jika server dapat diumpamakan menjadi sebuah jaringan yang menyediakan layanan, lalu siapa dan apa itu client ? Client merupakan komputer yang menggunakan segala fasilitas yang disediakan oleh pihak servernya. Dengan kata lain, klien dapat diumpamakan sebagai pengguna layanan server. Apakah Anda mulai memahami arti keduanya ?

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa client dan server merupakan sistem yang saling berkaitan satu sama lain. Untuk lebih memudahkan pemahaman dari arti keduanya, mari umpamakan dengan contoh yang terjadi dalam kehidupan sehari hari. Misalnya ketika client meminta layanan yang telah disediakan oleh server seperti email.

Otomatis server akan memberikannya dalam bentuk surat. Sedangkan permintaan yang sama namun melalui website, otomatis server akan memberikan layanan yang diwujudkan dalam bentuk browser. Dan perlu diingat bahwa server hanya menyediakan berbagai layanan tertentu ketika diminta oleh klien saja.

 

Fungsi Jaringan Client dan Server

Sebelum memahami kelebihan dan kekurangan client server, penting untuk mengetahui fungsi dari client dan server terlebih dahulu. Server memiliki beragam fungsi seperti menjamin tidak ada pelanggaran integrity constraint, menerima sekaligus memproses basis data dari permintaan client, periksa autorisasi, hingga memelihara data dictionary.

Sedangkan client sendiri memiliki fungsi berbeda dengan server. Fungsi client yakni mengatur user interface, menyediakan kontrol recovery, menerima sekaligus memeriksa sintaks input yang digunakan oleh pengguna, menyediakan akses basis data dalam satu waktu, memproses aplikasi, hingga berikan respon balik kepada pengguna.

 

Cara Kerja Client dan Server

Usai memahami client dan server lebih dekat, kini saatnya memahami cara kerja keduanya. Perlu diingat bahwa sistem client dan server sejatinya berjalan pada dua sistem komputer berbeda. Umumnya satu server dapat melayani beberapa client sekaligus dalam satu waktu. Namun ada pula server yang hanya melayani satu client yang biasa disebut point to point atau peer to peer.

Client dapat digambarkan sebagai sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan. Apabila pengguna hendak mengakses suatu informasi, secara otomatis client akan mengeluarkan permintaan kepada server. Server yang berhasil menerima permintaan tersebut kemudian memberikan informasi sesuai permintaan kepada client.

 

Kelebihan Client Server

 

1. Kontrol Lebih Terpusat

Kontrol lebih terpusat termasuk kelebihan dan kekurangan client server. Sebab disinilah dapat ditemukan server yang siap mengelola sekaligus mengontrol akses, integritas data dan sumber daya dalam satu waktu. Alhasil client yang tidak tersambungkan dengan server tidak dapat mengganggu aktivitas yang sedang terjadi pada jaringan.

 

2. Perawatan Mudah

Tidak membutuhkan perawatan khusus, termasuk keuntungan yang memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Cukup dengan memanfaatkan fitur akses jarak jauh, otomatis pengguna sudah bisa menjaganya dari kerusakan. Berkat adanya fitur canggih tersebut, pengguna bisa meningkatkan kewaspadaan meski tidak berada tepat di depan sistemnya.

 

3. Skalabilitas

Pengguna diberikan kesempatan untuk menambahkan sejumlah client baru tanpa berdampak pada aktivitas jaringan, adalah salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari sistem jaringan ini. Skalabilitas dianggap sangat menguntungkan bagi pengguna, terutama bagi mereka yang menggunakan client dalam jumlah banyak.

 

4. Adanya Cadangan Terpusat

Server tidak hanya bertugas sebagai kontrol pusat. Pasalnya server juga memiliki tugas utama sebagai pusat mencadangkan data yang datang dari client, serta menyiapkan sistem cadangan secara otomatis kepada para client. Alhasil resiko kehilangan data dapat ditekan dengan sempurna. Cadangan terpusat juga mencegah terjadinya kerusakan pada memori penyimpanan client.

 

5. Tingkatkan Keamanan

Server tidak hanya membantu mengatur akses setiap data yang dimiliki oleh client. Namun jaringan komputer ini juga memiliki peran untuk mengatur hak akses pada setiap datanya pada setiap komputer yang terhubung. Alhasil pengguna hanya bisa mengakses data yang merupakan haknya, karena adanya keterbatasan aktivitas penggunaan.

Tidak dapat mengakses akibat adanya keterbatasan aktivitas sebenarnya masuk dalam daftar kelebihan dan kekurangan client server. Dikatakan demikian, karena pengguna merasa adanya batasan meski dirinya mencoba untuk masuk ke dalam datanya. Sedangkan di sisi lainnya, adanya keterbatasan akses membantu meningkatkan keamanan data yang telah tersimpan.

 

Kekurangan Client Server

 

1. Jaringan Mulai Melambat

Meski keunggulannya sering diagungkan, tidak dapat disangkal bahwa jaringan satu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Jaringan mulai melambat terutama jika lalu lintas menuju jaringan server sangat padat. Banyaknya permintaan yang datang bertubi tubi, berhasil membuat server bekerja lebih lambat dalam melayani permintaan client.

Kondisi ini umumnya terjadi ketika komputer client melakukan permintaan data dalam waktu bersamaan pada satu server yang sama. Lambatnya jaringan bukanlah kabar gembira, karena kondisi ini dapat menyebabkan server crash dan down. Jika kondisi ini terjadi, otomatis lintas data akan lumpuh sementara hingga server bangkit kembali.

Demi menurunkan resiko terjadinya gerakan lambat dalam melayani client, diberikan batasan tertentu sebagai solusinya. Diharapkan dengan adanya pemberian batas, masalah seperti server crash hingga adanya serangan DDOS dapat dihindari. Jika Anda menemui server mulai melambat, cobalah untuk lebih rileks hingga proses pengiriman layanan telah terpenuhi.

 

2. Kegagalan Pada Pusat Kontrol

Apakah Anda menggunakan satu server dalam mengelola sumber daya pada jaringan server client ? Sebenarnya hal ini tidak disarankan untuk dilakukan, karena kondisi tersebut dapat menyebabkan segala aktivitas berhenti dalam sekejap. Sebab ketika server mengalami masalah, otomatis client tidak dapat masuk ke dalam jaringan.

 

3. Besaran Biaya Perawatan

Proses pembuatan jaringan client server tentu menghabiskan dana yang tidak sedikit. Sebab dalam proses pembuatannya, diperlukan server berkualitas yang bertindak sebagai pusat kontrol jaringan dan teknisi handal di bidangnya. Bukankah hal ini berhasil menyadarkan bahwa memahami kelebihan dan kekurangan client server sangat diperlukan ?

 Baca Juga : 

 

Berdasarkan penjelasan pada ulasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa client dan server saling berkaitan satu sama lainnya. Jaringan ini pun memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan tersendiri, sehingga penting untuk mengenalnya lebih dalam agar dapat berfungsi optimal sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Leave a Reply