Kelebihan dan Kekurangan Email Marketing untuk Menarik Pembeli

Kehadiran Email memudahkan para penggunanya untuk mengirim surat dalam waktu yang lebih cepat. Selain digunakan untuk kepentingan pribadi, Email juga dipilih untuk melakukan kegiatan promosi yang sekarang lebih dikenal dengan Email Marketing. Penggunaan Email ini dapat menghubungkan pebisnis dengan pelanggan dengan baik. Sebelum menentukan cara pemasaran online, anda perlu memahami kelebihan dan kekurangan email untuk usaha anda.

Kelebihan dan Kekurangan Email

 

Keuntungan Menggunakan Email untuk Pemasaran Produk

Email marketing memiliki sejumlah kelebihan sebagai sarana untuk memasarkan produk atau jasa yang anda jual. Penggunaan email ini bersifat personal sehingga dapat memberikan perhatian yang lebih intens kepada para pelanggan maupun calon pelanggan. Ketika anda mengirim email ke pelanggan, dan mereka merasa nyaman dan tidak terganggu dengan email tersebut, maka anda bisa menawarkan produk atau jasa kepada mereka.

 

1. Penggunaan Yang Mudah dan Praktis

Penggunaan email ini juga lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan menggunakan media lain seperti surat pos yang harus menggunakan jasa perantara.

Karena penggunaan email ini, anda bisa langsung mengirimnya dan secara otomatis, pelanggan maupun calon pelanggan akan menerimanya dengan mudah dan cepat tanpa terkendala waktu dan tempat. Sehingga anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan email tersebut.

 

2. Lebih Hemat Biaya Dalam Berpromosi

Dari segi biaya, email marketing juga dinilai lebih hemat jika dibandingkan dengan media promosi offline. Hal inilah yang menjadi pertimbangan cukup penting, sehingga bisa menekan biaya untuk kegiatan promosi.

Selain itu, respon dari pelanggan juga lebih tinggi jika anda menggunakan email marketing. Tak heran jika, penggunaan email marketing ini banyak dilakukan oleh para pengusaha.

 

3. Sebagai Bahan Evaluasi Marketing

Dengan menggunakan email untuk pemasaran online, anda juga lebih mudah untuk melakukan evaluasi.

Sebagaimana contoh, ketika anda mengirim email dan menerima email ke pelanggan. Anda bisa menghitung berapa perbandingan respon pelanggan terhadap penawaran produk yang anda lakukan. Sehingga anda bisa melakukan perbaikan terhadap kekurangan bisnis yang sedang anda kembangkan tersebut.

 

4. Dapat Berinteraksi Langsung Dengan Pelanggan

Email marketing menawarkan kemudahan bagi pengusaha untuk melakukan interaksi dengan para pelanggannya. Dengan adanya hubungan yang terjalin dengan baik ini, maka anda bisa memanfaatkannya untuk meminta kritik dan saran dari pelanggan agar memudahkan anda untuk mengembangkan bisnis online yang sedang dijalani. Dengan melihat kelebihan dan kekurangan email, maka anda bisa memilih metode pemasaran terbaik.

Adanya email yang berisi informasi tersebut akan membuat pelanggan menjadi lebih menyukai email yang anda kirimkan. Mereka akan merasa bahwa email yang anda kirimkan tersebut sangat berguna.

Namun, tips tips ini lebih baik berhubungan dengan bisnis yang anda jalani. Seperti misalnya jika anda sedang menjual produk berapa kecantikan. Anda bisa memberikan tips memilih produk kecantikan yang terbaik, baru selajutnya menawarkan produk anda.

 

5. Menjangkau Pelanggan Secara Luas

Tidak berhenti disitu, keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan email untuk promosi yaitu jangkauan pelanggan yang lebih luas. Jika penggunaan pemasaran lain terbatas oleh wilayah, dengan menggunakan email marketing maka pelanggan bisa anda peroleh dari negara lain selain Indonesia.

Apalagi jika pengiriman email dilakukan kepada pelanggan yang ada di seluruh dunia, maka perekrutan pembeli akan semakin mudah bukan?

Seperti yang Anda ketahui bahwa email marketing ini sudah menyebar ke seluruh dunia. Jadi, jangkauan promosi yang Anda lakukan nantinya lebih luas. Email marketing yang Anda gunakan tidak hanya dikirimkan kepada pelanggan di negara Indonesia saja, melainkan juga dapat dikirimkan ke negara lainnya.

Bayangkan saja jika Anda dapat mengirimkan email ke pelanggan diseluruh dunia, pasti rekrut pembeli semakin mudah

Selain itu, melihat kelebihan dan kekurangan email, dimana penggunaan email marketing juga memudahkan pelanggan untuk meneruskan email yang anda kirim kepada temannya.

Bisa dibayangkan jika banyak pelanggan yang membagikan email anda kepada orang lain, maka anda bisa menarget calon konsumen yang lebih banyak dengan menggunakan email. Tentunya penggunaan email marketing ini sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis.

Ada beberapa jenis email yang bisa digunakan untuk memasarkan produk diantaranya email buletin, email khusus, email sponsor dan email transaksional. Tentunya masing masing memiliki tujuan tertentu.

Misalnya email buletin yang berisi informasi yang  anda terbitkan. Banyak pengusaha yang membuat ringkasan cepat dari website yang populer ke artikel dari buletin mereka. Sehingga pelangga bisa terarahkan ke situs web perusahaan yang lebih banyak kontennya.

Baca Juga: 16 Cara Dapat Uang Dari Bisnis Online, Cocok Buat Work From Home!

 

Kekurangan Menggunakan Email untuk Kegiatan Promosi

Meskipun email marketing menawarkan banyak kelebihan untuk kegiatan promosi produk, namun ada beberapa kelurangan dari penggunaan email. Email marketing yang terkirim ke calon pelanggan bisa saja dianggap sebagai spam. Hal ini disebabkan karena pengiriman email untuk promosi baik produk maupun jasa dilakukan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga dapat menganggu kenyamanan konsumen. Tentunya hal ini cukup mengkhawatirkan.

 

1. Banyaknya Email Terkirim Berupa Spam

Saat email anda cukup mengaggu, maka google akan mengirimkan email tersebut ke dalam kotak spam sehingga tidak bisa dibaca oleh siapapun. Selain itu, email marketing biasanya tidak bisa masuk secara langsung kepada para pelanggan.

Biasanya dibutuhkan beberapa waktu untuk mengirimkan email tersebut ke kotak masuk pelanggan. Kelebihan dan kekurangan email ini menjadi pertimbangan yang cukup sulit bagi para pengusaha.

 

2. Tidak Sedikit Pelanggan Yang Masih Belum Memiliki Email

Kelebihan dan Kekurangan Email

Disisi lain, penggunaan email ini kurang efektif jika banyak pelanggan anda yang tidak memiliki email. Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya jika ternyata target konsumen yang tertarik dengan produk anda justru tidak memiliki email.

Maka dari itu, anda juga tetap membutuhkan media promosi lain yang dirasa lebih sesuai untuk memasarkan produk anda, agar calon pelanggan anda bisa mendapatkan informasi lebih update.

 

3. Tidak Cocok Untuk Orang Yang GAPTEK

Selain itu, email marketing  kurang cocok jika orang yang gagap teknologi. Pastinya mereka akan menganggap bahwa metode ini cukup sulit untuk diterapkan. Hal ini dikarenakan mereka lebih suka melakukan promosi secara langsung dengan konsumen.

Bagi mereka tatap muka langsung lebih bisa meyakinkan konsumen dibandingan dengan menggunkan email marketing.

 

4. Banyaknya Pesaing

Tidak bisa dipungkiri jika penggunaan email untuk promosi memiliki persaingan yang cukup ketat. Banyak metode lain yang dirasa lebih unggul karena lebih mudah mendapatkan target pasar. Apalagi dengan kemajuan  teknologi yang semakin lama semakin meningkat. Sehingga para pebisnis juga perlu mengikuti tren pemasaran online yang saat ini banyak digunakan oleh pengusaha, sehingga tidak sampai tertinggal.

 

5. Fitur Yang Terbatas

Kelemahan lainnya yaitu penggunaan email marketing untuk memasarkan produk dirasa masih terbatas pada penawaran.

ika dibandingkan dengan metode lain seperti media sosial dengan metode pemasaran yang lebih lengkap, dimana penggunanya bisa membuat katalog serta memperbaharui produk yang masih tersedia atau sudah kosong. Sehingga kelebihan dan kekurangan email perlu diperhatikan dengan baik.

 

Baca Juga : 

 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan email untuk memasrkan produk. Ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan saat menggunakan email.

Meskipun beberapa kekurangan juga menjadi pertimbangan ketika akan memilih cara pemasaran ini. Namun, anda bisa menggunakan beberapa cara selain email agar target konsumen lebih luas, seperti menggunakan media sosial maupun penyebaran brosur di tempat yang ramai.

2 Comments

  1. Alif Radhitya 9 April 2020
  2. Egi Andrea 8 Mei 2020

Leave a Reply