Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik Yang Harus Anda Tahu

Kali ini akan dibahas mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan fiber optik. Dalam dunia jaringan komputer dan internet, tentu Anda tidak asing dengan nama fiber optik. Kabel ini telah digunakan oleh berbagai perusahaan operator internet yang kini terus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan penggunanya. Sebelum menggunakannya, ada baiknya mengenal apa saja kelebihan dan kekurangan fiber optik. Berikut penjelasannya.

 

Mengenal Apa Itu Fiber Optik Lebih Dekat

Fiber Optik sendiri adalah sejenis kabel yang dibuat menggunakan kaca atau plastik khusus dengan tekstur yang halus dan memiliki ukuran sangat kecil jika dibandingkan dengan jenis kabel lainnya. Bahkan ketika diperhatikan seksama, kabel satu ini berukuran lebih kecil dibandingkan dengan rambut manusia yang sudah cukup tipis.

Meski ukurannya sangat kecil, namun jenis kabel satu ini mampu mendatangkan segudang keuntungan bagi kehidupan manusia. Hal ini terlihat dari fungsi utamanya sebagai media untuk menyalurkan sinyal dari satu tempat ke tempat lainnya. Umumnya kabel berukuran 120mm menggunakan cahaya yang didapatkan dari LCD atau laser.

Kabel ini juga memiliki fungsi utama sebagai penyalur data yang berasal dari kabel UTP. Bahkan kecepatan pengirim datanya dapat diacungi jempol. Sebab kecepatannya melebihi dari jenis kabel lainnya, dan mampu mengirimkannya dalam jarak yang cukup jauh dari titik awalnya. Dibalik banyaknya keunggulan yang dimilikinya, tentu saja memiliki kekurangan yang jarang diketahui orang.

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan dari fiber optik lebih dalam, tampaknya penting untuk mengetahui berbagai fakta lainnya. Sering digunakan oleh perusahaan besar maupun pemerintahan untuk membantu proses pengiriman data dalam waktu singkat, adalah salah satu fakta menarik dari fiber optik yang perlu Anda tahu.

Fakta ini sejalan dengan keunggulannya yang mampu melakukan transfer data dalam waktu singkat. Tidak heran jika banyak orang tertarik menjadikannya sebagai media transfer yang bisa diandalkan di segala situasi. Fakta lain dari fiber optik yakni gangguan loss yang rendah serta memiliki bandwith cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis kabel lainnya.

Bahkan saat ini, banyak perusahaan yang beralih menggunakan jaringan internet yang menggunakan jenis kabel satu ini. Banyaknya keunggulan yang ditawarkan, berhasil membuat masyarakat lebih tertarik menggunakannya dibandingkan dengan jenis kabel lainnya. Sebenarnya apa saja keunggulan dan juga kelemahan dari fiber optik ini ? Simak ulasan berikut.

Baca Juga : 3 Cara Instal Driver Laptop dengan Mudah

 

Apa Saja Kelebihan Fiber Optik ?

 

1. Komponennya Tipis dan Kecil

Komponennya yang sangat tipis dan berukuran kecil, termasuk kelebihan dan kekurangan fiber optik. Mengapa masuk ke dalam dua duanya ? Sebab ukurannya yang begitu mungil bak sehelai rambut manusia, membuatnya tidak memakan ruangan terlalu besar. Namun disisi lain, ukurannya yang terlalu mungil membuatnya sulit mencari bagian kabel yang bermasalah.

 

2. Validitas Data Lebih Terjamin

Kabel optik memiliki keunggulan pada kecepatan akses data. Meski mampu mengakses data dalam waktu singkat, ternyata aktivitas tersebut tidak menurunkan validitas data yang berhasil dikirimkan. Dengan kata lain, menggunakan fiber optik mampu menekan resiko terjadinya kehilangan data penting di tengah perjalanan.

 

3. Kapasitas Cukup Besar

Selain unggul dalam segi kecepatan, ternyata jenis kabel ini juga memiliki keunggulan pada kapasitas pengiriman datanya. Bagaimana tidak, kabel ini mampu mengantarkan data berkapasitas cukup besar mencapai gigabyte dalam hitungan detik saja. Bahkan transmisi datanya dapat dijangkau meski dalam jarak yang cukup jauh.

Berkat keunggulannya tersebut, banyak perusahaan hingga pemerintahan yang tergiur menggunakan jenis kabel unggulan satu ini. Perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan internet pun telah beralih menggunakannya. Fenomena ini sudah menunjukkan bahwa keunggulan kabel optik tidak perlu dipertanyakan.

Bagaimana tidak, pasalnya pengguna dapat menentukan berapa banyak bandwidth yang dibutuhkannya. Sedangkan di sisi lain, banyaknya kelebihan dan kekurangan fiber optik mulai diperhitungkan dengan matang. Dengan mengetahui kedua sisinya, otomatis Anda tidak akan terkejut ketika sudah menggunakannya.

 

4. Tidak Menggunakan Arus Listrik

Perlu Anda ketahui bahwa jenis kabel satu ini tidak membutuhkan arus listrik ketika beroperasi. Secara tidak langsung, keunggulannya tersebut mampu menekan resiko terjadinya korsleting akibat kerusakan atau terputusnya jaringan di tengah jalan. Alhasil kabel mungil ini aman dan ramah digunakan.

Karena tidak tersambung dengan sumber listrik, otomatis tidak ada keluhan tentang adanya gangguan sinyal elektromagnetik maupun sinyal radio. Kondisi ini membuatnya mampu bekerja maksimal tanpa adanya hambatan. Bahkan siapa yang akan menyangka jika kabel satu ini memiliki ketahanan cukup tinggi, sehingga resiko terputus atau rusak dapat ditekan dengan baik.

Tidak mudah terbakar karena memang tidak tersambung dengan energi listrik, merupakan keunggulan lain dari menggunakan kabel optik. Alhasil resiko kebakaran dapat ditekan dengan baik, dan pengguna dapat mengirimkan data dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Tagihan listrik pun tidak akan membengkak ketika menggunakannya.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Client Server, Cara Kerja dan Fungsinya

 

Apa Saja Kekurangan Fiber Optik ?

 

1. Harga Relatif Mahal

Banyaknya keunggulan yang ditawarkan dalam satu kabelnya, membuatnya memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kabel lainnya. Secara tidak langsung, kondisi ini menyadarkan bahwa adanya kelebihan dan kekurangan fiber optik yang perlu Anda ketahui lebih dalam. Tingginya nilai jual juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya bahan pembuatannya.

Terbuat dari material berkualitas tinggi berhasil membuat kabel optik tidak mudah rusak namun juga dipatok dengan tarif yang melambung tinggi. Bukan hanya itu saja, tingginya anggaran yang harus dikeluarkan juga termasuk hitungan biaya pemasangannya yang cukup rumit. Bahkan kabel optik memerlukan perawatan sedikit berbeda dengan jenis kabel lainnya.

Perbedaan perawatan yang harus diberikan, berhasil membuat rentang perbedaan harganya semakin terlihat. Otomatis biaya perawatannya sendiri sudah menelan biaya yang cukup tinggi. Tingginya biaya yang harus ditanggung ketika menggunakannya, tampaknya menjadi suatu alasan kuat mengapa perusahaan dan pemerintah yang menggunakannya.

 

2. Proses Instalasi Cukup Rumit

Kabel optik memiliki ukuran yang cukup kecil dan tipis. Meski terkesan praktis dan tidak memakan tempat yang terlalu banyak, disisi lain ukurannya yang mungil justru menyulitkan teknisi dalam proses instalasi. Dibutuhkan ketelitian dan menerapkan metode pemasangan yang benar agar kabel dapat berfungsi optimal sesuai kebutuhan.

Ketelitian dan kesabaran sangat diperlukan dalam proses pemasangannya. Sebab kabel satu ini umumnya dipasang pada jalur yang berkelok atau pada sudut melengkung yang cukup tajam. Kondisi ini membuat pemasangannya menjadi lebih sulit dibandingkan dengan pemasangan jenis kabel biasa. Oleh sebab itu, pemasangan tidak bisa dilakukan oleh teknisi handal di bidangnya.

 

3. Tidak Dapat Dibelokkan Tajam

Pada kenyataannya, kabel fiber optik tidak dapat dipasang pada jalur berbelok yang terlalu tajam. Hal ini dikarenakan kabelnya yang menggunakan cahaya untuk menghantarkan sinyal. Apabila kabel dalam kondisi tertekuk, otomatis cahaya bocor dan tidak dapat berfungsi optimal. Oleh sebab itu, bukankah mengenal kelebihan dan kekurangan fiber optik penting bagi Anda ?

Baca Juga :

 

Itulah pengertian hingga kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh fiber optik. Dengan mengenalnya lebih jauh, Anda dapat memahami alasan utama mengapa jenis kabel satu ini begitu menarik untuk digunakan. Meski harus mengeluarkan anggaran lebih banyak, namun dianggap setara dengan banyaknya keunggulan yang bisa didapatkan.

Leave a Reply