Kelebihan dan Kekurangan Komputer Dibanding Perangkat Lain

Kelebihan dan Kekurangan Komputer  – Komputer menjadi salah satu benda yang cukup penting saat ini, baik untuk kegiatan belajar, kerja maupun bermain game. Meskipun penggunaan laptop dianggap lebih praktis, namun masih banyak masyarakat yang menggunakan komputer.

Penggunaan komputer memang menawarkan sejumlah keuntungan dibandingkan perangkat lain. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan komputer untuk menunjang kegiatan anda.

 

Keuntungan Menggunakan Perangkat Komputer

Kelebihan dan Kekurangan Komputer

Perangkat komputer memiliki beberapa kelebihan baik dari segi penggunaan maupun dari segi biaya. Jika dilihat dari segi biaya yang dibutuhkan untuk membeli komputer, mungkin tidak jauh berbeda dengan laptop.

Hanya saja harga komputer bisa lebih murah jika anda memilih komputer dengan spesifikasi yang lebih sedang. Dengan begitu, anda bisa menyesuaikan dengan dana yang ada saat ingin membeli komputer.

 

Memiliki Display Layar Yang Besar

Tidak hanya itu, penggunaan komputer juga memudahkan para pengguna saat melakukan pekerjaan. Hal ini dikarenakan layar komputer lebih lebar jika dibandingkan dengan laptop atau notebook.

Dengan kondisi layar yang cukup lega, maka pengguna bisa lebih leluasa saat menatap layar baik untuk kebutuhan pekerjaan dan administrasi, maupun untuk kegiatan game yang membutuhkan konsentrasi.

 

Performa Cepat dan Mempuni

Dari segi performa, kelebihan dan kekurangan komputer diantaranya memiliki prosesor yang lebih besar sehingga mendukung kinerja yang lebih cepat dan tidak cepat panas.

Tentunya penggunaan komputer ini sangat cocok untuk berbagai kegiatan yang mengharuskannya hidup dalam waktu yang cukup lama. Tak heran jika komputer masih banyak digunakan di perusahaan maupun jasa print dan lain lain. Khususnya juga untuk bermain game yang membutuhkan performa yang mempuni.

 

Pemakaian Lebih Flexible

Keyboard pada komputer lebih lengkap dan mudah. Selain itu, letaknya yang terpisah dengan layar monitor memudahkan pengguna untuk memakainya. Apalagi untuk kegiatan yang dilakukan di komputer selama berjam jam.

Dengan keyboard yang bisa diletakkan agak jauh dari layar monitor, maka pengguna bisa mengurangi cahaya yang pada layar monitor yang bisa menyebabkan radiasi yang tinggi sehingga mata harus bekerja lebih keras.

 

Mudah Dalam Perawatan dan Perbaikan

Kelebihan dan Kekurangan Komputer

Selain itu, perbaikan pada komputer juga bisa dilakukan dengan mudah dari semua komponen. Penggunaan hardware yang terpisah inilah yang menyebabkan pergantian komponen lebih mudah dilakukan.

Seperti misalnya jika terjadi kerusakan pada keyboard, maka perbaikan bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, komponen komputer juga bisa didapatkan dengan mudah karena banyak dijual di pasaran.

 

Kekurangan Penggunaan Perangkat Komputer

Meskipun penggunaan komputer menawarkan banyak kelebihan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa perangkat ini juga memiliki sejumlah kekurangan, sehingga anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan komputer ini. Beberapa diantaranya adalah seperti berikut ini.

 

Tidak Bisa Dibawa Kemana-Mana

Salah satu kurangnya penggunaan komputer adalah karena komputer memiliki komponen yang terpisah pisah sehingga menyulitkan bagi pengguna jika ingin memindahkan posisi atau membawanya untuk kemana mana.

Jika misalnya terjadi sebuah kebocoran di suatu ruangan yang terdapat komputer, maka pengguna juga akan kesulitan untuk memindahkannya. Apalagi setiap komponen sudah saling terhubung, sehingga langkah pertama harus memutuskan sambungan dari masing masing komponen.

Pemindahan komputer tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dan terkesan lebih ribet karena harus dilakukan satu persatu.

 

Instalasi Yang Ribet

Selain itu, penggunaannya juga dinilai kurang praktis. Hal ini disebabkan karena pengguna harus memasangan setiap komponen terlebih dahulu sebelum digunakan, mulai dari mouse, keyboard, CPU hingga monitor.

Pengguna juga membutuhkan tempat yang lebih luas untuk komputer karena komponen yang terpisah pisah tersebut. Sehingga penggunaan komputer kurang tepat jika anda memiliki ruangan yang sempit.

 

Jenis jenis Komputer yang  digunakan Berdasarkan Fungsi dan Ukuran

Ada beberapa jenis komputer yang memiliki fungsi dan ukuran yang berbeda beda. Seperti Personal komputer yang penggunaannya  digunakan untuk kebutuhan perorangan saja. Biasanya komputer jenis ini banyak digunakan di rumah, sekolahan maupun perkantoran.

Personal komputer seringkali digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, atau sehari-hari, serta memiliki kelebihan dan kekurangan komputer yang berbeda dengan jenis lain.

 

Komputer/PC Gaming

Namun ada juga komputer yang memang dikhususkan untuk kegiatan game. Komputer ini biasanya disebut dengan PC gaming. Mungkin jika dilihat secara fisik tidak ada perbedaan antara komputer  ini dengan personal komputer biasa.

Namun, dari spesifikasi perangkat yang digunakan, keduanya perangkat memiliki kapasitas ram dan processor yang berbeda. Dimana PC Gaming membutuhkan processor yang mumpuni serta kapasitas ram yang mendukung.

 

Komputer Khusus Editing

Selain itu ada juga PC rendering / editing yang memang khusus digunakan untuk pembuatan film, music maupun desain grafis . Pesonal komputer ini jugasering digunakan oleh editor atau composer untuk melakukan proses rendering.

Tentunya spesifikasi yang dimiliki oleh personal komputer ini juga berbeda. PC rendering / editing harus memiliki VGA card  bagus serta media penyimpanan yang  seperti hardisk yang lebih kuat.

 

Komputer Server

Pada perangkat jaringan komputer, anda akan menemukan komputer server. komputer jenis ini dapat digunakan untuk menjalankan program client-server. Kinerja dari komputer ini yaitu memberikan pelayanan kepada client yang meliputi service-service seperti, , database server web server, DHCP server, sehingga komputer yang tersambung dengan server  dapat menjalankan produk service yang telah diberikan server.

Kelebihan dan kekurangan komputer jenis ini yaitu  memiliki beberapa ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran cukup besar. Selain itu, komputer ini tidak mementingkan grafis yang dimiliki karena memang fungsinya yang berbeda. Namun dari spesifikasi, komputer ini harus memiliki processor yang bagus dengan penyimpanan data yang lebih besar untuk mendukung kinerja selama 24 jam tanpa henti.

 

Komputer Jaringan

Jenis komputer selanjutnya yaitu  Komputer yang biasanya dipakai agar dapat  terhubung dengan jaringan komputer serta dapat melakukan komunikasi melalui server maupun client lain yang tersambung pada jaringan tersebut.

Umumnya komputer jenis ini menggunakan kartu jaringan  (NIC) agar bisa terhubung ke komputer yang ada di jaringan komputer tersebut. Penggunaan komputer jenis ini banyak ditemukan di dunia pendidikan maupun perusahaan.

 

Komputer Mainframe

Kelebihan dan Kekurangan Komputer

Jenis komputer selanjutnya yaitu komputer Mainframe dengan ukurannya yang cukup besar. Komputer ini biasanya dipakai untuk menjalankan proses data dan aplikasi dengan jumlah yang cukup besar.

Susunan komputer mainframe yaitu komputer kecil yang di relasikan agar bisa saling  terintegrasi pada satu sistem sehingga bisa menjalankan proses data secara bersama. Kegunaan komputer ini banyak ditemukan id perusahaan besar.

Komputer mainframe banyak dipakai untuk memproses data survey, menangani proses transaksi di suatu bank serta untuk keperluan militer. Karena menggunakan perangkat yang handal, tak heran jika komputer ini memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi Komputer ini dijalankan selama 24 jam tanpa henti dimana kelebihan dan kekurangan komputer ini yaitu  perlu dilakukan pengawasan agar terhindar dari berbagai gangguan.

 

Baca Juga:

 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan komputer beserta jenis jenis komputer. Tentunya untuk memilih jenis komputer yang tepat, anda perlu mempertimbangkan fungsi dan ukuran yang dimiliki. Namun, kebanyakan jenis komputer yang digunakan untuk kegiatan sehari hari adalah PC, baik itu PC biasa maupun PC gaming. Ukuran komputer ini juga relatif standar dengan spesifikasi yang bermacam macam

Leave a Reply