Kelebihan Dan Kekurangan Smartphone Yang Harus Diketahui

Jika dulu untuk berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga yang jauh harus menggunakan surat atau telepon di wartel, maka hal ini sudah tidak berlaku di zaman sekarang. Karena dengan kecanggihan teknologi berkomunikasi menjadi lebih mudah dengan smartphone. Akan tetapi sebaiknya ketahui juga kelebihan dan kekurangan smartphone agar Anda dapat bijak dalam menggunakannya.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Smartphone

Setiap apa-apa yang ada di dunia ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan smartphone ini. Hampir setiap orang di zaman sekarang mungkin telah memiliki smartphone. Mengingat barang ini sangat krusial dan multifungsi. Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari benda canggih ini Anda bisa membaca ulasa berikut ini.

 

1. Memudahkan Dalam Berkomunikasi

Jarak memang selalu menjadi penghalang untuk berkomunikasi lebih cepat. Maka dari itu, berbagai inovasi dikeluarkan untuk dapat memudahkan manusia dalam berkomunikasi. Misalnya untuk mengabarkan keluarga yang meninggal, teman menikah, dan lain sebagainya. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, smartphone menjadi solusi untuk memecahkan masalah ini.

Dengan adanya smartphone, Anda bisa melakukan banyak hal yang diperlukan. Karena dengan benda ini memiliki banyak kelebihan yang memudahkan manusia dalam berbagai aspek. Salah satunya yaitu aspek sosial. Dengan menggunakan smartphone, Anda bisa berteman dengan banyak orang tidak hanya seputar daerah Indonesia saja, akan tetapi mungkin bisa saja sedunia.

Baca Juga: Daftar 10 HP Tercanggih di Dunia Tahun 2020, Anda Wajib Tahu!

 

2. Setiap Orang Bisa Terhubung Secara Global

Karena smartphone terhubung dengan internet yang bisa menghubungkan kita dengan dunia global dimana tidak terdapat sekat yang memisahkan antara satu tempat dengan lainnya. misalnya jika Anda ingin melihat wajah seseorang maka Anda hanya perlu melihat foto profil dari WhatsApp yang dimilikinya. Selain itu, jika Anda ingin berbicara secara langsung bisa melalui video call.

Dengan adanya smartphone juga menghadirkan media sosial yang memiliki banyak manfaat. Berita dapat mudah cepat menyebar dikarenakan kemudahan dalam mem-forward berita dari satu orang ke lainnya. Media online juga mulai bermunculan dikarenakan masyarakat mulai beralih ke berita online tanpa perlu membeli koran cetak.

Tentu saja ini menggambarkan bahwa komunikasi dengan berbagai jenis semakin pesat dan memang lebih praktis dilakukan. Namun tetap saja kelebihan dan kekurangan smartphone tidak bisa dipisahkan. Di samping kemudahan ini, terkadang ketika hal kecil saja bisa terhubung ke dunia global secara luas, bisa jadi merugikan, dan inilah salah satu bentuk kekurangannya.

 

3. Sebagai Ladang Untuk Berjualan Online

Selain dapat berteman dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia, dengan adanya smartphone Anda juga bisa meningkatkan penghasilan. Melalui media sosial ataupun marketplace yang telah dikembangkan oleh developer akan memudahkan Anda dalam berjualan secara online. Jualan online tidak harus menuntut Anda untuk menyetok barang di rumah.

Dengan sistem dropship, Anda bisa tetap berjualan dengan mudah tanpa perlu modal yang besar. Selain itu, Anda juga bisa menjangkau calon pembeli yang lebih banyak dibandingkan dengan berjualan secara konvensional dengan membuka toko di rumah. Calon pembeli bisa berasal dari luar kota, pulau, hingga mungkin luar negeri.

 

Baca Juga : Dampak Positif Smartphone Yang Wajib Anda Ketahui

 

4. Menjadi Ladang Subur Penyebaran Berita HOAX

Berita bohong atau yang biasanya disebut berita hoax kerapkali meresahkan masyarakat. Dengan teknologi yang semakin canggih, manusia dapat dengan mudah memberitakan berita hoax dan tidak terbukti kebenarannya. Hal ini merupakan salah satu kekurangan smartphone tidak selamanya smartphone yang berada di genggaman mempunyai dampak positif untuk Anda.

Maka dari itu, ketika seseorang memiliki smartphone sebaiknya bijaklah untuk menggunakannya. Apalagi setelah mengetahui adanya kelebihan dan kekurangan smartphone yang fifity-fifty. Teknologi dihadirkan untuk memudahkan manusia dan manusialah yang akan menentukan bagaimana peranannya.

Leave a Reply