Penasaran Kelebihan dan Kekurangan Telepon? Ini Ulasannya

Setiap pengguna  telah memahami bahwa dari tahun ke tahun teknologi telepon seluler akan terus memberikan manfaat secara sempurna. Secara luas manfaatnya bisa dirasakan berbagai kalangan. Namun, tidak banyak yang tahu apa saja kelebihan dan kekurangan telepon pada kenyatanya. Padahal, bagi pengguna yang rutin memanfaatkan, tentu harus lebih teliti dan mendalami terkait kedua aspek tersebut.

 

Kelebihan dan Kekurangan Telepon

Sebelum kecanggihan teknologi telepon berkembang, kita sering menggunakan akses surat ataupun telegram. Kemudian, muncullah akses telepon pertama kali yang mana masih jarang digunakan bahkan dianggap sebagai barang mewah. Sebelum anda membaca artikel ini, anda bisa lihat apa itu pengertian telepon. Lalu, seperti apa kelebihan dan kekurangan akses telepon ini sampai sekarang? Jika penasaran, simak ulasannya berikut.

 

Kelebihan Telepon

Sebagai salah satu produk teknologi, tentu saja ada banyak kelebihan telepon yang bisa di dapatkan penggunanya. Kelebihan tersebut pastinya selama ini telah dirasakan dengan baik. Dan berikut beberapa daftar kelebihan tersebut.

1. Mempermudah Interaksi Sosial

Adanya akses telepon pastinya memberi keuntungan berupa kemudahan dalam interaksi sosial. Pengguna akses komunikasi telepon akan mendapatkan kemudahan karena tak harus bertemu secara langsung dengan lawan bicara. Cukup dengan menggunakan komunikasi telepon genggam saja sudah bisa mendengarkan suara dari lawan bicara.

2. Menggali Banyak Krativitas

Seperti kita tahu bahwa penggunaan telepon sekarang ini tidak hanya fokus pada akses berbicara saja, akan tetapi pengguna masih bisa mengandalkan akses SMS. Dengan ini, siapa saja bisa langsung mendapatkan kesempatan untuk mengetahui hal-hal kreatif yang saat ini benar-benar dibutuhkan dan mengembangkan kreatifitas agar lebih hidup.

3. Lebih Fleksibel

Telah banyak kalangan menganggap bahwa penggunaan akses telepon genggam sekarang ini memberi kemudahan yang lebih praktis dan mudah. Hal ini karena sifat felksibilitasnyaAnda tak perlu bepergian keluar rumah untuk berkomunikasi dengan tetangga ataupun saudara di luar kota sampai luar pulau sekalipun. Hubungan jarak jauh bahkan bisa tetap berlangsung dengan adanya telepon tersebut

 

Kekurangan Telepon

Untuk memberikan pembahasan lengkap, tentu saja kelebihan dan kekurangan telepon harus dibahas secara seimbang. Setelah mengetahui berbagai kelebihan yang ditawarkannya, ada juga beberapa kekurangan telepon yang mungkin belum banyak disadari. Berikut ulasannya.

1. Tidak ada Kontak Fisik

Ketika kita bertemu dengan seseorang, bisa dipastikan ada banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan salah satunya kontak fisik. Seperti kita kenali sekarang ini akses dari kontak fisik tidak diperlihatkan sejak penggunaan telepon makin marak.

Karena itulah dari efek buruk telepon ini biasanya tidak memperlihatkan kontak fisik ataupun tidak ada aktivitas bertatap muka. Hal ini kadangkala bahkan cukup negatif karena bisa menimbulkan salah paham dalam komunikasi.

2. Pemalsuan Identitas

Seringkali penggunaan telepon justru memberi dampak buruk kepada penggunanya. Pemalsuan identitas dan juga tindak penipuan sekarang ini makin marak dilakukan. Untuk itulah penggunaannya tetap harus diwaspadai dan kian berkembangnya telepon setiap orang juga harus berhati-hati.

Demikian pula bagi pengguna dari berbagai kalangan, tetaplah harus bijak sehingga perkembangan telepon ini tidak akan memicu lebih jauh lagi berbagai hal negatif sebagaimana disebutkan. Apalagi berkaitan dengan identitas dan sejenisnya yang notabenya sangatlah penting dalam kehidupan.

 

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Smartphone

 

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan telepon. Sebagai sebuah produk teknologi, tentu saja keberadaan keduanya tidak dapat dipungkiri lagi. Untuk bisa membuatnya tetap bermanfaat, tentu memang penggunalah yang harus bijak. Jika digunakan dengan baik, maka hasilnya pun akan baik. Ditambah lagi dari setiap versi telepon memiliki keunggulan masing-masing yang sanggup menambah daya kreativitas pengguna.

Leave a Reply