Kelebihan dan Kekurangan Windows Ini Penting Anda ketahui

Windows adalah salah satu perusahaan penyedia sistem operasi (OS) bagi komputer dan laptop. Banyak PC di dunia ini yang menggunakan Windows sebagai Osnya. Bisa dibilang windows OS yang paling banyak digunakan saat ini. Meskipun demikian windows tetap tidak sempurna. Masing-masing Kelebihan dan kekurangan windows bahkan cukup seimbang. Lalu, apa saja daftanya? Simak informasi berikut ini.

 

Kelebihan Windows

Saat ini sudah banyak tentunya kelebihan windows yang terasa di tengah masyarakat. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

 

1. Tampilan Mudah Digunakan

Saat sebelum ada OS seperti windows komputer sangat sulit digunakan oleh orang awam. Anda sebagai orang Awam tentu akan sangat kesulitan menghafal setiap perintah untuk mengoperasikan komputer menggunakan DOS. Berterima kasihlah pada microsoft yang mengembangkan OS Windows dengan menggunakan mouse dan menyebarluaskannya sampai ke kita.

Meskipun saat Apple juga menggunakannya, namun saat ini OS windows masih yang dipandang lebih mudah digunakan oleh masyarakat.

 

2. Software yang kompatibel sangat Banyak

Berkembang luasnya penggunaan windows berimplikasi pada pengembangan software dengan OS tersebut menjadi banyak sekali. Hampir kebanyakan software ada versi windowsnya, tapi belum tentu ada versi Linux-nya. Sehingga sebagai pengguna windows cukup dimanjakan dengan banyaknya software yang kompatibel dengan Windows.

 

3. Fitur Troubleshooting

Ada sesuatu yang tidak beres dengan komputer Anda. Apakah karena hardwarenya, drivernya, atau ada masalah di softwarenya. Apabila menggunakan windows, Anda akan sangat dibantu oleh fitur troubleshooting yang ada dalam setiap OS windows. Anda tidak perlu mencari-cari di mana kesalahan dari komputer Anda. Tinggal menjalankan fitur itu dan masalah diketemukan.

 

4. Aplikasi Office-nya terbaik

Software paling banyak digunakan saat ini adalah aplikasi keperluan perkantoran sepeti MS Office. Namun dari sekian banyak aplikasi perkantoran MS Office-lah juaaranya yang paing baik dan mudah digunakan di masyarakat.

Keuntungan OS Windows adalah aplikasi MS Office ini sudah kompatibel dengannya. Sebab pengembangnya sama-sama microsoft. Bila menggunakan OS lainnya seringkali masih mencoba mencari cara agar MS Office bisa digunakan di OS tersebut.

 

5. Banyak Programer menguasai

Dukungan dari Developer sangat baik dalam membantu apabila terjadi error. Selain itu banyak para programmer yang sudah sangat meguasai OS ini sehingga sangat mudah dikembangkan dan diperbaiki. Ini menjadi keunggulan tersendiri mengingat jika dibandingkan dengan MacOS para programer lebih sulit menggunakannya sebagai superuser.

 

Kekurangan Windows

Mengingat kelebihan dan kekurangan windows akan selalu berdampingan, di samping kelebihannya tentu kekurangan juga penting kenali lebih jauh sebagaimana berikut.

 

1. Harganya Mahal

Kekurangan pertama dari Windows adalah harganya yang mahal. Harganya yang mahal menjadi kekurangan tersendiri dari OS ini.

 

2. Rentan Virus

Banyaknya yang menggunakannya, juga banyak programmer yang menguasainya bisa berarti buruk. Karena akan juga banyak orang yang membuat virus untuk OS ini. Banyaknya virus dari OS ini terkadang bisa sangat memusingkan karena harus sering-sering update antivirus.

 

3. Mudah Dihack

Sama seperti sebelumnya, banyaknya programer yang memahaminya juga berarti sistem OS ini sudah terpahami seluk beluknya. Dengan demikian banyak orang yang bisa melakukkan hacking pada OS ini.

 

4. Update Terus

Update terus mungkin terdengar positif, karena Anda akan mendapatkan penyempurnaan-penyempurnaan OS Anda. Namun pandangan itu tidak tepat. Sebab pengembangan software aplikasi lainnya juga dikembangkan kompatibilitasnya dengan OS yang ada.

Apabila OS dengan cepat diupgrade namun pengembang-pengembang software yang selain OS tidak mampu mengikuti, yang terjadi adalah sedikitnya software yang kompatibel dalam sistem OS tersebut. Artinya OS-nya diupgrade belum tentu software lainnya kompatibel dengannya.

 

Baca Juga : Kelebihan Windows 10 Dibandingkan Versi Lainnya

 

Itulah kelebihan dan kekurangan Windows yang perlu Anda ketahui. Semogga artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan terkait Microsoft Windows bagi Anda yang belum familiar terkait informasi tersebut.

Leave a Reply