Contoh Kesimpulan dan Saran Pada Laporan PKL/PRAKERIN

Kesimpulan dan Saran laporan PKL/Prakerin – Selamat untuk anda yang sudah berhasil melaksanakan PKL ataupun PRAKERIN. Saatnya anda membuat laporannya, bagian paling sulit dan butuh proses yang agak lama (Hanya Sebentar jika anda melakukannya dengan giat) yaitu adalah membuat sebuah Laporan Prakerin yang diharuskan dan diwajibkan di sekolah-sekolah kejuruan.

Di sebuah laporan terdapat Pembukaan, Kata Pengantar, Isi, dan tentunya penutup. nah, kali ini diartikel ini akan membagikan beberapa contoh dari pada Bagian isi, yaitu Kesimpulan dan Saran. Ada beberapa contoh yang akan diberikan.

 

Kesimpulan dan Saran Pada Laporan PKL/PRAKERIN

 

Contoh Kesimpulan dan Saran 1 :

 

Kesimpulan

Setelah saya melakukan PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) di PT.TUNAS TOYOTA RIDEAN TBK. Saya mendapatkan banyak manfaat, baik itu pengalaman, pengetahuan, dan semua yang terkait dalam dunia kerja. Sehingga saya dapat menambah wawasan yang saya dapatkan selama ini, karena hanya dengan praktek saya bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan yang sudah saya dapat di sekolah. Sehingga suatu saat nanti jika saya memasuki dunia kerja tidak akan ragu melakukannya, karena sebelumnya sudah mempunyai pengalaman yang baik.

 

Kesan

Selama saya melakukan PRAKERIN saya merasa senang serta mendapatkan pengalaman bekerja,. Meskipun saya masih banyak kekurangan tetapi saya tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti sistem kerja. Saya juga sangat berterima kasih kepada semua karyawan PT. TUNAS TOYOTA RIDEAN TBK. Khususnya Divisi Body Repair yang selalu meluangkan waktunya untuk berbagi pengetahuan, dan pengalaman secara langsung.

Pengalaman itu bagi saya sesuatu yang paling berharga, terutama sifat kekeluargaannya menjadikan suasana kerja lebih nyaman dan menyenangkan. Semoga pengalaman yang singkat ini dapat dijadikan momen untuk meningkatkan semangat belajar, sehingga pada waktunya kelak saya merasa siap bersaing dalam dunia kerja baik di dunia industri maupun dunia usaha lainnya.

 

Saran

Dari hasil selama saya melakukan kegiatan PRAKERIN, saya memberikan saran agar PRAKERIN dapat dilaksanakan dengan lancar dan baik kedepannya serta saya berharap :

Kepada para peserta PRAKERIN agar mempersiapkan diri dengan menguasai pelajaran yang akan diterapkan dalam industri, agar memudahkan dalam melakukan praktek kerja lapangan di perusahaan.

Saya juga ingin memberikan saran pada pihak perusahaan terutama di Plant Administrasi agar tidak perlu sungkan terhadap anak PKL, usahakan berikan tugas asalkan dengan bimbingan terlebih dahulu sebelum tugas dilaksanakan, agar hasilnya menjadi efektif dan efisien.

 

Contoh Kesimpulan dan Saran 2 :

 

Kesimpulan

Selama melaksanakan kegiatan praktek kerja industry (PRAKERIN) di PT. Indorama Petrochemicals, penulis mengambil beberapa kesimpulan :

  • PT. Indorama Petrochemicals merupakan produsen Purified Terephthalic Acid (PTA), Polyester Fiber & Film, yang dimana menghasilkan 500.000 ton dalam setahun.
  • Department Electric bekerja pada bagian penggerak, pengendali, dan pengontrol.
  • Untuk mengikuti ujian nasional siswa perlu melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN).

Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung pada pekerjaan sesungguhnya. Dengan adanya PRAKERIN penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan dunia kerja yang dibimbing oleh pihak industri, dan bahkan kami dapat mengukur sejauh mana penguasaan ilmu praktek listrik.

 

Saran

Bagi siswa atau siswi yang melakukan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) saran yang paling penting adalah menjaga nama baik sekolah di mana perusahaan tempat di laksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan mematuhi peraturan yang ada di perusahaan.

Bagi sekolah sebaiknya siswa atau siswi yang akan diterjunkan ke perusahaan untuk mengikuti PRAKERIN dibekali terlebih dahulu mengenai pekerjaan yang akan dilakukan dalam perusahaan, sehingga siswa atau siswi merasa siap baik secara mental maupun fisiknya.

 

Contoh Kesimpulan dan Saran 3 :

 

Kesimpulan 

  • Setelah mengadakan dan melaksanaka Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) akhirnya saya mengetahui yang sebenarnya atas hasil yang diperoleh dari sekolah, serta memperoleh pengetahuan tentang teori-teori, praktek dan bahan-bahan atau benda yang belum pernah di pelajari di sekolah.
  • Disamping itu juga saya dapat mengetahui bagaimana pengalaman bekerja di industri. Dengan hal tersebut, penyusun menjadi dewasa dan lebih menghormati kerja keras orang tua. Karena mencari nafkah untuk keluarga memanglah tidak mudah, butuh banyak pengorbanan.
  • Dapat memahami konsep-konsep non akademis dan non-teknis di dunia kerja, seperti menjaga hubungan atasan dengan bawahan, menjaga hubungan relasi dan sebagainya.

 

Saran-saran 

Pada akhir dari bagian karya tulis ini, saya akan menyampaikan saran-saran, baik untuk pihak sekolah maupun bagi pihak industri tentang pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).

  • Untuk Perusahaan
  1. Diharapkan agar kerjasama antara sekolah dengan perusahaan lebih ditingkatkan dengan banyak memberi peluang kepada siswa/i SMK untuk Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
  2. Untuk para karyawan lebih ditingkatkan lagi motivasi dan kedisiplinannya dalam bekerja.
  3. Hubungan karyawan dengan siswa/i Prakerin diharapkan selalu terjaga keharmonisannya agar dapat tercipta suasana kerjasama yang baik.
  • Untuk Sekolah
  1. Pemantauan terhadap siswa/i yang sedang Prakerin maupun yang baru akan melaksanakan Prakerin agar lebih ditingkatkan lagi untuk menyakinkan pihak perusahaan terhadap program PRAKERIN ini.
  2. Dalam pembekalan materi fisik maupun mental agar lebih ditingkatkan terutama untuk pembinaan mental siswa/i.
  3. Dan juga guru-guru selalu memberikan motivasi, bimbingan dan keringanan pada siswa/i yang sedang PRAKERIN.

 

Baca Juga : 

 

Itu adalah beberapa Contoh Kesimpulan dan Saran laporan PKL/Prakerin yang bisa anda gunakan untuk membantu dalam pembuatan laporan anda, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply