5 Komponen Jaringan Komputer Yang Harus Diketahui Pemula

Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lainnya melalui jaringan. Untuk bisa terhubung pada sebuah jaringan, komputer memerlukan lima komponen yang harus ada agar aktivitas pertukaran data dan informasi bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Sebelum anda membuat sebuah jaringan, yuk simak komponen jaringan komputer yang harus disiapkan!.

 

Beberapa Komponen Jaringan Komputer Penting

1. Network Operating System

Komponen jaringan komputer ini adalah sistem operasi yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan. Sistem operasi yang banyak digunakan seperti Windows Server, Mac OS X Server dan Linux Server. Sistem operasi ini biasanya diinstal kedalam komputer server dan berfungsi sebagai pengontrol hardware dan software pada seluruh komputer client.

Baca Juga: Pengertian Topologi Jaringan dan Jenis-jenisnya Yang Harus Diketahui

 

2. Kartu Jaringan atau NIC

NIC atau Network Interface Card adalah bagian yang sangat penting pada sebuah komputer. Kartu ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke perangkat jaringan yang lain. NIC adalah bagian dari hardware yang berbentuk kartu ekspansi, digunakan untuk menghubungkan komputer pada sebuah jaringan dengan bantuan kabel jaringan. Nic sering dikenal dengan Network Card, Ethernet Card, atau LAN Card.

Komponen jaringan komputer ini bisa mengubah aliran data paralel menjadi serial, mengontrol data flow diantara komputer dan sistem kabel jaringan, menerima data dari komputer lain, menerjemahkan data kedalam bentuk bit, dan sebagai media penghubung jaringan local dengan jaringan internet. NIC memiliki 2 jenis, yaitu Logical Network Interface (Kartu Jaringan Logis) yang berbentuk software, dan Phsyical Network Interface (Kartu Jaringan Fisik) yang berbentuk hardware.

 

3. Media Transmisi Sebagai Jembatan

Bagian media transmisi ini berfungsi untuk menghubungkan antar komputer dalam jaringan. Media transmisi ini memiliki 2 jenis, yaitu Wireles network dan wired network. Wireless network adalah jaringan komputer yang memanfaatkan sinyal tanpa menggunakan kabel. Sinyal yang digunakan memiliki frekuensi yang berbeda seperti 2,4 GHz, 5,5 Ghz, dan lainnya. Sedangkan wired network yang memanfaatkan kabel UTP yang berbahan tembaga tanpa pelindung didalam kabel UTP.

Data-data yang dikirimkan dalam sebuah jaringan dapat dikirimkan dengan 2 media, yaitu Cooper Media yang sering disebut kabel data, optical media yang berfungsi mengirim sinyal cahaya antar lokasi dengan speed yang tinggi, dan wireless media yang berfungsi mengirimkan data dengan bantuan sinyal radio dan tidak membutuhkan kabel. Jika tidak ada komponen jaringan komputer pada PC, maka proses pertukaran data tidak akan berjalan dengan baik.

Baca Juga : Pengertian Kabel Jaringan, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

 

4. PC Untuk Proses Transaksi Data

Ketika anda melakukan proses pertukaran data, hal yang perlu dipersiapkan pertama kali adalah PC. Jika tidak ada PC anda juga bisa menggunakan notebook, netbook, atau laptop sebagai wadah transaksi data dari 1 komputer ke komputer lainnya. Ada 3 hal penting  yang perlu diperhatikan dalam komputer, yaitu hardware, software, dan brainware. Hardware adalah perangkat keras yang bisa disentuh.

Perangkat keras ini meliputi mouse, keyboard, motherboard, prosesor, RAM, monitor, printer, speaker, dan lainnya. Sedangkan software adalah perangkat lunak yang bisa kita lihat, namun tidak bisa kita sentuh secara fisik karena berada didalam komputer. Software dibagi menjadi 2, yaitu sistem operasi komputer seperti Mac OS, Windows, Linux dan software aplikasi seperti aplikasi edit video, aplikasi foto, aplikasi multimedia dan lainnya.

Sedangkan Brainware adalah komponen jaringan komputer yang berperan dalam mengoperasikan dan menjalankan perangkat komputer alias pengguna. Tanpa brainware, aktivitas pertukaran data dan informasi tidak akan berjalan. Pengguna bisa mendapatkan segala informasi dan data yang diinginkan melewati input, kemudian informasi atau data tersebut akan dikeluarkan melewati output.

 

5. Kabel Kabel Untuk Jaringan

Untuk menghubungkan beberapa komputer ada beberapa kabel khusus yang digunakan sebagai media penghubung. Ada beberapa jenis kabel yang bisa digunakan, yaitu Twisted Pair, Network Device, Kabel Coaxial, dan Optical media. Kabel Twisted pair dibagi menjadi 2, yaitu kabel STP dan UTP. Kabel STP adalah jenis kabel telepon yang sering digunakan dalam bisnis instalasi adn media transmisi untuk menerima data.

Sedangkan kabel UTP adalah kabel yang sering digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) yang berfungsi sebagai penghantar dataBeralih pada Kabel Coaxial, yang merupakan jenis kabel antena TV tetapi banyak digunakan dalam jaringan komputer. Komponen jaringan komputer selanjutnya adalah Optical Media yang berukuran sangat kecil, dan data dikirim melalui kabel serat optik.

Data yang dikirimkan oleh optical media ini berbentuk cahaya seperti laser atau inframerah. Kemudian Network Device, yang berperan sebagai pendukung transmisi data yang didalamnya include dengan Repeater, Router, Hub, Switch, Wireless card, Acces point, Modem, dan lainnya. Alat-alat ini nantinya akan digunakan sebagai pusat terkoneksinya seluruh jaringan pada komputer.

Baca Juga : Membuat Jaringan LAN Sederhana Tanpa Kabel

 

Itulah deretan komponen yang dibutuhkan ketika anda akan membangun sebuah jaringan komputer. Ketika anda sudah  berhasil membuat jaringan komputer, maka jangan lupa untuk merawatnya agar aktivitas transmisi data tetap alncar dan tidak mengalami gangguan. Bagian yang perlu dirawat adalah konektor RJ45, Hub, Switch, komputer klient dan komputer server. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply