9 Komponen PC Gaming, Untuk Merakit PC Impianmu

Pembahasan Kali ini mengenai beberapa komponen PC gaming. Kamu seorang gamer? Bermain game PC memang sangat menyenangkan. Semakin banyaknya pecinta game PC membuat game yang dibuat untuk PC semakin berkembang. Sejalan dengan hal tersebut, untuk bermain game PC yang keren tentunya membutuhkan sebuah perangkat komputer yang mempunyai kinerja yang mumpuni.

Namun, sayangnya, harga sebuah PC yang dikhususkan untuk bermain game masih mahal di pasaran. Tenang! Sesungguhnya kamu bisa mengakali hal tersebut dengan merakit komponan PC gaming sendiri. Kemampuan yang kamu butuhkan adalah kemampuan merakit komputer sendiri.

 

Komponen Untuk Merakit PC Gaming

Rakit PC sendiri merupakan pilihan tepat jika kamu ingin memiliki sebuah PC gaming. Jika kamu masih bingung bagaimana cara merakit sebuah PC dengan baik dan benar, ada banyak tutorial yang tersebar di internet mengenai bagaimana cara merakit sebuah PC dengan baik. Komponen PC gaming murah pun dapat dengan mudahnya kamu dapatkan di pasaran. Berikut ini adalah beberapa jenis komponan PC yang harus kamu persiapkan.

Baca Juga: Tips Bermain Game Berat Di PC/Laptop Kentang

 

1. Graphic Processing Unit (GPU)

Komponen PC Gaming

Selanjutnya adalah GPU. Perangkat ini merupakan salah satu bahan-bahan merakit PC gaming yang dibutuhkan. GPU akan membantu Central Processing Unit (CPU) ketika komputer digunakan.

Sebetulnya sebuah komputer atau PC akan tetap bisa bekerja jika di dalamnya tidak terdapat sebuah GPU. Kegunaan GPU adalah agar sebuah PC mampu menjalankan perintah dengan baik ketika ada sebuah video grafis. GPU membantu PC agar video grafis yang ditampilkan bekerja secara baik, cepat, halus dan tanpa patah-patah.

Tidak hanya itu, GPU juga dapat membantu CPU agar kinerja PC dalam melakukan perintah lainnya dapat dieksekusi dengan baik oleh PC tersebut. Keberadaan GPU dapat meringankan kinerja CPU sehingga daya tahan CPU menjadi lama. Ketiadaan GPU akan membuat CPU bekerja secara maksimal dan mempengaruhi umumr CPU sendiri. Oleh karena itu, GPU merupakan komponen wajib jika kamu ingin merakit PC sendiri.

 

2. Power Supply Unit (PSU)

Komponen PC Gaming

Komponen yng diperlukan untuk merakit PC dan spesifikasinya akan sangat bergantung pada pemilihan komponan yang kamu pilih. Power Supply Unit atau biasa disingkat PSU merupakan salah satu komponen yang mutlak ada.

PSU memiliki kegunaan sebagai penghantar aliran daya ke PC sehingga sangat mutlak diperlukan. Di pasaran, ada banyak PSU yang memiliki harga yang murah dengan kualitas yang baik. Pintar-pintarlah menawar jika kamu beli di toko tidak resmi.

Perhatikan dengan baik kondisi PSU sebelum kamu membelinya dan tanyakan kepada penjual apakah ada garansi yang diberikan jika dalam beberapa hari ke depan PSU tidak berfungsi.

Baca Juga: Pengertian Power Supply, Jenis, Cara Kerja dan Fungsinya

 

3. Cooler

Bisa dibilang bahwa cooler merupakan bukan perangkat ini dalam perangkat PC gaming. Namun, bukan berarti bahwa peran Cooler dapat disepelekan, bahkan cooler memiliki peran yang sangat penting, khususnya dalam menjaga kesehatan dan performa CPU dan mother board.

Aktivitas PC gaming bebeda dengan PC biasa di mana PC gaming akan bekerja lebih berat dibandingkan dengan PC biasa. Aktivitas bermain game dengan grafis yang berat akan membuat motherboard bekerja keras. Motherboard yang sedang bekerja akan menghasilkan panas.

Jika panas tersebut tidak dialirkan ke luar perangkat, umur motherboard tidak akan bertahan lama. Cooler menjadi perangkat pengantar panas sehingga suhu motherboard dan CPU tetap terjaga.

 

4. Hard drive

Hard Drive Disk (HDD) atau biasa disebut Hard Disk merupakan perangkat berikutnya yang kamu butuhkan ketika akan merakit PC sendiri. HDD adalah perangkat penyimpanan yang mampu mendata semua data digital.

Semua jenis file akan tersimpan di dalam HDD bahkan sistem operasi yang digunakan sebuah PC akan disimpan di dalam sebuah HDD. Jika sebuah HDD rusak, besar kemungkina semua data dan file yang ada di dalam sebuah PC akan rusak atau bahkan hilang.

Di pasaran saat ini, terdapat dua jenis HDD, yaitu HDD internal dan HDD eksternal. HDD internal akan disimpan di dalam perangkat PC dan tidak bisa dengan mudah dipindahkan. Berbeda dengan HDD eksternal yang lebi praktis dan bisa dipindahkan kemanapun.

 

5. VGA Card (Kartu Grafis)

Kartu Grafis membantu PC dalam menampilkan dan mengimplementasikan grafis sehingga kinerja CPU, GPU dan motherboard akan terbantu. Kartu grafis atau VGA Card merupakan peragkat yang mutlak jika ingin merakit PC gaming high end. Semakin bagus kualitas sebuah VGA, maka kemampuan komputer dalam menerjemahkan dan menampilkan grafis semakin baik.

Baca Juga: Pengertian VGA Card dan Fungsinya Pada Sebuah Komputer

 

6. Case Computer

Untuk alasan estetika, kamu perlu membeli sebuah case computer agar PC kamu terlihat keren dan cantik. Tanpa sebuah case computer, komponan komputer akan terlihat.

Hal ini secara estetika tidak baik. Di pasaran, harga sebuah case computer dijual dengan harga yang relatif murah. Cara merakitnya sendiri pun mudah sehingga kamu tidak perlu membayar tukang untuk merakitnya.

Yang dibutuhkan dalam merakit sebuah case computer hanyalah sebuah obeng yang sesuai ukurannya dengan mur dari case computer tersebut. Pastikan kamu merakitnya dengan benar. Dengan case computer, komponen PC murah akan terlihat seperti PC high end.

 

7. Memory, Solid State Disk (SSD) dan Hard Disk

Komponen PC Gaming

Perangkat ini sangat membantu dalam menjalankan aktivitas gaming yang kamu lakukan. Secara teratur, SDD akan menyimpan semua jenis aktivitas data gaming kamu. Selain itu, SSD juga akan memperlancar kinerja PC sehingga PC dapat dengan lancar bekerja.

Baca Juga: Perbedaan HDD dan SSD, Mana yang Lebih Baik

 

8. Motherboard

Motherboard bisa dikatakan nyawanya sebuah PC. Motherboard juga merupakan pusat otak yang bekerja untuk sebuah PC. Oleh karena itu, dalam merakit sebuah PC sendiri, diperlukan sebuah motherboard yang memiliki kinerja yang sangat mumpuni. Semakin modern sebuah motherboard, maka kinerjanya akan semakin baik.

Di pasaran, harga sebuah motherboard sangat beragam. Mulai dari yang murah sampai yang mahal semua tersedia. Agar kinerja PC yang kamu rakit memiliki kinerja yang mumpuni, akan sangat baik jika kamu membeli sebuah motherboard dengan kualitas terbaik.

Meskipun harga sebuah motherboard dengan kualitas baik dibanderol dengan harga yang cukup menguras dompet namun hal tersebut akan terbayar dengan kinerja PC gaming kamu yang menakjubkan. Kamu bisa membeli sebuah motherboard gaming.

 

9. Random Access Memory (RAM)

Komponen PC Gaming

Komponen merakit PC gaming murah selanjutnya yang kamu butuhkan adalah sebuah RAM. Random Access Memory membantu kinerja motherboard dan CPU dalam mengerjakan perintah yang diberikan kepada komputer. Ketiga perangkat tersebut memiliki saling ketergantungan. Sebuah motherboard yang mahal dan bagus sekalipun tidak akan berfungsi dengan baik tanpa kehadiran sebuah RAM.

Demi menunjang kinerja motherboard, sangat disarankan agar kamu membeli sebuah RAM dengan kapasitas besar. Semakin besar sebuah kapasitas RAM makan kinerja sebuah PC akan semakin baik. untuk kapasitas rata-rata sebuah PC gaming, kapaistas sebuah RAM yang ideal adalah sebesar 8 GB.

Baca Juga:

 

Demikian daftar komponen PC gaming yang kamu butuhkan untuk dirakit. Sebelum memutuskan untuk merakit sendiri, pastikan kamu harus bertanya kepada orang-orang yang setidaknya ahli atau memiliki pengalaman dalam merakit PC sendiri.

Leave a Reply