Beberapa Komponen Wajib Untuk Merakit PC Gaming

Komponen Wajib Untuk Merakit PC Gaming – Bagi anda yang memiliki keahlian dalam bidang komputer, merakit PC gaming bukan menjadi suatu pekerjaan sulit. Namun kondisi tersebut tidak berlaku bagi anda yang tidak memilki ilmu dasar tersebut. Bahkan bagi seorang gamer, belum tentu mereka mengetahui cara merakit PC dan komponen yang digunakan untuk mendukung bermain game lebih baik. Agar tidak sembarangan merakit PC gaming, simak ulasan berikut.

 

Pertimbangan Membeli Perangkat Terbaik Untuk PC

Komponen Wajib Untuk Merakit PC Gaming

Sebelum merakit PC impian, ada baiknya anda melakukan riset terlebih dahulu selama berjam jam. Mungkin saja, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan riset, dapat berjalan hingga berhari hari lamanya. Banyaknya waktu tersebut dilakukan, untuk mencari bagian yang dirasa paling cocok untuk dipasangkan dengan bagian lainnya. Namun hal yang paling penting, yaitu memastikan PC anda tetap seimbang antara futureproof dan ekonomisnya.

Ketika PC berjalan seimbang, dapat membantu performa PC menjadi lebih baik. Oleh karenanya, anda membutuhkan komponen tepat agar PC berjalan maksimal. Walaupun terdengar sulit dilakukan, anda bisa meminta bantuan kepada para ahlinya. Dengan begitu, anda akan terhindar dari kerugian akibat pemilihan komponen yang kurang  tepat.

 

Komponen Merakit PC Gaming

Komponen Wajib Untuk Merakit PC Gaming

Power Supply

Power Supply dengan kualitas terbaik, menjadi komponen yang tidak boleh dilewatkan untuk merakit PC gaming. Walaupun memilih Power Supply, tidak sesulit ketika mencari kartu grafis (GPU) terbaik.  Hanya saja tanpa adanya GPU terbaik, komputer kesayangan anda tidak bisa berfungsi maksimal. Pemakaian komponen terbaik, akan meningkatkan performa PC agar lebih memadai.

Melihat kondisi tersebut, ada baiknya langsung membeli prosesor terbaik untuk PC anda. Pilihlah Power Supply terbaik seperti Corsair RM750x, yang memiliki supply terlengkap yang bisa dibeli segera. Ketika membeli produk tersebut, anda akan mendapatkan garansi selama 10 tahun lamanya. Prosesor ini, memiliki peringkat efisiensi sebesar 80 Gold Plus. Serta prosesor satu ini, miliki sistem kabel modular secara penuh.

Oleh karenanya, anda hanya perlu menginstal kabel, yang hanya dibutuhkan aja. Tidak perlu mengintal banyak kabel, sehingga anda tidak akan melihat lagi berbagai kabel berantakan. Ketika menggunakan Power Supply ini, anda bisa merasakan manfaat lain yang diunggulkannya. Manfaat yang paling terasa, yaitu aliran udara menjadi lancar daripada versi PSU non modularnya.

 

Baca Juga : Tips Bermain Game Berat Di PC/Laptop Kentang

 

VGA Card

Komponen yang tidak kalah penting untuk dipilih dalam merakit PC gaming, yaitu pemilihan VGA keluaran Nvidia dan AMD. Ada tips sederhana untuk memilih GPU terbaik untuk PC bermain game, yaitu dengan tidak membeli GPU yang tidak lebih tua jika dihitung dari dua generasi ke belakangnya. Core Clock dan VRAM nya tampak serupa, atau bahkan lebih baik, daripada versi sebelumnya.

Kelebihan lainnya yang dibawa oleh GPU satu ini, pendinginnya terletak bagian bawah dengan tingkat kebisingan rendah dan teknloginya kompatibel. Misalnya saja Core Clock deri GeForce RTX 2000, memiliki tingkat lebih rendah daripada Core Clock seri RTX 1000. Namun keduanya dirasa masih jauh lebih cepat, lantaran masih ada faktor lain seperti peningkatan jumlah core CUDA. Pada seri RTX 2000, mampu menghasilkan efek visual yang cukup spektakuler.

Core Clock seri RTX 2000, nampaknya seperti DLSS (Deep Learning Super Sampling) dan ray tracing. Namun bukan berarti, anda harus membeli GPU seri RTX 2000 meskipun memiliki kualifikasi yang sangat bagus. Alasannya karena, teknologi grafis akan terus berkembang pesat daripada komponen lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak salah memilih GPU versi lama.

 

Tempat Penyimpanan SSD

Bukan menjadi rahasia lagi bila, setiap game yang memiliki ukuran cukup besar menuntut grafisnya dimainkan pada hardisk SSD. Walaupun tidak menutup kemungkinan, untuk dijalankan di HDD yang memiliki kapasitas 7200 rpm. Bahkan windows 10, akan menjadi jauh lebih baik ketika dijalankan pada SSD. Oleh karena itu, pastikan anda merakit PC gaming menggunakan SSD untuk meningkatkan peforma PC gaming.

Memasuki akhir tahun, apa jenis SSD yang bisa dipilih untuk PC bermain anda? Kemungkinan anda pernah mendengar mengenai SSHD, yang menawarkan keuntungan kinerja lebih kecil daripada HDD biasa. Apabila anda berniat untuk mengabungkan keduanya, pastikan anda menggabungkan kedua drive tersebut secara terpisah.

Jika dilihat dari kacamata teknis, M.2 SSD sudah memiliki kecepatan baca ataupun tulis lebih cepat. Sayangnya anda hanya bisa merasakannya, ketika menggunakan slot M.2 motherboard yang telah menggunakan protokol NVMe. M.2 menjadi protokol tingkat paling dasar, yang akan memberikan kinerja sama denagn SSD 2.5 yang telah berbasis SATA. Apabila anda memiliki dana lebih, bisa membeli SSF biasa dan ditambahkan dengan NVMe untuk PC anda.

 

RAM

Komponen untuk merakit PC gaming lain yang tidak kalah penting adalah pemilihan RAM yang memiliki kapasitas besar. Pemasangan RAM ketika merakit PC gaming, tidak bisa dilakukan semabarang.  Banyaknya RAM yang dimiliki, dapat berpengaruh bagi performa kecepatan PC berjalan. Setidaknya anda akan membutuhkan RAM sebesar 8 GB, ketika ingin bermain game kelas menengah. Bahkan pada game keluaran terbarunya, memiliki spesifikasi untuk dimainkan para komputer yang memiliki RAM sebesar 10 hingga 12 GB.

 

Baca Juga : Simak! Begini Cara Mempercepat Windows 10

 

Agar bermain game lancar tanpa hambatan, anda membutuhkan PC yang memadai. Untuk mendapatkan PC impian, anda bisa menambahkan beberapa komponen untuk menunjang bermain game. Hanya saja, anda tidak bisa menambahkan komponen secara sembarangan. Dengan pemilihan komponen tepat, menjadikan PC dapat berjalan seimbang dan lebih maksimal.

Leave a Reply