Begini Cara Kompres File PDF Jadi Super Kecil

Kompres File PDF – Bagi anda yang bekerja dan selalu berhadapan dengan paper dan konten penulisan pastinya anda akan sangat akrab dengan format PDF. Hal ini dikarenakan dengan adanya PDF merupakan salah satu format yang banyak digunakan oleh sebagian masyarakat. Penampilan PDF sendiri pun memiliki tampilan yang sederhana sehingga banyak orang yang memakainya. Untuk itu, kali ini akan diulas tentang cara mengompres file PDF agar anda  mudah untuk menggunakannya.

 

Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Kompres File PDF

1. Passport PDF Reducer PDF

Kompres File PDF

Sebagai salah satu cara yang mudah untuk mengecilkan ukuran PDF agar nyaman untuk digunakan tentu saja sangat mudah untuk anda lakukan. Hal ini dikarenakan anda bisa menginstal salah satu software yang banyak digunakan untuk mengompres file yang berbentuk PDF tersebut.

Anda bisa menggunakan Passport PDF Reducer PDF. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mendownload melalui browser  anda.

Baru setelah itu, anda bisa menginstalnya melalui komputer atau laptop anda. Setelah anda selesai mendonwload dan menginstalnya, maka anda pun nantinya bisa masuk dengan cara menjalankan program Passport PDF Reducer PDF ini terleih dahulu di komputer anda.

Hal ini bisa menjadi salah satu cara mengompres file PDF. Selanjutnya, anda bisa mencari file yang berbentuk PDF dengan cara meng klik pada Source.

Nantinya file yang sudah anda kompres akan terlihat pada kolom bawah yang bernama kolom destination. Langkahnya adalah ketika anda telah menentukan file PDF mana yang akan di kompres dan nantinya akan diletakkan di mana, maka anda bisa menekan tombol start.

Kemudian anda bisa menunggu selama beberapa saat hingga proses kompres selesai. Setelah file telah berhasil di kompres maka akan muncul pop up yang menandakan kalau berhasil.

 

2. Adobe Acrobat Pro

Kompres File PDF

Cara mengompres file PDF selanjutnya adalah dengan aplikasi Adobe Acrobat Pro yang dimana aplikasi ini merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Adobe yang terpercaya karena telah memiliki banyak pengguna.

Aplikasi ini pun ternyata memiliki fitur yang berguna untuk mengompres PDF. Hal yang perlu anda lakukan pertama kali adalah menginstal terlebih dahulu aplikasi satu ini.

Jika anda tidak memilikinya, maka anda bisa mendownload aplikasi tersebut dan kemudian instal di laptop ataupun komputer anda. selanjutnya anda bisa membuaka dan menjalankan Adobe Acrobat yang ada di laptop anda.

kemudian, anda pun bisa membuka file PDF yang ingin and kompres dengan cara klik menu file yang tersedia di halaman aplikasi tersebut yang berada di pojok kiri atas.

Lalu, anda pun bisa memilih open atau anda juga bisa memberikan perintah berupa ctrl + o pada keyboard anda. Selanjutnya carilah file PDF yang ingin anda kompres, yang kemudian setelah file PDF terbuka anda bisa menyimpannya dengan cara klik menu file kemudian klik svae as other dan lalu pilih Reduced Size.

Kemudian nantinya akan muncul poop up window yang berisi keterangan dan pada pilihan make compatible with pilihlah Retain Existing dan klik OK.

 

3. Free PDF Compesor

Bagi anda yang ingin memperkecil ukuran file PDF, maka anda pun bisa melakukannya dengan cara mengompres file PDF mellaui Free PDF Compesor. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi gratis yang berguna untuk kompres file dalam bentuk PDF yang tampilannya terbilang sangat sederhana. Apaliaksi ini pun hanya bisa melakukan kompres sebanyak 1 file PDF dalam satu waktu.

Untuk mulai menggunakannya, anda bisa dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasinya melalui browser jika anda belum memilikinya. Selain itu, anda pun bisa membuka aplikasi tersebut dan browser file PDF yang ingin anda kompres.

Nantinya anda akan menemukan kotak yang didalamnya berisi tempat dimana PDF file tersebut akan dimbil dan jika sudah dikompres akan terlihat outputnya di sebelah mana.

Selanjutnya pada menu settings yang tertera pada kotak dialog box, maka anda bisa memilih bentuk file yang anda inginkan. Baru setelah itu, anda bisa mulai untuk melakukan kompres dengan cara klik Compress yang tertera pada kotak dialog box. Anda bisa menunggunya selama beberapa saat hingga proses kompres PDF anda telah selesai.

 

4. Melalui Microsoft Word

Kompres File PDF

Cara mengompres file PDF juga bisa anda lakukan dengan menggunakan Microsoft Word. Hal ini bisa anda coba dengan klik menu File dan kemudia anda bisa mencari dan memiliki file PDF yang nantinya akan anda kompres.

Selanjutnya, file otomatis tersebut akan meerubahnya menjadi file word yang ditandai dengan muncul pop up dan klik OK. Selanjutnya, pada file PDF yang terbuka anda bisa menyimpannya dna memiliki minimum size pada opsi optimize for dan klik save.

 

Baca Juga : Cara Mempercepat Download di Crhome

 

Mengompres file dalam bentuk PDF sebenarnya adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Ditambah lagi, langkah langkah yang ditreapkan pun cenderung sangat mudah. Untuk kompres file yang menggunakan aplikasi, anda bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis melalui browser sehingga nantinya anda bisa mengompres file tanpa mengeluarkan biaya.

Leave a Reply