Latar Belakang dan Tujuan PKL/Prakerin Di Laporan

Setiap makalah atau laporan pasti wajib adanya latar belakang laporan, fungsinya untuk mengetahui apa tujuan anda membuat laporan tersebut. Termasuk juga dalam laporan pkl/prakerin (Praktek Kerja Industri) yang akan anda buat, harus dibuatnya bab latar belakang. Berikut ini terdapat beberapa contoh untuk latar belakang dan juga tujuan dari PKL/Prakerin.

Contoh Latar belakang dan Tujuan Prakerin/PKL 1 :

 

Latar Belakang Masalah

Pendidikan sebagai usaha untuk membentuk,mempersiapkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas adalah tanggung jawab semua pihak sekolah,keluarga dan masyarakat. Kerja sama untuk saling mengisi dan melengkapi dari ke-tiga pihak tersebut mutlak diperlukan. Salah satu bentuk kerja antara sekolah dan masyarakat dalam hal ini Dunia Usaha adalah bentuk Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dengan tujuan untuk memperkokoh, keterkaitan dan kesesuaian (Link and Match) antara sekolah dan Badan Usaha sebagai konsumen lulusan sekolah.

 

Dasar Pemikiran

  • Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 1990 : “Masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional. (UUSPN, Bab XIII 47, ayat 1 tahun  1990)”
  • Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 1990 : “Peran serta masyarakat dapat membentuk pemberian kesempatan untuk latihan kerja. (PP No 39, Bab 2, Pasal 4, Butir 8, tahun 1990)”
  • Keputusan Mediknas tahum 1992 : “Kerjasama SMK dengan dunia usaha saling menguntungkan. (Kepmendiknas No. 094/U/1992 pasal 33)
  • Kurikulum SMK tahun 1994
  • Program Kerja SMK YP tahun 2014-2015

 

Tujuan Program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)

Tujuan Penyelenggaraan Praktek Kerja Dunia Industri adalah :

  • Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional (dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja).
  • Memperkokoh “Link and Match” antara sekolah dan dunia kerja.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi untuk memasyarakatan diri yang sebenarnya,baik sebagai penerima pekerja, penerima upah, maupun sebagai pekerja mandiri, terutama yang berkenan dengan disiplin kerja.
  • Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
  • Menyiapakan siswa dan siswi untuk memasuki kerja dan mengembangkan sikap profesional.
  • Meningkatkan kemampuan siswa dan siswi untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menumbuhkan dan mematangkan sifat profesional yang diperlakukan siswa dan siswi dalam memasuki dunia kerja.
  • Memperoleh masukan dan umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan kejuruan.
  • Memberikan peluang bagi penempatan lulusan sekolah menengah kejuruan.

 

Contoh Latar belakang dan Tujuan Prakerin/PKL 2 :

 

Latar Belakang Diselenggarakan PRAKERIN

Latar adanya tuntunan kurikulum (KBK), yaitu di mana siswa diharuskan untuk menguasai tugas-tugas yang diberikan oleh pihak sekolah baik teori maupun praktek, maka pihak sekolah bekerja sama dengan pihak industri, agar siswa benar-benar mampu praktek, sekolah perlu mengadakan praktek kerja industry (PRAKERIN). Guna memperluas pengetahuan dan sebagai perbandingan antara teori dengan keadaan sebenarnya. Juga sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Semester (UAN) agar menjadi generasi bangsa yang handal menguasai IPTEK.

Tujuan Pelaksanaan PRAKERIN

  1. Untuk memperluas pengetahuan tentang dunia industri
  2. Meningkatkan dan mengembangkan IPTEK
  3. Sebagai perbandingan teori dengan praktek yang sebenarnya
  4. Proses pengenalan dan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan lebih dini
  5. Melahirkan sikap tanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

 

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar untuk Laporan PKL/PRAKERIN

 

Itulah beberapa contoh dari latar belakang pkl/prakerin, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply