Macam-macam Bahasa Program dan Penjelasannya

Tahukah Anda bahasa pemograman yang ada di komputer atau bahkan mungkin Anda sering menggunakannya? Bagi orang yang awam mengenai dunia pemograman, pasti merasa asing dengan bahasa pemrograman, meskipun sudah terbiasa menggunakannya. Terdapat macam-macam bahasa program yang ada di dunia, simak penjelasannya berikut ini.

Bahasa pemograman adalah untaian kata-kata berupa instruksi standar untuk memerintah komputer sehinggga juga dikenal sebagai bahasa komputer, yang mana merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik. Seorang programmer dapat menentukan data secara tepat untuk diolah dan disimpan oleh komputer, dan langkah lainnya dalam berbagai situasi.

 

Mengenal Tingkatan Bahasa Program

macam Bahasa Program

Seorang developer wajib mengetahui dan menguasai bahasa pemograman untuk membangun sebuah aplikasi atau software dimana nantinya bahasa komputer tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk aplikasi yang dibuatnya. Bahasa pemograman ternyata memiliki level yang terdiri dari 3 tingkatan, yaitu bahasa tingkat tinggi, bahasa tingkat menengah, dan bahasa tingkat rendah.

  • Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa pemograman yang mendekati bahasa manusia, seperti Bahasa Basic, Visual Basic, Java, dan Pascal.
  • Bahasa tingkat menengah merupaka bahasa pemograman yang bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi dan rendah, seperti Bahasa C.
  • Bahasa tingkat rendah merupakan bahasa pemograma yang masih jauh dari bahasa manusia, seperti bahasa Assembly.

 

Macam-Macam Bahasa Program

Ada banyak sekali jumlah bahasa pemograman, dan tentu saja, developer tidak menggunakan semuanya. Nah, setelah mengetahui tingkatan dari bahasa pemograman di atas, selanjutnya Anda dapat mengetahui macam-macam bahasa program yang sering digunakan oleh programmer berikut ini.

 

1. Bahasa Pemograman MICROSOFT VISUAL BASIC

Microsoft Visual Basic yang sering disingkat dengan VB adalah paket bahasa pemograman tingkat tinggi yang dirilis pada tahun 1993. Visual Basic (VB) merupakan kombinasi yang terintegrasi antara Visual Basic Editor dengan Visual Basic yang memberikan kemudahan pada pengguna untuk mendesain dan membangun program Visual Basic.

 

2. Bahasa Pemograman Javascript

Javascript merupakan bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang menggunakan bahasa pemograman ini, dibutuhkan Javascript-enabled browser yakni browser yang mampu menjalankan JavaScript.

 

3. Bahasa Pemograman C

Bahasa pmograman ini diciptakan untuk memprogram sistem dan jaringan komputer. Namun demikian, bahasa pemograman ini juga banyak digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. Selain itu, bahasa pemograman ini juga banyak dipakai pada paltform sistem operasi dan arsitektur komputer.

 

4. Bahasa Pemograman HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language (HTML) yaitu bahasa pemograman yang populer di kalangan developer karena penggunaannya yang mudah dan cepat. Bahasa pemograman ini digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan berbagai informasi yang ada dalam sebuah web internet dalam tampilan wujud yang terintegrasi.

 

5. Bahasa Pemograman PERL

Mirip dengan bahasa pemograman C, bahasa pemograman ini digunakan untuk mesin dengan sistem operasi Unix, seperti SunOS, Linux, BSD, dan HP-UX. Tidak hanya itu, bahasa pemograman ini juga tersedia untuk sistem operasi DOS, Windows, PowerPC, VMS, PocketPC, BeOS, dan EBCDIC.

 

6. Bahasa Pemograman WML

Wireless Markup Language yang biasanya disingkat dengan WML merupakan bahasa pemograman yang digunakan dalam aplikasi yang berbasis XML (eXtensible Markup Language). Bahasa pemograman ini digunakan dalam aplikasi wireless dan merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

 

7. Bahasa Pemograman PHP

PHP merupakan singkatan dai PHP Hypertext Processor adalah bahasa pemograman yang pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf dan merupakan server side scripting yang dirancang untuk membangun website yang dinamis, seperti WordPress, Facebook, dan Digg.

 

Baca Juga : Pengertian Baterai, Fungsi, Dan Jenis-Jenisnya

 

Nah, demikian daftar macam-macam bahasa program atau bahasa komputer dan penjelasannya masing-masing. Mungkin beberapa di antaranya sangat familiar bagi Anda. Dalam penggunaanya, tentu ini sangat penting bagi seorang progammer.

Leave a Reply