Macam-macam Brainware Yang Anda Harus Ketahui

Brainware merupakan pelaku yang mengoperasikan komputer. Brainware menjadi satu kesatuan utuh dalam sistem komputer.  Sistem komputer meliputi brainware, software serta hardware. Software dan hardware tidak akan jalan tanpa adanya Brainware. Berikut ini macam-macam brainware yang penting untuk diketahui :

 

Beberapa Macam-macam Brainware

Teknisi

Teknisi adalah salah satu brainware yang memegang peranan penting dalam kesatuan sistem komputer, salah satunya adalah Teknisi. Teknisi merupakan pelaku utama dari brainware, karena teknisi yang lebih mengetahui sistem komputer. Teknisi juga yang memegang peranan penting dalam kesatuan sistem komputer pada perusahaan.

Teknisi bertugas sebagai technical support yang memastikan berjalannya suatu sistem komputer pada perusahaan tertentu. Keseharian nya sebagai brainware karena pekerjaan sehari – hari mengecek, menjaga dan memastikan suatu sistem komputer berjalan dengan baik.

 

Petugas Entry Data

Dalam setiap perusahaan tentunya mengenal petugas Data Entry, untuk menginput proses masuk dan keluarnya jumlah barang. Petugas Entry Data merupakan salah satu brainware karena pekerjaan sehari – harinya menginput data dan mengontrol pengeluaran data pada sistem komputer.

Petugas Entry Data dapat dikatakan sebagai brainware, karena kesehariannya mengolah data, baik meliputi pembelian, dan penjualan yang dilakukan secara komputerisasi.

 

Operator komputer

macam macam brainware

Berbicara mengenai daftar macam-macam brainware, operator komputer adalah nama selanjutnya. Karena pekerjaan sehari – hari nya mengawasi perjalanan sistem komputer serta memastikan sistem komputer tersebut berjalan lancar, maka Operator komputer masuk ke dalam brainware

Pekerjaan Operator komputer hampir menyerupai teknisi, hanya saja pengaplikasiannya untuk skala yang lebih kecil. Operator komputer memastikan sistem software pada komputer berjalan lancar.

 

Project Manajer

Sebagaimana namanya, manajer berperan sebagai brainware yang bertanggungjawab atas kelangsungan proyek pada sistem komputer. Manajer tersebut merupakan pengatur jalannya proyek yang dibangun. Sistem komputer yang dijalankan oleh Project Manajer itu dijadikan sebagai perangkat yang memudahkan proyek tersebut berjalan lancar. Itu sebabnya Project Manajer merupakan brainware.

 

Programer

macam macam brainware

Programer bertanggungjawab untuk  membuat program komputer pada perusahaan tertentu, sehingga komputer tersebut berjalan sesuai program yang dibuatnya. Programer mengatur susunan pada Software,  agar dapat dijalankan sesuai dengan program yang disusun.

 

Pelaku Desain Grafis

Pekerjaan pelaku desain grafis adalah membuat animasi pada perangkat komputer, sehingga wajar saja jika profesi yang satu ini menjadi salah satu brainware dalam mengoperasikan komputer. Desain Grafis harus Jago menggambar di komputer. Itu sebabnya profesi ini menjadi brainware, karena menjadi pelaku utama penggunaan komputer.

 

IT (Information Technology)  Jaringan

Jaringan pada sistem komputer tentunya tidak terlepas dari IT jaringan. Profesi ini mengontrol dan mengawasi jaringan pada suatu perusahaan, agar sistem berjalan sebagai mana mestinya. IT jaringan bekerja pada perusahaan dengan skala lebih besar, serta memiliki jaringan komputer yang lebih besar.

 

Sistem Analis

Profesi yang satu ini merupakan salah satu brainware yang bertanggungjawab atas perancangan sistem komputer. Ia bertugas untuk menganalisa dan mendesain serta mengoperasikan komputer. Sistem Analis bekerja pada sistem komputer dengan skala yang lebih besar. Jaringan yang akan dirancang, dianalisa terlebih dahulu sehingga melahirkan sistem yang sempurna.

 

Software Builder

Profesi yang satu ini hampir mirip dengan Programer yaitu bertanggungjawab pada perancangan Software pada jaringan komputer rancangan nya. Profesi ini juga bekerja sama dengan sistem Analis, guna membangun sistem komputer dari proyek buatannya

 

Baca juga : Pengertian Brainware Dan Tugasnya Dalam Dunia Industri

 

Itulah macam-macam brainware yang berperan sebagai pelaku pengguna komputer. Software dan hardware tidak akan berfungsi tanpa adanya brainware karena ketiganya merupakan satu kesatuan utuh yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini membuat posisi brainware sangat penting dalam pengoperasian komputer sendiri.

Leave a Reply