Macam-Macam Hardware dan Fungsinya Pada Komputer

Hardware atau perangkat keras yang di miliki oleh computer merupakan sebuah bagian fisik dari komputer yang berguna untuk menjalankan sebuah perintah. Hardware pada komputer secara umum dapat di lihat atau di sentuh dan di gunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini macam-macam hardware pada komputer dan beserta dengan fungsinya yang harus Anda ketahui.

 

Beberapa Macam-Macam Hardware Pada Komputer

Macam-Macam Hardware

Motherboard

Motherboard atau mainboard ini merupakan papan sirkuit yang tepatnya berada di dalam CPU dan berfungsi sebagai pengendali atau terminal dari seluruh program. Atau bisa juga di artikan sebagai suatu perangkat keras yang fungsinya menghubungkan semua komponen yang terdapat pada komputer. Pada motherboard ini tersusun dari beberapa komponen elektronik beragam.

Seperti halnya adalah CMOS, BIOS, chipset, VGA, RAM, hardisk, processor dan masih banyak yang lainnya. Motherboard ini memiliki jenis yang berbeda-beda, akan tetapi jenis yang paling umum atau paling sering di gunakan oleh komputer adalah berjenis AT. Bahkan motherboard berjenis AT ini merupakan motherboard yang terbaru.

 

Keyboard/Papan Ketik

Macam-Macam Hardware

Tentunya beberapa orang telah mengetahui akan hardware yang satu ini. Ya, keyboard sendiri merupakan sebuah perangkat yang di gunakan untuk memasukkan data dalam yang berupa angka, huruf maupun symbol. Papan ketik yang di miliki oleh komputer ini juga memiliki jenis-jenis yang beragam namun fungsinya masih tetap sama.

Beberapa jenis tersebut antara lain adalah keyboard QWERTY, keyboard Dvorak, keyboard Alphabetic, keyboard Klockenberg. Namun dari beberapa macam jenis keyboard tersebut, keyboard berjenis QWERTY yang banyak di pilih dan di gunakan oleh beberapa orang. Untuk mengubungkan antara keyboard dengan komputer, keyboard telah di lengkapi dengan kabel dan port USB.

 

Mouse

Mouse masuk ke dalam kategori macam-macam hardware yang tentunya memiliki fungsi tersendiri. Perangkat keras yang satu ini merupakan perangkat masukan yang bertugas sebagai penunjuk pointer atau kursor yang muncul pada layar monitor. Mouse di sini sangat membantu tugas dari si pengguna untuk menjalankan perintah-perintah dalam menghasilkan sebuah data dan informasi.

Mouse sendiri kebanyakan berbentuk menyerupai tikus dengan ukurang yang berbeda-beda. Untuk menghubungkan antara mouse dengan komputer, mouse di bekali dengan kabel yang memiliki port USB. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, mouse telah di kembangkan tanpa menggunakan kabel dalam hal penggunaannya.

 

Monitor

Macam-macam hardware selanjutnya yang ada pada komputer adalah monitor. Monitor di sini merupakan perangkat keras yang umumnya berbentuk persegi dan berfungsi untuk mengeluarkan hasil atau data informasi yang telah di proses dalam bentuk tampilan atau gambar. Monitor di sini merupakan perangkat keras yang sangat penting untuk menunjang kegunaan dari sebuah komputer.

Hingga saat ini monitor komputer memiliki beberapa jenis yang bisa Anda gunakan. Seperti halnya adalah monitor berjenis tabung, monitor LCD, monitor LED dan juga monitor berjenis plasma. Selain itu ukuran dari monitor ini juga berbeda-beda sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk mengolah sebuah data ataupun informasi pada komputernya sendiri.

 

RAM

RAM atau bias di sebut dengan rando acces memory ini merupakan perangkat keras yang letaknya berada di dalam CPU atau lebih tepatnya di motherboard. RAM memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan atau penampung segala data dan informasi instruksi program sementara pada sebuah komputer. Data pada RAM bisa menghilang jika power suplay telah di non-aktifkan atau di cabut.

Keberadaan serta kapasitas yang di miliki oleh RAM ini sangat berpengaruh kepada kecepatan serta kinerja proses yang di miliki oleh komputer tersebut. Jadi semakin besar kapasitas RAM-nya maka kecepatan dalan memproses data akan lebih cepat dan begitu juga sebaliknya. RAM di sini memiliki 6 jenis di antaranya adalah dynamic RAM, SD RAM, RDR RAM, DDR RAM, S RAM dan juga Edo RAM.

 

Hardisk

Salah satu perangkat keras yang di miliki oleh komputer ialah hardisk. Hardisk ini umumnya memiliki bentuk persegi dan memiliki ketebalan sekitar 1,5 cm. Hardisk merupakan perangkat keras yang di dalamnya terdapat sebuah piringan yang berfungsi sebagai penyimpan data yang ada pada komputer. Hardisk pada komputer sendiri memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Selain itu pada era sekaranf ini hardisk telah di produksi dengan jenis yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari komputer yang di pakai. Hardisk komputer sendiri untuk saat ini terdapat tiga jenis yang paling sering di gunakan seperti halnya SATA, PATA dan juga SCSI. Hardisk sendiri membutuhkan banyak tenaga untuk menyimpan data dan informasi dalam jumlah yang besar.

 

Power Supply

Macam-macam hardware yang di miliki oleh komputer selanjutnya adalah power supply sendiri merupakan perangkat keras yang di gunakan untuk memberikan energy dan tenaga arus listrik pada sebuah komputer. Power supply sendiri umumnya berbentuk kotak dan terdapat kipas angin kecil di dalamnya, Selain itu power supply sendiri juga memiliki port yang akan dihubungkan langsung ke CPU.

Secara umum, power supply selalu membutuhkan sebuah sumber listrik yanf nantinya akan di ubah menjadi energi atau tenaga yang dapat menggerakkan semua komponen di komputer. Sistem kerja dari power supply sendiri sangat sederhana yakni mengubah atau mengkonversi daya 120V ke sebuah bentuk aliran sesuai dengan daya yang di butuhkan oleh komponen-kompien pada komputer.

 

VGA Card

VGA Card atau di sebut juga dengan video graphics accelerator ini merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai mengolah atau memproses serta menerjemahkan data output grafis ke dalam layar monitor. Tak sedikit yang beranggapan jika VGA card ini tidak begitu penting pada sebuah komputer karena sebagian hanya menjadikan komputer sebagai aktivitas multitasking.

Namun bagi Anda yang menyukai game, yang pasti VGA Carr memiliki peran yang sangat penting untuk di gunakan. VGA Card juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menggunakan komputer tersebut seperti apa. VGA card juga memiliki 2 jenis yang tidak sama adalah VGA card on board dan VGA card yang biasanya terdapat pada komputer.

 

Baca Juga : Beberapa Komponen Wajib Untuk Merakit PC Gaming

 

CPU (Central Processing Unit)

CPU atau bisa di artikan dengan central processing unit ini adalah salah saru dari macam-macam hardware yang di miliki oleh komputer. Keberadaan dari CPU di sini bertugas sebagai mengekskusi sebuah perintah pada perangkat komputer yang lainnya. CPU dapat memahami serta memproses perintah yang telah di berikan oleh perangkat komputer.

Di dalam sebuah CPU ini memiliki empat komponen yang saling berhubungan yakni unit control, regrister, ALU dan juga interkoneksi. Beberapa komponen yang terdapat pada CPU ini memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda di setiap pengerjaannya. Jadi keberadaan dari CPU sendiri sangat penting untuk berjalannya semua proses yang ada pada komputer.

Dan itulah beberapa macam-macam perangkat keras yang terdapat pada sebuah komputer beserta dengan penjelasannya masing-masing.

Leave a Reply