Macam-Macam Search Engine dan Penjabarannya

Search engine merupakan sebuah program komputer yang dirancnag untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam beberapa layanan seperti www (world wibe web), publikasi milis, ftp (file transfer Protocol), ataupun news group yang berada pada sebuah server.  Saat ini, ada banyak macam-macam search engine yang sering digunakan dan penggunaannya pun sangat pesat.

Hal ini tidak mengherankan karena search engine (mesin pencari) dapat dengan mudah menyediakan informasi yang relevan serta berkualitas dengan keyword yang dicari oleh pengguna internet. Berikut ini akan diulas beberapa jenis mesin pencari beserta penjabarannya.

 

Macam-Macam Search Engine

Google

Dapat dibilang jika Google merupakan search engine terbesar yang digunakan oleh masyarakat global, bahkan Google dijuluki sebagai “The King of Search Engine. Berpusatkan di Mount View, California, Amerika Serikat. Mesin pencari ini bahkan menjadi salah satu perusahaan terbesar yang menerima jutaan trafik perhari dari berbagai belahan dunia.

Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page seorang lulusan Universitas Michigan dan Sergey Brin ini bahkan melebarkan sayapnya dengan menjajahkan kemampuannya pada berbagai media. Seperti layanan video streaming YouTube, Gmail, Google Adsword, Google Adsense, hingga merambah pada sistem operasi smartphone yang digunakan jutaan manusia di dunia.

 

Yahoo!

Yahoo! Inc. merupakan search engine terbesar kedua setelah Google. Yahoo! Search menyediakan fasilitas email gratis yang dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan bergam pencarian di dunai maya dalam berbagai kategori yang di inginkan.

 

Bing

Bing merupakan search engine keluaran Microsoft dan merupakan reinkarnasi dari ketiga pendahulunya, diantaranya Live Search, Windows Live Search, serta MSN Search. Bing diyakini mampu memberikan hasil pencarian yang lebih akurat karena berbasiskan pada teknologi PowerSet.

Bing mengklasifikasi pencarian berdasarkan empat kategori, yakni pencarian halaman situs atau website, pencarian berita, pencarian video dan gambar, serta pencarian apa dan siapa yang merupakan kategori paling banyak dicari melalui Bing.

 

Blekko

Blekko merupakan sebuah perusahaan search engine yang bertujuan memberikan hasil pencarian terbaik. Pencarian dilakukan dengan menggunakan metode pencarian yang mengombinasi algoritma tradisional. Sehingga mampu menghasilkan pencarian-pencarian yang akurat.

Blekko mengklaim bahwa search engine ini didesain untuk mengeliminasi spam yang kerap kali muncul dalam hasil pencarian dengan mengusung tanda slashtag (garis miring) dalam setiap kata pencarian.

 

Ask

Salah satu dari macam-macam search engine selanjutnya ialah Ask. Ask.com yang kini cukup populer di masyarakat didirikan oleh Garret Gruener dan David Warthen pada tahun 1996. Ask.com memiliki fitur Q&A community yang memiliki fungsi yang sama dengan Yahoo Answers.

 

Baca Juga : Pengertian Search Engine, SERP dan SEO

 

DuckDuckGo

Search engine satu ini memiliki sisi menarik, diamana ketika Anda bertanya mengenai sejarah atau fakta, maka akan dipaparkan secara rinci menggunakan enjin janaan.

Dan perbedaan DuckDuckGo dengan search engine yang lain ialah, Zero Click info yang hampir setiap kali Anda melakukan pencarian maka akan nampak suatu tabel. Tabel ini akan memaparkan definisi, sejarah bahkan info-info yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda cari.

DuckDuckGo didesain untuk menghormati privasi penggunanya. Tim pengembangnya menganggap bahwa fungsi dari pencarian terbaik bida didapatkan tanpa harus melakukan tracking kepada para penggunanya.

 

Alltheweb

Yang masuk daftar macam-macam search engine yang terakhir ialah Alltheweb. Merupakan search engine yang berasal dari FTP yang tergabung dalam jaringan Yahoo, Alltheweb menyediakan fasilitas pencarian meliputi picture, video, audio, serta news. Keunggulan yang dimiliki ialah pencarian file pada FTP Server.

Demian FTP merupakan teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file. Sedangkan web sebenarnya lebih ditujukan untk teks. Dan sejauh ini hanya Alltheweb yang menyediakan jasa pencarian file.

Leave a Reply