10 Macam-macam Sistem Operasi Untuk Komputer

Macam-macam Sistem Operasi Untuk Komputer – Untuk anda yang mempunyai sebuah perangkat komputer, maka tidak asing dengan OS atau sistem operasi, seperti windows, Mac OS dan lainnya. Sedikit dijelaskan bahwa sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang dimana berfungi untuk menjalankan suatu program dan penghubung antara hardware dengan software. Untuk lebih jelasnya, anda bisa baca artikel mengenai pengertian sistem operasi.

 

Macam-macam Sistem Operasi

Di dalam sistem operasi terdapat banyak macam-macamnya. Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangnya. Beberapa pengembang sistem operasi seperti microsoft dan Apple, menggunakan fitur yang berbeda antara satu sama lainnya.

Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan macam-macam sistem operasi yang ada di komputer, beserta kelebihan dan juga kekurangannya.

 

MS DOS

Macam-macam Sistem Operasi

MS DOS atau Microsoft Disk Operation System, merupakan sistem operasi terdahulu yang dibuat oleh Microsoft untuk komputer IBM. MS DOS juga adalah kiblat dari pada sistem-sistem operasi yang ada saat ini. Pada sistem operasi ini, untuk tampilannya masih berbentuk seperti Command Prompt yang dimana hanya ada tulisan dan tidak adanya gambar, untuk warna tampilan juga masih hitam putih.

MS DOS memiliki kelebihan yaitu untuk ukuran sistem operasinya sangat kecil, karena hanya menampilkan berupa tulisan. Dengan ukuran yang kecil tersebut, penggunaan memori penyimpanan juga relatif kecil.

Disamping kelebihannya, MS DOS memiliki kekurangan seperti, tampilan yang hanya berupa teks atau tulisan dan juga tidak adanya gambar. Untuk perintah-perintah masih berbentuk kode tulisan yang dimana sulit untuk dimengerti dan juga diingat.

 

Windows

Macam-macam Sistem Operasi

Sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer adalah Windows. Lebih dari 80% pengguna memilih untuk menggunakan sistem operasi ini. Windows merupakan sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini merupakan pengembangan dari MS DOS. Pada saat MS DOS sudah dihentikan untuk pengembangan versinya, maka windows hadir untuk menggantikannya,

Berbeda dari pendahulunya, Windows memiliki interface tampilan berupa grafis seperti gambar, dan juga memiliki banyak warna. Dengan tampilan visual tersebut memudahkan untuk para pengguna dalam menggunakan dan mengoperasikan komputer

Windows digunakan pada komputer-komputer IBM dan menjadi sistem operasi yang banyak digunakan hingga saat ini. Tidak hanya untuk komputer IBM, windows juga merambah keberbagai jenis dan merk komputer lainnya.

Windows versi paling pertama yang dikembangkan adalah versi 1.0 yang dibuat pada tahun 1983. Kemudian dari versi pertama itu Microsoft mengembangkan hingga saat ini, dan versi yang paling baru adalah windows 10 yang dibuat tahun 2015.

Kelebihan dari sistem operasi windows adalah visual tampilan yang lengkap dan juga berwarna. Windows mudah dimengerti oleh para pengguna komputer. Windows juga merupakan sistem operasi yang kompatibel atau bisa digunakan pada banyak komputer dengan merk dan jenis yang berbeda. Untuk mengatasi permasalahan yang ada pada sistem, windows memiliki navigasi troubleshooting yang mudah dipahami.

Sedangkan kekurangan pada sistem operasi windows adalah, untuk menggunakannya pada sebuah komputer, anda harus merogoh kocek untuk membeli satu lisensi windows, karena sistem opeasi ini tidak open source atau tidak gratis. Adapun kekurangan lainnya yaitu sistem keamanan yang masih tergolong lemahd, dengan ini komputer rentan terkena virus dan juga mudah diretas.

 

Mac OS

Macam-macam Sistem Operasi

Macintosh Operating System atau Mac OS adalah sistem operasi buatan perusahaan raksasa Apple. Mac OS merupakan sistem operasi khusu yang dibuat untuk komputer macintosh atau komputer yang dibuat oleh Apple saja.

Mac OS dibuat dan diuncurkan pada tahun 1984 yang digunakan pada komputer LISA. Mac OS merupakan sistem operasi yang pertama kali memperkenalkan tampilan antar muka visual berupa tampilan gambar dan warna. Setelah muncul Mac OS ini, pesaingnya windows meniru tampilan Mac OS untuk pengembangan sistem operasinya.

Versi pertama yang diluncurkan oleh Apple adalah Mac OS system 1, yang dibuat pada tahun 1984. Untuk versi terbaru saat ini, Apple menamai versi-versi yaitu Mac OS X atau 10, dimulai dari tahun 2001 hingga 2014.

Kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi Mac OS ini yaitu memiliki kinerja sistem yang stabil, ini memudahkan pengguna komputer untuk multitasking yang cepat. Berbeda dengan windows, tingkat keamanan yang terdapat pada sistem operasi Mac OS ini tergolong tinggi. Sehingga untuk sistem tidak mudah diretas dan sulit untuk tersusupi virus.

Kekurangan Mac OS yaitu untuk sistem operasinya tidak open source, anda harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan sistem operasi ini. Untuk harganya pun tergolong mahal. Kekurangan lainnya, karena Mac OS ini hanya digunakan untuk komputer-komputer buatan Apple saja, maka sistem operasi ini todak kompatibel untuk komputer merk lainnya.

 

Unix

Macam-macam Sistem Operasi

Sistem operasi yang dikembangkan oleh beberapa programmer seperti Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dibiayai penuh oleh Departemen Pertahanan Amerika (DARPA) pada tahun 1965. Unix merupakan projek yang sebelumnya bernama Multix atau Multiplexed Information and Computer Service.

Sistem Operasi Unix ini merupakan OS yang dirancang untuk digunakan secara multiuser, dan juga dapat melakukan multitasking yaitu  bisa digunakan oleh pengguna secara bersamaan.

Unix adalah sistem operasi yang berbeda dari sistem operasi lainnya. Unix digunakan untuk sistem operasi sebuah komputer server dan juga workstation. Selain itu Unix juga termasuk sistem operasi yang portable, yang dimana anda bisa gunakan pada semua jenis komputer.

Seperi yang sudah dipaparkan diatas, Unix memiliki kelebihan yaitu memiliki kemampuan multitasking dan juga termasuk sistem operasi yang portable bisa digunakan pada semua jenis komputer. Seain itu Unix termasuk sistem operasi gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja dan juga untuk keamanannya terjamin, sehingga komputer sulit terkena virus.

Disamping Kelebihannya, adapun kekurangan dari Unix yaitu, untuk ukuran sistem operasinya yang cukup besar. Unix juga tidak memiliki banyaknya driver bila dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti windows atau Mac OS. Tampilan visual yang ada pada unix juga kurang menarik.

 

Linux

Macam-macam Sistem Operasi

Mungkin anda kurang mengenali sistem operasi  linux ini, karena penggunaannya Linux masih kalah jauh dibandingkan dengan Windows ataupun Mac OS. Sistem operasi  linux merupakan pengembangan dari Unix. Linux adalah sistem operasi open source yang dimana anda bisa menggunakan sistem operasi ini secara gratis.

Linux dibuat dan dikembangkan oleh mahasiswa universitas Heisinski Finlandia bernama Linus Torvalds pada tahun 1991. Linux merupakan sistem operasi yang dikembangkan dari pendahulunya yaitu Unix. Pada awal perilisannya pada sekitar tahun 1990 sampai 2000, Linux hanya digunakan untuk komputer webserver, network server, dan Database server.

Linux biasa digunakan oleh para programmer untuk pengembangan suatu program atau aplikasi. Sama seperti Unix, Linux juga merupakan sistem operasi yang bisa digunakan pada jenis komputer manapun. Dengan adanya lisensi GNU (Gnu Not Unix), anda sebagai pengguna bisa merubah source code yang ada pada Linux secara illegal.

Kelebihan sistem operasi Linux yaitu merupakan sistem operasi yang open source dan bisa digunakan bahkan dikembangkan oleh pengguna secara gratis. Untuk kapasitas memori komputer yang digunakan hanya memerlukan memori yang relative kecil. Linux juga memiliki keamanan yang terjamin, kebal terhadap virus ataupun malware.

Ada beberapa kekurangan dari sistem operasi Linux ini, untuk tampilan interface yang cukup rumit untuk dimengerti. Jika anda adalah pengguna komputer yang hobi bermain game, Linux merupakan sistem operasi yang tidak wajib anda gunakan. Kerena Linux tidak mendukung kebutuhan gaming pada komputer ataupun laptop anda. Untuk penginstalannya pun, lebih sulit dibandingkan dengan windows.

 

Chrome OS

Ketika anda mendengar kata chrome pasti murujuk ke aplikasi browser google chrome. Ternyata Google membuat sebuah sistem operasi yang bernama Chrome OS. Sistem operasi yang merupakan dari keluarga linux ini adalah projek dari google yang dimulai pada 7 Juli 2009 dan dirilis pada tahun 2011.

Chrome OS adalah sistem operasi yang digunakan untuk sebuah laptop Chromebook yang diluncurkan oleh Acer dan Samsung. Sistem operasi ini biasanya digunakan untuk anda yang sebagian pemakaian komputer di internet. Untuk interface yang ada hanya aplikasi browsing, pemutar media seperti audio dan video, dan manajer file.

Sistem operasi ini memiliki kelebihan yaitu merupakan system operasi yang bisa anda gunakan secara gratis dan juga bisa untuk komputer dengan spesifikasi rendah yang cocok untuk kalangan pendidikan . Tetapi kekurangan tampilan yang kurang lengkap seperti system operasi lainnya. Dan juga untuk menggunakan Chrome OS ini anda harus mempunyai laptop chromebook.

 

Remix OS

Remix OS adalah Sisitem operasi yang bisa dibilang unik, karena bisa menjalankan program dan aplikasi-aplikasi android pada komputer anda. Dibuat oleh Jide Technologies pada tahun 2016 yang merupakan sistem operasi khusus untuk komputer x86 atau 32 bit. Remix OS dibuat supaya pengguna Android bisa merasakan pengalaman di perangkat komputer.

Sistem Operasi Remix OS bisa digunakan di komputer 32 bit anda secara gratis dan bisa di unduh di website resminya. Tetapi walaupun gratis, untuk pengguna Remix OS masih tergolong sedikit, dan masih kalah persaingan dengan windows ataupun Mac OS.

Untuk saat ini, perkembangan dari Remix OS sudah dihentikan oleh Jide Technologies pada tahun 2017. Remix OS hanya memiki 3 versi yaitu Remix OS untuk PC, Remix OS untuk Remix Ultratablet dan Remix OS untuk Remix Mini.

 

Amiga OS

Amiga OS adalah sistem operasi dikembangkan pertama kali oleh Commodore International pada tahun 1985 dengan nama Amiga 1000. Amiga OS dibuat dan hanya digunakan untuk komputer Amiga saja. Sama seperti windows dan Mac OS, Amiga OS memiliki kelebihan pada  Antar muka tampilan untuk mempermudah para penggunanya.

Kekurangan pada system operasi Amiga OS ini yaitu untuk penggunaanya tidak bisa pada komputer jenis selain Komputer Amiga. Dengan ini Amiga OS jarang dikenal oleh para pengguna komputer karena system operasinya yang khusus.

 

Solaris OS

Sistem Operasi Solaris merupakan sistem operasi yang diluncurkan oleh Oracle dan dikembangkan oleh Sun Microsystem. Solaris adalah keluarga dari sistem operasi Unix yang bisa digunakan pada komputer 32 bit, 64 bit dan SPARC (Scalable Processor Architecture).

Saat ini Solaris OS lebih dikenal dengan Oracle Solaris, salah satu sistem operasi yang mudah digunakan untuk para pengguna komputer. Solaris merupakan sistem operasi open source yang bisa digunakan secara gratis pada komputer anda.

Solaris memiliki kelebihan yaitu untuk kinerjanya lebih stabil dan unggul dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Anda juga sebagai pengguna bisa bebas menggunakan secara gratis dan bisa diubah atau didistribusikan kembali ke umum.

Keurangannya ada pada sistem operasi solaris versi berbayar, yaitu untuk harganya tergolong mahal. Adapun untuk fungsi driver yang ada masih memiliki kerja yang kurang baik.

 

Garuda OS

Biasanya Sistem operasi yang ada merupakan buatan dari luar. Indonesia juga tidak mau kalah untuk mengenalkan sistem operasi buatannya. Garuda OS adalah sistem operasi buatan anak bangsa, mungkin untuk popularitas dan fitur-fitur yang ada masih kalah dibandingkan dengan windows. Tetapi sebagai warga Indonesia kita wajib bangga, karena memiliki produk teknologi berupa sistem operasi local.

Garuda OS merupakan sistem operasi berbasis Linux perkembangan dari perusahaan GarudaONE. Bisa digunakan secara gratis pada komputer anda. Untuk kinerjanya juga cukup mempuni dengan keamanan yang terjamin bebas virus dan juga memiliki stabilitas yang tinggi. Fitur yang dimiliki Garuda OS ini tidak kalah dengan windows, memiliki dukungan driver dan memiliki banyak pilihan bahasa selain bahasa Indonesia.

 

Baca Juga : Pengertian RAM Dan Fungsinya Beserta Jenis-Jenisnya

 

Itulah macam-macam dari sistem operasi beserta kelebihan dan kekurangannya. Mungkin dari anda kurang mengenal beberapa sistem operasi diatas. Dengan adanya artikel ini, anda sedikit lebih tahu, bahwa sistem operasi itu tidak hanya windows dan Mac OS saja. Banyak sistem operasi yang ada selain yang diatas. Semoga artikel ini bisa memberikan anda informasi dan memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat.

Leave a Reply