Membuat Jaringan LAN Sederhana Tanpa Kabel

Membuat LAN Tanpa Kabel – LAN atau Local Area Network selain untuk menghubungkan komputer ke internet. LAN juga merupakan jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dua atau lebih. LAN membantu Anda untuk melakukan proses sharing data dengan mudah. Dengan adanya LAN Anda tidak memerlukan sebuah perangkat pembantu seperti Flashdisk atau Hardisk untuk mengirim suata data komputer ke komputer lain.

Adapun biaya yang akan Anda keluarkan jika ingin memasang suatu jaringan LAN seperti, biaya material dan juga biaya pemasangan kabel.

Dalam panduan berikut, terdapat alternatif lain yang tidak kalah efektif untuk melakukan sharing data.  Anda tidak perlu memerlukan kabel LAN untuk sharing data antara 2 komputer. cukup memerlukan aplikasi pembantu di komputer anda. berikut adalah Membuat Jaringan LAN Sederhana Tanpa Kabel.

 

Membuat Jaringan Menggunakan CMD

Didalam komputer Anda tentu pasti sudah ada yang namanya CMD. untuk membuka CMD anda hanya perlu mencarinya di Search windows dengan nama pencarian “cmd”.

1. Klik kanan pada aplikasi CMD lalu pilih Run as Administrator

2. Sebelum anda memulai membuat jaringannya, Laptop atau komputer anda diharuskan sudah mensupport Hostednetwork. Cara cek nya yaitu ketikan pada CMD Netsh Wlan Show Driver akan muncul list driver, lihat pada bagian Hostednetwork jika “Yes” maka anda bisa membuat jaringan LAN ini.

Membuat LAN Tanpa Kabel

 

2. Ketikan kode berikut kedalam cmd untuk membuat jaringan wireless nya Netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=kupandu key=kupandu1234

untuk ssid=kupandu bisa Anda ubah sesuai keinginan, misalnya ssid=ramadani. Dan untuk key=kupandu1234 ini adalah password yang akan anda buat. Bisa juga diubah sesuai keinginan

Contoh seperti gambar berikut ini :

Membuat Jaringan LAN Sederhana

 

3. Pada Icon Taksbar dipojok kanan bawah, klik kanan pada icon Wireless. Pilih Open Network & Internet Settings. lalu pilih Sharing Option.

Atur pada Guest or Public (Current Profile) dan All Networks menjadi seperti diawah ini. Jika sudah tekan Save Changes.

Membuat LAN Tanpa Kabel

Lakukan point ke-3 untuk komputer lain yang ingin Anda koneksikan dengan Komputer utama Anda.

 

Mengaktifkan Jaringan

Untuk mengaktifkan jaringan yang sudah kita buat diatas. Anda perlu membuka kembali CMD dengan Run As Administrator. lalu ketikan pada cmd seperti berikut ini Netsh wlan start hostednetwork

 

Pada komputer 2 yang ingin Anda sambungkan ke Komputer 1, Aktifkan atau koneksikan Wifi/jaringan yang sudah dibuat sebelumnya di komputer 1. Disini dibuat dengan nama Kupandu, maka cari Wifi yang bernama Kupandu. Masukan juga password yang sudah dibuat.

Membuat LAN Tanpa Kabel

 

Jika Anda sudah terkoneksi dengan jaringan atau wifi, Di komputer 2 anda masuk ke File Explorer kemudian pilih Network. Terdapat 2 Pilihan Computer. Pilihlah Nama komputer 1 (Disini Komputer 1 adalah Laptop-I8PU3G8U) lalu klik, pilih user dan anda akan dibawa ke folder Public milik Komputer 1.

 

Untuk mencoba apakah jaringan sudah berhasil. Anda bisa Copy salah satu File untuk uji coba dari komputer 2. dan Pastekan pada folder Public milik komputer 1. Jika berhasil maka file yang anda sudah pastekan akan ada di Komputer 1. sebagai contoh seperti gambar dibawah ini

 

Itulah Panduan bagaimana Membuat LAN Tanpa Kabel, Untuk memberhentikan atau memutuskan jaringan anda hanya perlu membuka kembali CMD dengan Run As Administrator lalu ketikan Netsh Wlan Stop Hostednetwork.

 

Baca juga : Cara Install Windows 7, 8,10 Pakai Flashdisk

 

Bagaimana Mudah bukan? Anda hanya perlu teliti dalam mengikuti panduan ini, jika teliti Insyallah dalam praktek yang anda lakukan akan berhasil. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply