Membuat Laporan PKL/PRAKERIN Yang Baik dan Benar

Membuat Laporan PKL/PRAKERIN Yang Baik dan Benar – Untuk anda yang bersekolah di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Pasti ada aturan di sekolah yang mengharuskan untuk menjalankan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau sekarang sudah disebut PRAKERIN (Praktik Kerja Industri), yang biasanya Dilaksanakan selama 1-3 bulan. Nah, jika anda sudah selesai melaksanakan Prakerin ini maka untuk tahap terakhirnya adalah membuat sebuah laporan. Laporan ini untuk membuktikan bahwa anda bisa mempelajari apa yang di pekerjakan di perusahaan selama melaksanakan prakerin.

Apa yang anda ketahui tentang perusahaan, anda tuangkan kedalam Laporan yang akan di buat. Jika anda belum mengerti atau tidak bisa membuat laporan yang baik dan benar, tenang saja. Kupandu akan memberikan panduan bagaimana caranya membuat Laporan yang baik dan benar, dan diterima oleh sekolah dan perusahaan tanpa tahap perevisian. Apa yang harus dilakukan pertama-tama?

 

Membuat laporan pkl

Yang Harus Dibuat Untuk Laporan PKL/PRAKERIN

Lembar Pengesahan Perusahaan dan Sekolah

Lembar pengesahan ini berfungsi untuk mengesahkan laporan prakerin yang sobat buat, biasanya laporan disahkan atau di tanda tangani oleh pihak perusahaan dan pihak sekolah. Yang dimana pembimbing dan HRD/Pimpinan yang mentanda tangani dari pihak perusahaan sedangkan dari pihak sekolah akan di tanda tangani oleh Guru pembimbing dan juga Kepala Sekolah.

Lembar pengesahan ini akan ditanda tangani bila sobat sudah menyelsaikan laporan dan telah melewati tahap revisi. Jika sudah baik dan benar maka akan ditanda tangani.

 

Identitas Diri

Identitas Diri adalah biodata diri sobat yaitu identitas pembuat laporan. Identitas ini penting untuk memberitahu bahwa pembuat laporan prakerin di buat oleh sobat. Berikut data-data yang harus ada di identitas diri, yaitu

  • Nama pembuat laporan
  • Jenis kelamin Laki-laki atau perempuan
  • NISN (Nomor Induk siswa) jika kartu NISN kamu hilang bisa di lihat di raport sobat
  • Tempat tanggal lahir
  • Agama
  • Alamat rumah yang lengkap (Kecamatan, Kelurahan)
  • Jurusan atau bidang studi yang sobat pilih di sekolah misalnya jurusan elektronika
  • Nama sekolah lengkap
  • Alamat sekolah lengkap beserta nomor telepon atau fax
  • Di bawah samping kanan berikan form untuk tanda tangan kepala sekolah.

 

Identitas Perusahaan

Identitas Perusahaan adalah biodata perusahaan yaitu perusahaan yang sobat tempati pada saat Prakerin. Identitas perusahaan ini untuk membuktikan bahwa sobat telah/pernah parekrin di perusahaan tersebut. Data yang harus ada di identitas Perusahaan yaitu

  • Nama perusahaan saat prakerin
  • Alamat Perusahaan
  • No telepone/fax
  • Nama pembimbing yang telah membimbing kamu di perusahaan tersebut pada saat kamu prakerin.
  • lalu berikan form tanda tangan pembimbing di bawah samping kiri.

 

Kata Pengantar

Kata pengantar ini dihampir setiap buku pasti ada mau itu berbentuk makalah, laporan, proposal, dan sebagainya. Kata pengantar ini juga harus ada di dalam laporan prakerin. Kata pengantar ini dibuat untuk menunjukan rasa syukur kita kepada tuhan yang telah membuat semuanya lancar, dan juga untuk menunjukan rasa terima kasih terhadap perusahaan dan sekolah yang membantu dalam pembuatan laporan prakerin yang sobat telah buat.

Dalam kata pengantar ini juga sobat harus membuat form tanda tangan yaitu yang nantinya di tanda tangani oleh sobat sendiri. Dengan adanya tanda tangan ini. Perkataan yang tertera di kata pengantar tersebut adalah benar. Berikut adalah contoh Kata Pengantar yang ada di Laporan Prakerin.

Baca Juga: Contoh Kata Pengantar untuk Laporan PKL/PRAKERIN

 

Daftar isi

Daftar isi adalah daftar Tulisan/Judul yang ada di laporan prakerin yang ditunjukan melalui halaman. Daftar isi ini untuk mempermudah dalam pembacaan laporan prakerin yang telah sobat buat. Misal kan pembaca ingin membaca pada bagian materi tentu pembaca tidak tahu tepat nya itu ada lembar/halaman berapa, dengan adanya daftar isi ini pembaca bisa melihat ada di halaman berapa materi itu.

Penulisan Daftar isi ini di abjadkan mulai dari halaman paling awal hingga akhir. Kepala judul ada di bagian kanan sedangkan halaman ada disebelah kiri dan dipisah oleh titik-titik panjang ditengahnya.

 

BAB 1 : PENDAHULUAN

Dalam BAB 1 ini terdapat beberapa point yang dapat di jabarkan seperti berikut ini.

1.1 Latar Belakang Diselenggarakannya PRAKERIN

Berisikan latar belakang diadakannya PRAKERIN. Apa tujuan pelasanaanya. Apa kegunaannya. Dan apa manfaat dilaksanakannya Prakerin tersebut.

1.2 Latar Belakang dan Sejarah Perusahaan

Berisikan Latar belakang dan sejarah terbentuknya perusahaan yang sobattempati pada saat prakerin. Sobat bisa cari sejarah perusahaannya di internet jikalau ada. Bisa juga langsung memintanya kepada pembimbing saat prakerin. Sejarah nya berisikan tahun berdirinya, apa yang di produksi perusahaan, siapa pemiliknya, dan lainnya.

1.3 Organisasi Perusahaan

Berisikan struktur organisasi yang ada diperusahaan, seperti pimpinan perusahaan, Direktur, Manager, HRD, beserta divisi/departemen yang ada diperusahaan tersebut

1.4 Bidang Usaha dan Produk

Berisikan profil produk yang diproduksi oleh perusahaan. Misalnya Baja, Karet, Minyak, bahan Tekstil, Plastik, dan sebagainya.

1.5 Tunjangan dan Fasilitas

Berisikan Tunjangan dan Fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada para pegawainya. Tunjangan misalnya saja kesehatan, Dana pensiunan, Tunjangan hari raya, dan sebagainya. Fasilitas misalnya penyediaan Bus transportasi (Jemputan), Adanya Kantin, Klinik, tempat ibadah, dan sebagainya.

Baca Juga: Latar Belakang dan Tujuan PKL/Prakerin Di Laporan

 

BAB 2 : URAIAN KEGIATAN

Didalam Bab 2 ini terdapat beberapa point yang harus dibuat. Berikut point-point nya

2.1 Sistem Penugasan Kerja

Disini adalah penulisan waktu kapan sobat memulai Prakerin. Dan jugaJangka hari dan jam kerja pada saat kamu prakerin.

2.2 Rangkuman Pekerjaan Selama Prakerin

Disini adalah pembahasanapa saja yang kamu kerjakan selama kamu prakerin di perusahaan tersebut. Uraikan kegiatan yang sobat lakukan pada saat Prakerin.

2.3 Landasan Teori

Berisikan Materi-materi yang telah sobat pelajari diperusahaan. Misalkan sobat prakerin di bidang kelistrikan dan selalu membantu dalam hal memperbaiki lampu. Maka sobat harus menjelasakan apa itu lampu, jenis-jenis nya, prinsip kerjanya. Jika sobat prakerin dalam bidang mekanik dan selalu mempelajari motor listrik di perusahaan. Maka sobat harus menjelaskan apa itu motor listrik, bagian-bagiannya, prinsip kerjanya, dan sebagainya.

 

BAB 3 : Penutup Laporan Prakerin

Di Bab 3 ini terdapat Kesimpulan dan saran, yaitu kesimpulan sobat selama prakerin diperusahaan tersebut. Dan juga saran-saran untuk sekolah maupun untuk perusahaan

Baca Juga: Contoh Kesimpulan dan Saran Pada Laporan PKL/PRAKERIN

 

Jurnal Prakerin

Jurnal adalah uraian kegiatan yang sobat lakukan setiap harinya diperusahaan, maka dari itu sobat harus ingat betul / mencatat apa yang sobat lakukan setiap hari di perusahaan. Jurnal ini dibuat dalam tabel terdapat 4 kolom yang berisikan Tanggal, Kegiatan, Paraf Pembimbing prakerin.

 

Tips Membuat Laporan yang Baik dan Benar

Dalam pembuatan Laporan Prakerin sobat harus teliti dalam membuatnya. Jika saja ada salah kata atau huruf tidak sesuai dengan EYD maka laporan sobat akan diminta untuk dirubah agar sesuai oleh guru pembimbing atau pembimbing prakerin. Dalan hal ini kelasaku akab memberikan sedikit tips supaya laporan prakerin yang sobat buat bisa langsung di kumpulkan. Berikit tipsnya

 

Perhatikan Besar kecil huruf

Misalkan kamu menulis judul “Kegiatan Dan Pelaksanaan” maka itu salah seharusnya “Kegiatan dan Pelaksanaan” huruf “d” pada dan tidak boleh besar karena dan termasuk kata sambung

 

Perhatikan Ukuran Teks

Ukuran teks yang diperbolehkan dalam membuat laporan adalah 12, jika sobat membuat lebih kecil atau lebih besar maka itu salah. Sobat akan disuruh mengulang membuatnya.

 

Penulisan Nama Perusahaan

Untuk nama perusahaan, jika perusahaan itu adalah PT maka penulisan namanya “PT Indorama”tidak boleh ada titik didepan PT.

 

Tidak Copy Paste laporan prakerin yang sudah ada

Dengan sobat membuat laporan prakerin dengan cara copas, maka sobat akan di cap tidak pintar dalam membuat sebuah laporan. Apa lagi yang di copas itu teman yang sama perusahaannya. Perusahaan akan melihat sobatjelek. Lebih baik membuat sendiri, selain lebih baik juga supaya sobat mengerti pembuatan laporan prakerib yang baik itu seperti apa.

 

Itu dia Tahap pembuatan Laporan Prakerin Yang baik dan Benar. Jika sobat mengikuti tahap-tahap yang kelasaku berikan, insyaallah Laporan Prakerin sobat berhasil dan dapat mudah melewati revisi dari pembimbing. Cukup sekian panduan Pembuatan laporan Prakerin semoga bisa bermanfaat untuk sobat.

Leave a Reply