Cara Mudah Mengatasi Kamera HP Buram Saat Foto

Mengatasi Kamera HP Buram – Berbagai kamera canggih, telah disematkan dalam kamera dengan resolusi cukup tinggi. Dengan resolusi tinggi, kamera mampu menangkap gambar jauh lebih baik. Namun pernahkah anda mengalami kamera tidak ingin fokus dan cenderung buram ? Bahkan ketika memotret, hasil gambar tidak jernih seperti biasanya. Agar kamera kembali dengan performa awalnya, simak cara mengatasi kamera hp buram.

 

1. Ada Debu Menempel Pada Lensa

Mengatasi Kamera HP Buram

Adanya debu atau kotoran yang menempel pada kamera, menjadi faktor yang memungkinkan kamera menjadi buram saat digunakan. Ketika kamera buram, lensa tidak mampu untuk melakukan fokus dengan maksimal. Pandangan lensa menjadi menurun, akibat dari penumpukan debu pada lensa.

Coba diingat kembali, apakah anda meletakkan hp sembarangan. Sebab debu halus akan sangat mudah memasuki lensa, apabila kebiaan ini terus dilakukan.

Apabila kamera memiliki pandangan buram, menurunkan performa dari hasil jempretan. Sebab debu yang ada, menghalangi keindahan hasil gambar yang diambil. Anda bisa mengatasinya, dengan membuka bagian casing luar. Ketika membuka casing, anda sudah bisa melihat tumpukan debu yang cukup mengganggu. Sebelum membersihkannya, silahkan sapu tumpukan debu, menggunakan kuas halus.

Menyapu debu menggunakan kuas halus, berfungsi agar lensa tidak mengalami goresan halus. Goresan tersebut membuat kamera hp buram dan sulit menangkap gambar lebih baik.

Usai menyapu debu, silahkan bersihkan lensa menggunakan minyak kayu putih ataupun cairan pembersih khusus. Tuangkan cairan tersebut di kain halus, dan usap pada lensa kamera. Cairan pembersih ini,bisa anda dapatkan di toko elektronik terdekat.

 

2. Menutupi Bagian Lensa Yang Tergores

Mengatasi Kamera HP Buram

Kasus satu ini, menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang pemilik hp. Goresan pada lensa, menyebabkan kamera menjadi buram, dan hasil kamera pun seperti ada garis halus.

Goresan tersebut didapatkan, ketika pengguna hp ceroboh saat meletakkan alat canggihnya. Tidak sengaja meletakkan kamera pada bidang kasar, tentu saja membuat kamera dipenuhi goresan.

Tidak hanya merusak lensa kamera, kemungkinan bodi hp pun ikut tergores karenanya. Oleh karenanya, anda memerlukan perlindungan tambahan untuk si teknologi cerdas tersebut.

Cobalah menggunakan pelindung hp, yang dapat ditemukan di konter hp terdekat. Bahkan desain dan warna si pelindung, sudah cukup bervariasi untuk dipilih.

Ketika lensa kamera sudah terlanjur tergores sebelum menggunakan pelindung, anda bisa menggunakan cara alternatif agar lensa kembali sempurna. Oleskan pasta  gigi, pada bagian tutup lensa kamera. Pastikan pasta gigi yang digunakan, merupakan pasta gigi putih.

Pemilihan pasta gigi untuk menutupi goresan, tidak boleh dilakukan sembarangan. Hindari penggunaan pasta gigi dalam bentuk gel, agar kamera hp buram berkurang.

Pasta gigi yang telah diletakkan pada lensa, dapat digosokkan secara perlahan hingga goresan halus tidak terlihat kembali. Tidak hanya mudah dilakukan, cara alternatif ini bisa menghemat pengeluaran.

Apabila masih ada sisa goresan ynag tertinggal, anda harus mengganti penutup kamera agar hasil jepretan tidak buram kembali. Silahkan minta bantuan counter, untuk memasangkan penutup kamera.

 

Adanya Embun Yang Terjebak

Mengatasi Kamera HP Buram

Ketika mengujungi daerah dengan tingkat lembab tinggi, anda perlu memperhatikan barang elektronik yang dibawa. Sebab elektronik yang terlalu sering diletakkan pada tempat yang lembab, ditakutkan akan diselimuti embun berlebih. Kondisi ini akan sangat berbahaya, terutama bagi kamera hp. Apabila embun terus terperangkap dalam lensa, ditakutkan lensa ditumbuhi jamur membandel.

Jamur pada lensa kamera, menyebabkan kamera hp buram. Bahkan penglihatan kamera menjadi sedikit pudar, dengan titik fokus yang tidak ditemukan. Kondisi ini sungguh menyebalkan, terutama jika anda perlu mengabadikan gambar saat itu juga.

Jamur pada lensa, menghalangi anda untuk melakukan apa yang anda sukai. Namun tidak perlu khawatir, sebab anda bisa melakukan cara sederhana untuk menghilangkan di jamur tersebut.

Lensa kamera berembun, dapat diatasi dengan turn off hp terlebih dahulu. Ketika hp dalam keadaan mati, pertama anda bisa melepaskan baterainya. Kemudian keringkan bodi bagian dalam hp, menggunakan hair dryer melewati lubang yang ada di sisi kanan kiri hp. Lakukan hingga suhu hp kembali stabil, dan tidak ada lagi embun yang terjebak di dalamnya.

Anda juga bisa melepaskan tutup lensa, dan lap menggunakan kain halus yang telah diberikan minyak kayu putih pada lensa yang berjamur. Usai melakukan hal tersebut, silahkan hidupkan kembali hp untuk mengetahui hasilnya.

Apabila jamur masih tertinggal, silahkan lakukan pembersihan kembali, hingga jamur benar benar hilang. Cara mengurangi kamera hp buram ini, mampu mengembalikan performa kamera anda.

 

Baca Juga : Cara Mudah Melewati Internet Positif

 

Setiap orang memiliki kebutuhan tersendiri, ketika menggunakan hp. Dari sekian kebutuhan, kamera menjadi fitur yang harus dimiliki hp. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, berbagai vendor hp berlomba menghasilkan kamera terbaik untuk mengabadikan momen berharga. Agar momen tersebut tidak terlewati begitu saja, silahkan merawat kamera hp agar tidak buram ketika akan digunakan.

Leave a Reply