Kelebihan Windows 10 Dibandingkan Versi Lainnya

Bagi pengguna gadget maupun komputer pastinya kenal dengan yang namanya OS atau Operating System. OS ini merupakan sistem pendukung dan pengatur segala macam fungsi dasar dari suatu gadget atau komputer. Untuk komputer, OS atau Sistem Operasi yang paling terkenal ialah Microsoft Windows. Windows 10 merupakan versi terbarunya yang tak dapat dipungkiri kelebihan Windows 10 dari versi lainnya.

 

Daftar Kelebihan Windows 10

Microsoft telah mengembangkan Windows dari tahun 1985 hingga saat ini. Perkembangan tersebut antara lain mulai dari  Windows 1, Windows 2, Windows 3, Windows 95, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan versi terbaru muncul pada tahun 2015 bernama Windows 10. Windows ini merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yang tentunya memiliki kelebihan sebagai berikut:

 

1. Kompatibel di Semua Perangkat

Ini merupakan salah satu terobosan terbaru dari Windows 10 yang sangat bermanfaat bagi penggunanya yaitu dari segi kompatibilitas. Untuk itu, segala macam aplikasi yang ada pada Windows 10 harus bisa dijalankan pada berbagai macam perangkat seperti komputer, laptop, smartphone dan juga tablet.

Dengan begitu, para pengembang aplikasi harus membuat aplikasi yang bersifat responsif sehingga aplikasi tersebut dapat menyesuaikan dengan berbagai macam perangkat yang memiliki ukuran layar yang berbeda-beda.

 

2. Fitur Asisten Digital

Windows 10 memiliki fitur terbaru yang bernama Cortana yang merupakan fitur asisten digital yang dapat memberikan balasan suara, perintah dan juga pertanyaan. Selain itu, Cortana memiliki fitur lain seperti pengingat waktu, pelacak jadwal penerbangan, pengirim email atau pesan, dan bahkan Cortana bisa mencari file atau informasi yang sedang kita butuhkan.

 

3. Tombol Start Menu

Inilah salah satu bentuk perbaikan dari Windows untuk Windows 10. Di versi sebelumnya yaitu Windows 8, banyak sekali pengguna yang bingung dengan tombol start menunya sehingga membuat Windows mengembalikan tata letak start menu ke tempat aslinya yaitu di pojok kiri bawah. Akhirnya, tombol start menu Windows kembali ke tempatnya semula dengan tampilan lebih dinamis dan mudah.

Baca Juga: 13 Tips dan Trik Windows 10, Yang Jarang Orang Tahu

 

4. Free Upgrade

Buat Anda yang memiliki Windows 7 atau Windows 8 yang versi asli dan berlisensi resmi dari Microsoft, maka itu salah satu keuntungan dan kelebihan dari Windows 10. Mengapa? Karena Anda dapat mengupgrade ke Windows 10 secara gratis jika memilikinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang.

 

5. Microsoft Edge

Microsoft tidak lagi memakai Internet Explorer sebagai web browser standarnya karena web browser standar pada Windows 10 ialah Microsoft Edge yang merupakan web browser terbaik buatan dari Microsoft. Web browser ini disinyalir memiliki ukuran yang ringan dan juga kecepatan pencarian yang cepat serta memiliki tampilan yang sama seperti web browser standar lainnya.

 

6. Fitur Multitasking

Salah satu kelebihan Windows 10 ialah dengan adanya fitur multitasking yang dapat membuka beberapa aplikasi dalam satu layar desktop sekaligus. Dengan begitu, para pengguna akan merasa lebih mudah dengan adanya fitur antarmuka ini karena dapat berpindah aplikasi dengan sangat mudah dan cepat.

 

7. Fitur Game Mode

Buat yang suka bermain game di komputer ataupun laptop, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan software game booster pada Windows 10 Anda. Mengapa? Karena Windows 10 telah menghadirkan fitur game mode yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan game booster. Dengan fitur ini, game yang Anda mainkan akan semakin lancar dan lebih powerful dari sebelumnya.

 

Baca Juga : Simak! Begini Cara Mempercepat Windows 10

 

Itulah kelebihan Windows 10 yang tentunya tidak dimiliki oleh versi sebelumnya. Kelebihan-kelebihan tersebut merupakan perbaikan dan pembaharuan dari versi sebelumnya sehingga dapat meningkatkan performa dari Windows 10.

Leave a Reply