Mengenal Sejarah Videografi Dan Teknik Videografi

Mengenal Videografi – Kecanggihan teknologi yang terus berkembang, nampaknya menawarkan varian jenis pekerjaan baru di dalamnya. Videografi, masuk dalam jajaran pekerjaan baru yang banyak diminati oleh generasi milenial. Kian hari, pertumbuhan videografi terus berkembang pesat nan tampak subur. Namun masih banyak masyarakat, yang belum memahami apa itu videografi. Oleh karenanya, simak ulasan berikut ini untuk mengenal videografi, sejarah dan teknik videografi.

 

Mengenal Apa Itu Videografi

Mengenal Videografi

Banyak dari anda yang sudah tidak asing dengan kata video, sedangkan istilah videografi masih asing tedengar di telinga sebagian orang. Pada umumnya, videografi menjadi sebuah media yang berfungsi untuk merekam berbagai kejadian ataupun momen tertentu. Hasil perekamannya, berupa gambar bergerak sekaligus  audio selama momen tersebut diambil. Adanya gambar dan suara, membuat tampilan video menjadi lebih menarik.

Seiring berjalannya waktu, videografi telah merambah berbagai kalangan dengan fungsi yang disesuaikan. Tidak sedikit pula, videografi dilakukan secara individu maupun secara berkelompok. Cara untuk menikmati hasil videografi, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan format. Setidaknya ada jua jenis videografi yang masih belum diketahui banyak orang, yaitu digital dan analog.

Sedangkan orang yang mengambil melakukan aktifitas videografi, dijuluki videografer. Untuk membedakan hasil kinerjanya, para videografer dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok para videografer profesional, yang sudah ahli di bidangnya. Dan kelompok yang kedua merupakan kelompok videografer amatir, dimana berisikan mereka yang masih mempelajari teknik videografi beserta dunia videografer.

Tidak jarang pula, para videografer bekerja di satu tempat yang sama dengan keperluan yang berbeda. Pada umumnya, para videografer amatir akan mengambil video untuk dikonsumsi pribadi tanpa maksud diperjual belikan. Berbeda dengan videografer profesional, mereka mengambil video karena diminta oleh pemesannya. Hasil perekaman gambar pun sangat menarik, dan setara dengan harga yang dipatoknya.

 

Sejarah Singkat Mengenai Videografi

Mengenal Videografi

Kehadiran videografi, tidak luput kaitannya dengan penemuan kamera fotografi dan film siluloid. Penemuan tersebut telah terjadi sekitar abad ke 16 hingga 17 silam, dimana asal mulanya dari sebuah kotak yang  dibuat menggunakan material kayu. Yang membuat kotak kayu tersebut menjadi spesial, lantaran ditemukan lensa obsscure yang terletak di salah satu bagian kotak tersebut. Lensa tersebut berupa lubang kecil, yang posisi berada tepat di tengah kotak.

Hasil videografi yang kita kenal, sebenarnya merupakan sebuah ilusi dari satu gambar tetap dari teknik videografi. Dimana satu gambar tetap tersebut, diberikan nama still picture. Oleh karenanya, ilusi yang dihasilkannya bukanlah sebuah gerakan. Kian tahun, perkembangan videografi pun mengalami perubahan yang cukup signifikan. Sebab saat itu suda ada film atau motion picture yang dilakukan penemu terkenal bernama Thomas Alva Edison.

 

1. Penemuan Videografi

Saat itu beliau berhasil menciptakan kinetiscope, yang kemudian dilanjutkan oleh Lumiere bersaudara. Pada proses lanjutannya tersebut, saudara tersebut kemudian mengembangkan penemuan tersebut menjadi lebih baik. Hingga pada tanggal 28 Desember 1894, mereka berhasil menciptakan cinematografi. Penemuan tersebut menjadi alat canggih yang memproses film ataupun proyektor, menjadi sebuah satu kesatuan utuh tak terpisahkan.

Tidak berhenti sampai disana, sejarah videografi pun terus berjalan tanpa lelah. Perkembangannya semakin pesat, karena mendapatkan dukungan adanya perkembangan dan teknik videografi dalam dunia telekomunikasi. Pada akhirnya, teknologi canggih tersebut menghasilkan gambar bergerak yang sudah dikenal hingga saat ini. Perjalanan untuk mengembangkannya pun cukup panjang, dan sangat mengharukan.

 

Baca Juga : 6 Software Edit Video Terbaik Gratis

 

2. Perkembangan Telekomunikasi

Berikut beberapa daftar perkembangan telekomunikasi, hingga menjadi teknologi yang dikenal saat ini. Daftar penemuan telekomunikasi pertama, terjadi pada tahun 1844. Pada tahun terebut, Samuel Morse berhasil menciptakan teknologi bernama telegram. Pada tahun 1876, munculah kembali alat komunikasi canggih yang biasa disebut sebagai telephone. Penemuan menarik tersebut, berhasil dilakukan oleh Alexander Graham Bell.

Tahun 1880, gelombang elektronik pun berhasil ditemukan oleh Heinrich. Empat tahun setelahnya, Paul Nipkow telah berhasil menemukan televisi mekanik. Kini saatnya film bioskop dengan teknik videografi, muncul di hadapan masyarakat 10 tahun kemudian. Setahun setelahnya, Guglielmo Marconi berhasil menciptakan pesan yang dikirimkan melalui radio.

1912, menjadi tahun bersejarah lantaran Lee de Forest berhasil menciptakan vacum cube. Sedangkan pada tahun 1920, KDKA telah memperkenalkan publik mengenai radio siaran di Pitsburgh. 3 tahun setelahnya, Bladimir Zworykin berhasil menciptakan TV tabung. Kemudian televisi tersebut dikembangkan oleh Philo T. Franswort pada tahun 1930. Lalu pada tahun 1933, RCA pun mulai mendokumentasikan siaran televisi di negara Amerikat.

 

Teknik Pengambilan Videografi

Jika dilihat secara umum, teknik pengambilan  videografi tidak jauh berbeda dengan pengambilan film. Sebab keduanya sama sama menggabungkan unsur gambar dan suara. Sebelum melangkah untuk mengambil videografi, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Poin tersebut, berkenaan dengan perangkat kamera yang digunakan untuk mengambil gambar.

Videografer harus paham betul, mengenai perangkat kamera dan teknik videografi yang sedang digunakannya. Mulai dari cara penggunaanya, hingga instruksi yang tertera dalam buku panduan. Seorang videografer juga harus mengetahui, berbagai fitur cangih yang ada di dalam kamera tersebut. Setelah itu, videografer dituntut untuk mengerti cara pengambilan gambar tepat dan sesuai kebutuhan.

 

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Kamera HP Buram

 

Sebelum menjadi teknologi canggih seperti sekarang, videografi mengalami perjalanan panjang dalam hidupnya. Dari sejarah tersebut, anda bisa mengetahui pesatnya perkembangan teknologi hingga menghasilkan gambar yang begitu cantik nan menarik. Bagi seorang videografer profesional, pekerjaan ini dapat membantu orang lain mengambil momen berharganya.

Leave a Reply