Cara Mudah Partisi Hardisk di Windows 7/8/10

Cara Mudah Partisi Hardisk di Windows 7/8/10 – Hardisk adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data berupa file gambar, video, ataupun dokumen. Partisi adalah istilah membagi menjadi beberapa bagian. Partisi harddisk merupakan cara untuk membagi satu hard disk menjadi beberapa bagian. Fungsi partisi ini supaya dalam menyimpan data terorganisir dan tersusun rapi agar dalam hal management data lebih mudah.

Mempartisi hard disk itu penting. Dengan hardisk anda dipartisi, maka untuk pengkategorian data bisa lebih rapi. Misalnya Anda ingin mengelompokkan suatu data sekolah menjadi satu kategori. Maka anda perlu membuat satu lagi space hard disk untuk dibuat tempat penyimpanan nya khusus untuk data sekolah.

Caranya tergolong mudah. Setiap Windows seperti windows 7, 8, dan 10 memiliki cara yang sama, tetapi untuk pencarian tools agak sedikit berbeda. Berikut ini adalah panduan Cara Mudah Partisi Hardisk di Windows 7/8/10.

 

Membuka Disk Management

Cara Mudah Partisi Hard disk di Windows 7/8/10

Disk Management ini merupakan tool windows yang berfungsi untuk setting Hard Drive. Anda bisa membukanya dengan beberapa cara.

1. Cara Pertama – Membuka dengan Run, Anda cukup tekan shortcut Windows+R. Maka akan muncul jendela tampilan aplikasi Run. Pada bilah teks kosong, Anda ketikan Diskmgmt.msc lalu Enter.

2. Cara Kedua – (Khusus Windows 10) Klik kanan pada icon Windows di taskbar pojok kiri bawah, Lalu klik Disk Management.

3. Cara Ketiga – Search di windows, dengan cara klik pada icon Windows. Cari “Partition”, pilih Create and Format Hard disk Partitions.

4. Cara Keempat – Buka File Explorer Windows+E. Klik kanan pada This PC, pilih Manage. Akan terbuka jendela tampilan baru. Di menu sebelah kiri anda klik Storage, lalu pilih Disk Management.

 

Membuat Partisi Hard disk

Jika Anda sudah membuka Disk Management dengan salah satu dari empat cara diatas. Maka Anda sudah siap untuk mempartisi Hardisk.

1. Klik Kanan Pada disk yang ingin Anda partisi, Lalu pilih Shrink Volume

2.  Pada Jendela Shrink Volume, Anda tentukan berapa kapasitas yang ingin dipartisi di bagian Enter the amount of space to shrink in MB. Untuk kapasitasnya, Anda masukan angka dalam ukuran MB. misalnya Anda ingin mempartisi harddisk berkapasitas 20GB maka anda masukan angka dalam MB yaitu, 20000 MB.

3. Tekan Shrink Jika Anda sudah memastikan kapasitas yang ingin di partisi.

4. Akan Muncul Disk Baru bernama Unallocated. Klik kanan pada disk baru terebut, lalu pilih New Simple Volume

5. Klik Next, lalu Next lagi, pada Assign the following drive letter anda bisa memilih huruf disk yang diinginkan. Jika sudah, kembali klik Next. Pada Volume Label, Anda bebas menamakan disk baru anda sesuai dengan keinginan, klik Next lalu Finish.

6. Untuk tahap partisi Hardisk sudah selesai. Disk baru yang baru saja Anda buat, sudah bisa digunakan dan diisi dengan file yang anda inginkan.

 

Baca Juga : Pengertian Hardisk Komputer dan Jenisnya Lengkap

 

Bagaimana? Mudah bukan. Jika anda ingin mengedit disk yang baru saja anda buat tadi. Anda hanya perlu membuka Disk Management kembali dan atur sesuai selera Nama, Drive Letter, dan sebagainya. Sekian, Cara Mudah Partisi Hardisk di Windows 7/8/10. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply