Pengertian Aplikasi, Fungsi, dan Klasifikasinya

Di jaman sekarang yang serba modern ini, Anda pasti mengenal yang namanya aplikasi. Menurut konsep logika, aplikasi ialah sebuah perangkat yang bisa membantu kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Pengertian aplikasi berdasarkan ilmu komputer juga hampir sama dengan yang dijabarkan menurut konsep logika.

Aplikasi itu pada dasarnya berasal dari bahasa inggris yaitu “application” yang berarti penggunaan atau penerapan. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda perlu mengetahui pengertian aplikasi secara istilah, fungsi dari aplikasi, klasifikasinya dan juga contoh dari aplikasi. Berikut pembahasannya:

 

Apa Definisi Aplikasi Secara Istilah

Untuk lebih memahami pengertian dari aplikasi, Anda perlu mengetahui apa itu aplikasi berdasarkan dari pemahaman istilahnya langsung. Salah satu ahli menyatakan bahwa aplikasi bisa dipahami sebagai suatu komponen yang bermanfaat dengan fungsinya yang menjadi media operasi pengolahan data atau kegiatan lainnya. Di antaranya seperti dalam pembuatan atau pengelolaan file.

Dalam istilah lain, aplikasi juga dipahami sebagai perangkat lunak yang dibuat sebagai front end dari sebuah sistem. Selanjutnya ia dipakai untuk mengelola data sehingga menjadi suatu informasi yang bermanfaat.

 

Fungsi Aplikasi

Aplikasi sudah pastinya memiliki fungsi umum untuk membantu manusia dalam aktivitas sehari-hari. Aplikasi memiliki fungsi tersendiri di berbagai bidang kehidupan seperti bidang pendidikan, kedokteran, dan bisnis. Untuk bidang pendidikan, aplikasi memiliki fungsi sebagai bahan ajar untuk siswa-siswi di sekolah.

Dengan aplikasi, guru-guru akan lebih mudah memberikan pemahaman mengenai materi kepada siswa-siswinya di kelas. Kelas akan menjadi semakin menarik dengan adanya aplikasi. Misalnya seperti menggunakan Microsoft PowerPoint saat mengajar di kelas. Dengan adanya animasi dan kreasi menarik dari aplikasi tersebut maka kegiatan belajar akan semakin nyaman dan hasilnya pun maksimal.

Untuk bidang kedokteran, aplikasi juga memiliki fungsi yang sangat baik. Baru-baru ini, ada aplikasi yang bisa membuat pasien mengobrol dengan dokter secara online. Dengan begitu, pasien dapat memberikan keluhan penyakitnya tanpa harus keluar dari rumah. Selain itu, aplikasi tersebut bisa menyarankan langkah pertama yang harus pasien lakukan untuk menyembuhkan penyakit.

Dalam bidang bisnis, aplikasi tentunya sangat membantu dalam mengembangkan kegiatan bisnis seseorang. Dengan adanya aplikasi, seseorang dapat mempromosikan bisnisnya, barang ataupun jasa yang ditawarkan dan lain sebagainya. Banyak sekali orang-orang yang sukses dengan bisnisnya melalui bantuan aplikasi seperti Go-jek, Tokopedia, dan lain sebagainya.

 

Klasifikasi Aplikasi

Untuk lebih memahami pengertian aplikasi, Anda perlu mengetahui klasifikasi dari aplikasi. Ada enam macam aplikasi yaitu System Software, Real Time Software, Business Software, Engineering and Scientific Software, Web Based Software dan Personal Computer Software.

1. System Software

Aplikasi yang satu ini ialah aplikasi yang dapat mengelola proses operasi internal dalam sistem komputer.

2. Real time software

Jenis ini bisa dipahami sebagai aplikasi yang dapat mengendalikan kejadian di dunia nyata secara langsung.

3. Business Software

Dari namanya saja bisa dilihat bahwa aplikasi tersebut merupakan jenis yang dapat membantu kebutuhan bisnis. Tentu saja jenis aplikasi tersebut saat ini sudah sangat banyak dijumpai

4. Engineering and Scientific Software

aplikasi tersebut fungsinya dapat membantu manusia dalam menyelesaikan masalah yang bersifat non algoritmik.

5. Web Based Software

aplikasi ini dalam penggunaanya dapat menjadi media penghubung antara pengguna dengan internet.

6. Personal Computer Software

Untuk aplikasi yang satu ini dapat digunakan untuk perangkat pengguna resmi dan juga pribadi.

 

Baca juga : Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Di sini

 

Itulah pengertian aplikasi, fungsi beserta klasifikasinya yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami tentang aplikasi. Dengan memahami tentang aplikasi, Anda pastinya akan lebih paham penggunaan aplikasi yang ada di perangkat Anda.

Leave a Reply