Pengertian Bandwidth, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Bagi orang-orang yang paham mengenai ilmu komputer, pastinya tidak asing dengan yang namanya bandwidth. Untuk mengetahui lebih jauh apa itu pengertian bandwidth, anda bisa baca artikel dibawah ini.

 

Pengertian Bandwidth

Secara umum pengertian bandwidth bisa dipahami sebagai jumlah kapasitas maksimum sebuah jalur komunikasi dengan kegunaan untuk mengirimkan data antara server dan client yang hitungannya adalah bit per second (bps).

Ada juga yang mengatakan bahwa bandwidth ialah maksimal besar transfer yang bisa dilakukan pada satu waktu tertentu dalam proses pertukaran data. Dalam hal ini bandwitdh bisa dianalogikan sebagai jalan raya. Sedangkan data yang masuk jalur tersebut bisa dianalogikan sebagai kendaraan yang melintasinya. Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasan lebih lengkap tentang bandwitdh.

 

Jenis-jenis Bandwidth

Ada dua jenis bandwidth yang perlu kalian ketahui yaitu bandwidth analog dan bandwidth digital. Bandwidth analog adalah jarak frekuensi yang diukur dalam satuan hertz/hz yang bisa menentukan banyaknya data atau informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu waktu tertentu.

Sedangkan bandwidth digital adalah volume ataupun jumlah suatu data yang dapat dikirimkan melalui suatu saluran komunikasi tanpa adanya distorsi yang dinyatakan dalam satuan bps atau bit per second.

 

Fungsi Umum Bandwidth

Untuk lebih memahami mengenai pengertian bandwidth, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi fungsi umum dari bandwidth. Bandwidth memiliki beberapa fungsi umum seperti media pengiriman data, pembatas kecepatan transfer, dan membatasi kecepatan pengiriman data.

Bandwidth memiliki fungsi umum yaitu sebagai media pengiriman data. Contohnya seperti pada kabel jaringan Local Area Connection yang digunakan untuk menghubungkan koneksi LAN dan perangkat PC atau komputer yang digunakan. Untuk hal itu bandwidth bermanfaat sebagai jalur penghubung ataupun sebagai media yang dapat menghubungkan proses pertukaran data.

Fungsi bandwidth yang kedua ialah sebagai pembatas kecepatan transfer. Dalam hal itu bandwidth bermanfaat sebagai pembatas kecepatan transfer atau pertukaran data. Administrator biasanya akan memanfaatkan fungsi yang satu ini untuk membantunya dalam mengelola jaringan agar terhindar dari tindak kriminal seperti pencurian.

Selain sebagai pengelola jaringan untuk sistem keamanan, bandwidth juga dapat membuat keadilan dengan membatasi kecepatan transfer pada lebih dari satu jaringan yang terhubung padanya. Dengan demikian, bandwidth dapat membatasi semua pengguna dalam mengunduh data sehingga tidak adanya gangguan sesama pengguna.

Fungsi umum bandwidth yang lain ialah sebagai pembatas kecepatan pengiriman data. Fungsi ini biasanya dimanfaatkan oleh administrator hosting dan juga administrator jaringan. Dengan adanya fungsi ini, Anda tidak akan bisa mentransfer atau mengirim data jika batas pengiriman data sudah mencapai batas maksimum dari bandwidth itu sendiri.

 

Cara Kerja Bandwidth

Perlu diketahui bahwa Bandwidth adalah salah satu komponen penting sebuah hosting agar aktivitas pengiriman dan pertukaran data lainnya bisa dilakukan. Oleh karena itu, bandwidth sangatlah vital dalam proses pertukaran data maupun pengiriman data.

Bandwidth memiliki cara kerja yang sangat berhubungan dengan fungsi dari bandwidth itu sendiri. Jadi, bandwidth akan melakukan kerjanya sesuai dengan fungsi umumnya. Kapasitas bandwidth pada jaringan internet ataupun jaringan komunikasi umumnya sangat mempengaruhi kinerja dari jaringan itu sendiri sehingga dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya jaringan tersebut.

Meskipun begitu, bandwidth tidak sepenuhnya mempengaruhi kinerja dari jaringan itu. Masih ada faktor lainnya seperti latency, packet loss, dan lain sebagainya. Perlu diingat bahwa bandwidth sangat berpengaruh penuh dalam besarnya jumlah kapasitas data yang dapat ditransfer pada suatu jaringan.

 

Baca Juga : Pengertian Database, Fungsi dan Manfaatnya

 

Itulah pengertian bandwidth, fungsi, jenis, dan cara kerjanya yang perlu Anda ketahui. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan Anda mengenai bandwidth.

Leave a Reply