Pengertian Bisnis, Fungsi Bisnis, dan Manfaatnya

Tak bisa dipungkiri, kata bisnis mungkin sudah sangat familiar sekali saat ini di telinga masyarakat. Bahkan di jaman modern yang serba canggih seperti saat ini, banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan. Pengertian bisnis sendiri sering dikatakan sebagi suatu kegiatan yang meliputi penjualan barang dan jasa kepada konsumen yang tujuanya untuk memperoleh keuntungan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai apa itu bisnis, tujuan mapun fungsi dan lainya. Simak ulasan berikut.

 

Pengertian Dari Bisnis

Anda pasti sering kan mendengar kata bisnis?. Meskipun begitu, pada  saat  ingin mencoba berbisnis pun seringkali masih bingung kan, apa sih pengertian bisnis?. Jadi,  perlu Anda ketahui bisnis secara etimologi merupakan kata yang asalnya dari bahasa Inggris yaitu “business” yang artinya kesibukan.

Sederhananya, kesibukan disini memiliki arti yaitu suatu aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang  dengan maksud yaitu untuk memperoleh keuntungan. Sedangkan secara umum Pengertian bisnis yaitu suatu usaha yang dijalankan oleh orang perseorangan ataupun organisasi yang tujuanya tak lain yaitu untuk memperoleh keuntungan atau laba.

Aktivitas dalam kegiatan bisnis ini bisa berupa dengan melakukan  produksi suatu barang , penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang ataupun jasa.

Baca Juga: 16 Cara Dapat Uang Dari Bisnis Online, Cocok Buat Work From Home!

 

Fungsi Bisnis

Berbisnis memang memilki fungsi yang  sangat bermanfaat. Terutama jika Anda mampu melihat peluang bisnis dari sesuatu yang awalnya kurang diminati menjadi suatu hal yang berharga dan diminati. Maka Anda termasuk memberikan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Lalu apa saja fungsi bisnis tersebut? Bisnis ternyata fungsi diantaranya yaitu Form Utility. Fungsi yang satu ini memilki arti yaitu fungsi produksi. Produksi seperti yang kita ketahui merupakan kegiatan untuk menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Fungsi kedua yaitu Place Utility. Berdasarkan pengertian ini, bisnis memilki fungsi yaitu distribusi. Fungsi ini tentu saja akan memudahkan konsumen, dimana sebuah bisnis akan menyalurkan suatu barang atau jasa ke lokasi-lokasi terdekat dan mudah dijangkau.

Fungsi selanjutnya dari bisnis yaitu Possessive Utility atau bisa disebut dengan fungsi penjualan. Fungsi ini memilki maksud yaitu suatu kegiatan pada saat produsen yaitu perusahaan atau organisasi pada saat melakukan penjualan barang atau jasa kepada konsumen.

Fungsi terakhir bisnis yaitu Time Utility atau fungsi pemasaran. Suatu produksi barang, tentu ada kalanya terdapat suatu barang yang sedang tren sedangkan barang atau jasa lainya kurang laku kan? Nah ketika itu terjadi, maka  fungsi pemasaran ini akan berlaku.

Jadi, ketika suatu barang yang diproduksi ini kurang bermanfaat atau kurang diminati pada saat ini, perusahaan akan menyimpan dan akan mengelurkanya lagi pada saat konsumen membutuhkan barang tersebut di kemudian hari.

Baca Juga :

 

Tujuan Bisnis

Sebuah bisnis yang dijalankan tentu memiliki bebarapa tujuan sehingga dilihat sebagai peluang yang menguntungkan bagi pihak-pihak seperti suatu organisasi maupun perusahaan. Tujuan utama dari bisnis, tak lain yaitu untuk memperoleh laba dan keuntungan dari kegiatan produksi.

Selain itu, suatu bisnis juga memilki tujuan dan menjadi sarana yang efektif untuk mempercepat pembangunan dalam bidang ekonomi. Mengapa?  karena usaha atau bisnis bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Sebuah bisnis juga menjadi media yang tepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat karena berkontribusi dalam pengadaan barang atau jasa. Sehingga secara tidak langsung bisnis ini akan memnuhi kesejahteraan pemilik faktor produksi dan juga masyarakat.

Sebuah bisnis juga memilki tujuan yaitu untuk menunjukkan prestise dan prestasi dari sebuah organisasi ataupun perusahaan penyedia jasa tersebut. Jadi, pengertian bisnis maupun fungsi dan juga tujuanya sangat penting untuk diketahui ya.

Leave a Reply