Pengertian Brainware Dan Tugasnya Dalam Dunia Industri

Ada yang sudah tahu brainware? Kata brainware masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Meskipun sebenarnya “wujud” brainware itu sendiri sudah banyak ditemukan di sekitar masyarakat Indonesia. Pengertian brainware secara umum adalah orang yang ahli dalam mengoperasikan sebuah program yang berkaitan dengan komputerisasi.

Program dalam perangkat komputer sangat luas, sehingga banyak cabang yang perlu dikuasai secara spesifik oleh para brainware. Keahlian yang dikuasai meliputi kemampuan untuk perangkat keras atau hardware, serta perangkat lunak atau software.

 

Macam-macam Brainware Dan Tugasnya

Brainware terdiri dari beberapa macam, di mana masing-masing memiliki tugas khusus sesuai dengan keahliannya. Keahlian brainware memiliki pasar yang sangat luas namun tetap fleksibel. Karena sebagian brainware bisa melakukan tugasnya hanya dengan sistem “remote”, artinya seorang brainware tidak perlu datang ke lokasi kerja.

Brainware yang pertama adalah programer. Programer merupakan seseorang yang memiliki keahlian dalam menciptakan bahasa pemrogaman. Tugasnya adalah untuk membuat suatu program sesuai dengan kebutuhan klien dalam sistem komputerisasinya.

Setelah sebuah program selesai dibuat oleh programer. Maka program tersebut akan dikelola oleh administrator. Orang yang bertugas sebagai administrator harus mengelola sistem operasi yang tengah berjalan pada jaringan komputernya.

Brainware yang ketiga adalah operator. Operator memiliki tugas yang hampir sama dengan administrator. Perbedaannya adalah, operator bertugas menghubungkan peralatan lain pada komputer. Hal ini bertujuan agar operator dapat dengan mudah mengakses atau menyiapkan data. Selain itu seorang operator juga diharapkan mampu merawat sistem komputer yang dijalankannya.

 

Brainware Dalam Dunia Industri

Dalam sebuah industri, brainware tidak hanya terdiri dari programer, administrator, dan operator saja. Untuk menghadapi persaingan bebas di era globalisasi ini, sebuah industri harus memiliki brainware yang spesifik pada tugasnya. Hal ini sangat diperlukan karena subuah industri dituntut untuk memiliki managemen sistem informasi yang bagus, agar tetap mampu bersaing dengan kompetitor.

Macam brainware berikutnya yang harus ada dalam dunia industri adalah seorang sistem analis. Brainware sistem analys bertugas untuk merancang perangkat lunak atau software yang sesuai dengan kebutuhan industri. Selain merancang, seorang sistem analis juga harus mampu menjalankan manajemen dengan baik secara teknis maupun interpersonalnya.

Berikutnya adalah konsultan. Seorang brainware konsultan harus memiliki wawasan yang detail, tidak hanya sebatas pengertian brainware dan tugas umumnya saja, namun juga spesifik pada seluk beluk komponen atau elemen dalam manajemen sistem informasi. Meski tidak terjun langsung dalam menangani masalah, seorang konsultan telah handal dalam memberikan solusi.

Brainware terakhir adalah seorang project manajer. Seorang yang menyandang tugas sebagai project manajer harus mampu memimpin timnya dalam menjalankan sebuah project. Selain itu juga harus dapat memastikan serta mengawasi jalannya sebuah instruksi. Project manajer memiliki peran paling utama dalam manajemen sebuah industri.

 

Baca Juga : Pengertian Hardware, Fungsi beserta Jenis dan Contohnya

 

Itulah uraian tentang pengertian brainware, macam dan tugasnya. Sebuah industri harus memiliki kelompok brainware yang mumpuni. Hal ini bertujuan agar industri tersebut dapat menghasilkan output yang maksimal sesuai kebutuhan pasar. Kuantitas dan kualitas dapat diperoleh melalui manajemen sistem informasi yang terstruktur yang ada di dalam industri tersebut.

Tidak hanya sebatas menjalankan program komputerisasi secara struktural, namun juga diperlukan ide kreativitas yang digali secara terus menerus. Persaingan di pasar sistem komputerisasi dan internet sudah sangat ketat, sehingga hanya industri yang paling bagus dan menarik yang akan mampu bersaing dan bertahan.

Leave a Reply