Pengertian CPU Komputer dan Komponennya

Pengertian CPU Komputer dan Komponennya – CPU merupakan komponen penting yang ada pada Laptop atau komputer. Anda pasti pernah mendengar Intel atau AMD, itu merupakan CPU atau Prosesor.

Biasanya pada saat anda ingin membeli sebuah perangkat komputer, pasti anda melihat spesifikasi terlebih dahulu. Jenis CPU atau pocessor ini merupakan pertimbangan yang harus anda pilih jika ingin mempunyai komputer yang memiliki kinerja yang baik.

Untuk lebih jelasnya, anda disarankan untuk membaca pengertian CPU dibawah ini, terdapat juga fungsi, komponen, dan cara kerjanya.

 

Pengertian CPU

Pengertian CPU

Memiliki kepanjangan Central Processing Unit, merupakan komponen perangkat keras (hardware) yang memiliki fungsi yaitu sebagai pemroses data utama pada sebuah komputer. Lebih tepatnya CPU adalah otak dari Komputer, Sehingga tanpa adanya CPU pada computer tentunya tidak akan berfungsi atau berjalan dengan baik.

Selain memproses sebuah perintah, CPU juga mengatur jalanya suatu program atau software yang ada di dalam komputer. CPU bertugas untuk menerima perintah serta mengelola data. Dengan begitu cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah komputer cukup ditentukan oleh sepesifikasi, kualitas dan teknologi dari CPU yang digunakan.

CPU banyak di sebut juga dengan nama processor karena merujuk pada fungsinya yaitu sebagai pengolahan data pusat dari sistem yang ada di komputer.

 

Komponen CPU

Pengertian CPU

CPU memiliki beberapa komponen didalamnya untuk menunjang kerja dan kegunaanya sebagai pengolah data utama pada sebuah komputer. Fungsi lain dari komponen-komponen pada CPU ini yaitu sebagai proses kalkulasi data. berikut ini adalah beberapa komponennya

 

1. Unit Control

Unit Control adalah komponen CPU yang memiliki Fungsi yaitu mengatur jalannya sebuah program, mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis dari instruksi tersebut.

Memiliki cara kerja yaitu hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama untuk disimpan, dan pada saatnya data akan dikeluarkan melalaui output. Dengan demikian unit kontrol dapat mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsinya.

Unit Control ini juga memiliki fungsi yaitu mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika dan perbandingan logika, lalu mengawasi kerja dan proses dari ALU.

 

2. ALU (Aritmathic Logic Unit)

Komponen ALU ini memiliki fungsi yaitu untuk melakukan operasi pada aritmatika dan logika yang telah diintruksikan dan kirim oleh Unit Kontrol. Tugas utama ALU adalah melakukan seluruh perhitungan matematika yang diberikan sesuai dengan instruksi program.

ALU atau juga biasa dikenal dengan istilah “bahasa mesin” ini terdiri atas 2 unsur penting yaitu arithmetic dan logic yang setiap unit mempunyai tugas yang spesifik. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

 

3. Register

Register merupakan alat penyimpanan pada CPU yang memiliki ukuran kapasitas relatif kecil namun memiliki kecepatan akses cukup tinggi. Register berfungsi untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori didalamnya bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data pada saat data komputer sedang melakukan proses olah data.

 

Baca Juga : Pengertian ROM, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

 

Itulah Pengertian CPU beserta fungsinya, dan juga komponen-komponen yang ada pada CPU. Kesimpulannya, CPU adalah komponen utama dalam komputer sebagai pondasi atau proses utama. Jika CPU tidak ada, maka komputer tidak akan bekerja dikarena CPU merupakan otaknya. Semoga pengertian CPU ini bisa membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply