Pengertian Database, Fungsi dan Manfaatnya

Berbicara tentang database, tentu Anda sudah sering mendengar kan? Terutama bagi Anda yang bekerja pada suatu perusahaan maupun pada bidang IT tentu sudah sangat familiar sekali bukan? database saat ini menjadi salah satu teknologi yang paling berkembang namun memang bagi kebanyakan orang masih awam.  Pengertian Database pun masih banyak yang belum paham ya meskipun sering mendengar.

Database ini sebenarnya tidak hanya digunakan pada bidang IT saja namun juga pada bidang lain yang bahkan sudah akrab dalam keseharian. Berikut ini adalah beberapa ulasan terkait database yang penting Anda ketahui.

 

Mengenal Pengertian Database

Bagi Anda yang masih bingung nih, apa sih pengertian dari database sebenarnya? Jadi perlu Anda ketahui database merupakan kumpulan data baik itu data berupa file, arsip maupun tabel yang saling berhubungan dan tersimpan komputer.

Nah, penyimpanan data dan informasi elektronis tersebut yaitu menggunakan program komputer dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dalam memeriksa, melakukan pemilahan, mengelompokkan, ataupun melakukan manuipulasi data sesuai tujuan.

Untuk mengelola maupun untuk menyimpan database tersebut dibutuhkan perangkat lunak yang disebut dengan sistem database management system atau sering disebut dengan DBMS. Sistem ini yaitu berisi set program maupun koleksi data untuk mengakses datasbase.

Secara umum, dengan adanya basis data tersebut maka akan memudahkan seseorang untukmenyimpan suatu informasi penting misalnya yaitu data kepegawaian, data mahasiswa dan lainya dalam media penyimpanan elektronis seperti cakram magnetis atau disk  melalui perangkat komputer.

 

Fungsi Database

Kini Anda sudah paham kan apa pengertian dari database? Selain mengetahui pengertian database,  tentu Anda juga perlu mengetahui apa saja fungsinya.

Perlu Anda ketahui, database ini ternyata memiliki beberapa fungsi yang akan memberikan kemudahan pada pengguna. Fungsi dari database tersebut diantaranya yaitu dapat memudahkan dalam pengelompokan data dan informasi sehingga lebih dipahami.

Sebuah data yang terdapat komputer, tentu juga tak melepas kemungkinan terjadinya dupikat data. Melalui kehadiran database ini, maka akan membantu mencegah terjadinya duplikat data ataupun terjadinya inkonsistensi data.

Fungsi lainya dari database ini yaitu dapat memberikan kemudahan pengguna dalam menyimpan, melakukan akses, pembaruan hingga menghapus data yang sudah tidak dibutuhkan. Data yang ukuranya besar pun dapat disimpan dengan mudah melalui database.

Selain itu, kehadiran database juga akan melindungi data dan informasi yang Anda miliki menjadi lebih aman. Pasalnya database ini akan efisien untuk menjaga kualitas dan informasi yang diakses sesuai yang Anda input.

Fungsi dari database tersebut tentu sangat beragam sekali ya. kehadiran database tersebut juga efektif untuk memberikan peningkatan kinerja aplikasi terutama yang membutuhkan penyimpanan data.

 

Baca Juga : Pengertian Website, Sejarah, dan Unsur-unsurnya

 

Manfaat Database

Jika pengertian database dan juga fungsinya sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, selanjutnya perlu dong untuk mengetahui manfaat dari database. Manfaat dari adanya  sistem database ini beragam dan memberikan banyak kemudahan.

Salah satu manfaat dari sistem database ini yaitu membantu meminimalkan terjadinya redudansi data. Apa itu redudansi data? Jadi, redudansi ini adalah suatu keadaan dimana terjadinya data-data ganda pada berkas yang berbeda.

Tentu hal ini sangat menguntungkan pastinya kan? Mengingat ketika data-data ganda akan menyusahkan dalam melakukan pemilahan data.

Sistem database ini juga akan membuat integritas data yang Anda milki lebih terjaga. Hal tersebut terjadi karena sistem database ini akan membantu menjaga data Anda tetap akurat, aksebilitasnya terjaga, serta menjaga agar data tersebut tetap memilki kualitas tinggi.

Selain itu, database juga memilki manfaat seperti menjaga indepedensi data yang Anda milki sehinga orang lain tidak bisa  mengubahnya.  Melaui database, maka juga akan memudahkan Anda  dalam  berbagi data dengan orang lain hingga menjaga keamanan data Anda.

Leave a Reply